Rabu, 28 September 2011

WAJAH LAIN MAHASISWA INDONESIA

Siang ini seorang teman sesama Senior Member GMKI dan sesama alumnus F.Th. UKSW mengirimkan surat elektronik dan melampirkan artikel/reprotase dari edukasi.kompas.com yang berjudul Lima Wajah Mahasiswa Indonesia. Artikel itu merupakan berita saat pengukuhan guru besar ilmu pendidikan moral Prof. Masrukhi di Unes Semarang. Kata Prof Masrukhi ada lima tipe wajah mahasiswa Indonesia, yaitu:

1. Wajah mahasiswa yang idealis-konfrontatif, yang cenderung aktif menentang kemapanan, seperti melalui demonstrasi.
2. Wajah mahasiswa idealis-realistis, lebih kooperatif dalam perjuangan menentang kemapanan.
3. Wajah mahasiswa oportunis, yang cenderung mendukung pemerintah yang tengah berkuasa.
4. Wajah mahasiswa profesional, yakni mereka yang hanya berorientasi pada kuliah atau belajar.
"Empat wajah mahasiswa ini ternyata hanya ada sekitar 10 persen, " kata Prof.Masrukhi. Sisanya, adalah tipe wajah mahasiswa yang ke-5.
5. Wajah mahasiswa rekreatif yang berorientasi pada gaya hidup glamour dan bersenang-senang,"

Nah, jika diamati, sebenarnya ada tipe lain, yaitu mahasiswa yang kecelakaan kalau tidak mahasiswa yang celaka. Mereka menjadi mahasiswa karena celaka akibat berbagai hal. Jadi, lebih dari sekadar rekreatif, mereka justru destruktif karena menjadi virus dan racun bagi mahasiswa lainnya. Fakta-fakta mahasiswa baik-baik yang terjerumus atau dijerumuskan ke berbagai lubang kenistaan adalah buktinya. Kalau mereka glamour, glamournya dari sumber yang tidak baik. Kalau mereka bersenang-senang, kesenangannya mengusili yang lain. Nah, kalau bernostalgia, kita termasuk mahasiswa tipe wajah mana, ya ...? Saya sendiri, dulu, selain nulis dan berorganisasi, lebih sering menjadi pemburu beasiswa ... .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar