Senin, 17 Oktober 2011

Indonesia (Bisa) Selamat!

Mianto Nugroho Agung


Jum’at (30/9) Wilardjo mengakhiri diskusi mahaberat dan radikal bulan September tentang topik Landasan Ilmu Pengetahuan melalui artikel ‘Sains Dasar’ di Kompas. Diskusi  dibuka Mart (5 dan 24/9). Namun, kata Wilardjo, Hidayat juga melibatkan diri. Sebenarnya Joesoef  (7/9), Aulia (21/9), dan ASP (29/9) juga membahas, melaporkan, dan mengiklankan hal ihwal topik ini.

Temuan dan Maknanya
            Menurut Suriasumantri (2003, h.105) terdapat tiga landasan ilmu: Ontologi (mengenai apa), Epistemologi (mengenai bagaimana disusun), dan Aksiologi (untuk apa) ilmu disusun. Secara axiologi Joesoef mengatakan kesejahteraan bangsa tak kunjung dinikmati rakyat Indonesia, karena itu ia menyalahkan sivitas akademika karena ‘tidak menunaikan tugas khas dan kekaryaannya yang spesifik, yaitu tak peduli pada masalah krusial bangsa dan abai pada pembentukan komunitas ilmiah’. Mart (melalui Selamatkan Indonesia) mengingatkan ‘Indonesia mengalami kemunduran dalam bidang ilmu pengetahuan’. Dan, karena itu –tegas Mart- Indonesia menuju kehancuran peradabannya. Maka sinyal SOS diserukannya: Selamatkan Indonesia!. Aulia melaporkan hasil Forum Dialog Kebijakan Internasional dari Task Force  on Theachers for Education for All di Bali (13-14/9) yang menyimpulkan pendidikan untuk semua bakal gagal terwujud pada 2015 karena ‘kualitas dan kuantitas guru tidak merata di antara daerah’. ASP menulis paparan badan PBB tentang Indeks Pembangunan Pendidikan Indonesia yang ‘hanya’ berada di peringkat 69 dari 127 negara. Artinya terjadi pengeroposan proses pendidikan di Indonesia. Wilardjo ‘mengunci’ dengan menyatakan perlunya memberi prioritas pembangunan sumber daya manusia dalam gerakan pembangunan infrastuktur sains.
            Makna temuan itu, peringatan keras dan tuntutan agar seluruh stakeholder keilmuan Indonesia segera melakukan konsolidasi untuk menguatkan dan membangun ‘sosok’ keilmuan Indonesia yang sinergis dan visioner. Di wilayah Aksiologi, temuan itu dapat dibedakan menjadi: pertama, fakta bahwa kontribusi ilmu belum dirasakan masyarakat secara signifikan. Kedua, kehancuran peradaban Indonesia potensial akibat kemunduran ilmu pengetahuannya. Ketiga, kemunduran ilmu pengetahuan Indonesia antara lain diakibatkan oleh sivitas akademika yang tidak menunaikan tugas khas dan kekaryaanya yang spesifik, tidak adanya komunitas ilmiah Indonesia yang solid dan bermutu, kualitas dan kuantitas pengajar tidak merata di setiap wilayah, dan rendahnya Indeks Pembangunan Pendidikan di Indonesia. Keempat, perlunya memberi prioritas pembangunan sumber daya manusia dalam gerakan pembangunan infrastuktur sains.
            Temuan yang digelontorkan Kompas sepanjang September itu sangat mengejutkan sekaligus memrihatinkan, di satu sisi. Dan, kontribusi media yang luar biasa bagi bangsa ini, teristimewa di bulan September yang berisi Hari Pers Nasional, di sisi lain, sangat mendidik. Bangsa yang pernah menjadi tujuan belajar bangsa-bangsa Asean ini kini begitu terpuruknya. Bagi awam, semua temuan itu benar-benar di luar dugaan meski selama ini mereka tahu betapa besarnya jarak antara mereka dan para ilmuwan. Lebih-lebih ilmuwan yang membenamkan diri ke dalam riset eksperimental atau laboratorium dan ilmuwan yang giat mengembangkan ilmu. Awam seakan ditinggal bahkan ditelikung di titik paling menyakitkan karena ilmuwan tidak kunjung memberikan sumbangsih penad bagi kesejahteraan rakyat. Lebih-lebih, banyak ilmuwan yang meninggalkan tanggung jawab mereka dengan terjun ke dunia praktis pragmatis atas nama entah, yang sulit dipahami rakyat. Tak seperti yang diduga, temuan itu sekaligus membuka mata dan bathin rakyat betapa ternyata ambruknya ilmu pengetahuan bisa menyebabkan ambruknya sebuah bangsa.
            Pada titik ini tentu sangat kerdil, sia-sia,  dan kontraproduktif jika saling menyalahkan dan melempar tanggung jawab. Proses penyadaran telah bergulir dan bakal menyentuh semua elemen dasar. Itu bisa berarti dua hal: pesimis dan optimis terhadap masa depan Indonesia. Karena itu, kita harus sepakat proses kehancuran peradaban Indonesia merupakan masalah kita bersama yang harus dicarikan solusi oleh semua elemen bangsa. Pesimis, karena sebagai bangsa, Indonesia jatuh menjadi bangsa tak berharga di antara bangsa lain yang dunia ilmunya begitu tinggi dan berkembang. Optimis, jika semua temuan tadi menjadi cambuk untuk lebih giat memerbaiki diri demi menyejajarkan diri dengan bangsa-bangsa besar lainnya. Pilihan harus segera dilakukan. Hanya sekali memilih dan tanpa titik balik. Syukurlah jika kita memilih optimis, setidaknya seperti yang tersirat diinginkan Hidayat, Mart, Joesoef, ASP, dan Aulia serta sebagian pihak yang memahami arti strategis pengembangan ilmu.

Titik Pangkal
Dalam dunia Filsafat Ilmu dan Logika Formal, titik pangkal merupakan indikator penentu pengambilan keputusan tepat. Karenanya pemeriksaan kebenaran titik pangkal wajib dilakukan. Titik pangkal musibah kemunduran peradaban Indonesia juga harus dicari dan diuji untuk mengetahui akar masalahnya. Secara subyektif dapat saja sembarang elemen atau subyek dipilih: ilmuwannya, universitasnya, pemerintahnya, sistemnya, infrasturkturnya. Atau secara bersama ditetapkan sebagai titik pangkal yang harus dipecahkan. Penulis melihat titik pangkal yang potensial –tanpa berpretensi menyalahkan dan melempar tanggung jawab- diberdayakan adalah kurikulum dan sistem pendidikan tinggi di Indonesia.
Kurikulum pendidikan tinggi Indonesia jelas sangat pragmatis dengan kecenderungan mengondisikan mahasiswa pada  pilihan melayani dunia kerja. Itulah sebabnya visi kuliah mahasiswa adalah kerja (kantoran kalau bisa). Mahasiswa menyibukan diri berbenah menjadi tenaga kerja. Sehingga, terasingkan dari eksistensinya yang lain yaitu sebagai pengembang dan pengamal ilmu. Maka langkah awal mengurai masalah ini adalah dengan menata ulang kurikulum Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) dengan memberi pembobotan lebih besar pada Mata Kuliah Filsafat Ilmu, Logika, Kemampuan Berbahasa, Metodologi Penelitian, dan Teknik Penulisan Ilmiah. Tenaga akademik, kepustakaan, akses ke sumber, dan fasilitas penunjang lainnya harus ditingkatkan. Paradigma proses belajar mengajar harus lebih konstruktivistik ketimbang yang behavioristik. Minimal kombinasi antara kognitifistik, sosialistik dan humanistik agar mahasiswa tidak sekadar belajar tetapi tahu cara belajar. MKDU harus benar-benar menjadi fondasi yang memerkokoh bangunan keilmuan dan penggerak semangat belajar mahasiswa. Tujuan ultimanya, mahasiswa memiliki kesadaran tentang makna kuliah: melayani dunia kerja, mengembangkan ilmu, dan mengabdi kepada rakyat.
            Karena kita sepakat kehancuran peradaban Indonesia harus kita atasi bersama, maka, seluruh elemen bangsa Indonesia harus bersinergi saling memberdayakan diri dengan lebih peduli dan giat kepada setiap usaha pembangunan, pengembangan, dan pemanfaatan ilmu. Riset mendalam dan beragam, publikasi karya ilmiah dan buku yang gencar, dan pengabdian masyarakat yang intensif harus seiring sejalan dengan penguatan melalui MKDU. Pemerintah, dunia usaha, rakyat awam, dan ilmuwan wajib menetapkan kebodohan (bidang ilmu) menjadi musuh bersama.
            Akhirnya, di sela-sela kenyataan begitu buram dan muramnya dunia ilmu Indonesia sehingga mengancam eksistensi Indonesia, masih juga ada secercah cahaya: Kompas melansir peringkat Perguruan Tinggi Indonesia yang –puji syukur- menunjukkan perbaikan pada beberapa universitas!
                                                                                                            
Pertanyaan Sisa
  1. "Kebenaran' sebagai tanda-tanda atau gejala-gejala seperti apa yang Anda lihat dari  begitu banyaknya kenyataan yang menunjukkan Indonesia menuju  kepada 'ambruknya peradabannya sendiri" seperti yang diramalkan Terry Mart?
  2. Bagaimana cara "Filsafat Ilmu & Logika" membantu menyelamatkan Indonesia?
  3. Apa peran yang seharusnya dilakukan/dimainkan oleh mahasiswa sebagai bagian dari kelompok kelas menengah di Indonesia untuk menyelamatkan negara mereka?
  4. Secara aksiologis, rakyat dianggap tidak dipedulikan ilmuwan, bahkan rakyat dibiarkan menderita sendirian. Nah, apa yang sebenarnya harus dikerjakan filsuf atau ilmuwan agar rakyat merasa kembali dipedulikan?



            Mianto Nugroho Agung, Pengajar di Fakultas Psikologi UKSW dan di STT Abdiel, Penyusun buku ‘Filsafat Ilmu dan Logika’.

131 komentar:

  1. Jawaban TTS Filasafat dan Logika
    NAMA:Larissa Pricillia Elizabeth Dacosta
    NIM :802011001


    1.Tanda-tanda atau gejala-gejala yang menunjukkan Indonesia menuju kepada 'ambruknya peradabannya sendiri" sperti yang diramalkan Terry Mart adalah
    •Pendidikan untuk semua akan gagal terwujud karena kualitas dan kuantitas guru tidak merata diantara daerah. Contohnya kurang nya tenaga-tenaga pengajar didaerah pelosok dan terbatasnya kemampuan intelektual tenaga pengajar
    •Pembangunan sumber daya manusia yang tidak dapat mengimbangi arus globalisasi yang sudah ada di Indonesia.
    Contohnya: di Indonesia orang masih banyak yang gagap terhadap teknologi yang ada padahal teknologi menjadi titik tumpu atas segala bidang kehidupan yang ada di Indonesia.

    2.Cara "Filsafat Ilmu & Logika" membantu menyelamatkan Indonesia adalah dengan menata ulang kurikulum Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) dengan memberi pembobotan lebih besar pada Mata Kuliah Filsafat Ilmu, Logika, Kemampuan Berbahasa, Metodologi Penelitian, dan Teknik Penulisan Ilmiah. Tenaga akademik, kepustakaan, akses ke sumber, dan fasilitas penunjang lainnya harus ditingkatkan
    Paradigma proses belajar juga harus lebih diarahkan kepada konstruktivistik ketimbang kearah behavioristik dengan cara melatih mahasiswa untuk tidak sekedar belajar namun tahu bagaimana cara mereka belajar.

    3.Peran yang seharusnya dilakukan/dimainkan oleh mahasiswa untuk menyelamatkan negara mereka adalah
    •Mahasiswa harus turut ambil bagian dalam menciptakan negaranya dengan cara belajar mengembangkan potensi dalam dirinya dan menuangkan seluruh potensi yang dimiliki hingga dapat bersaing hingga jenjang Internasional yang dapat membawa nama baik negaranya di mata Internasional.
    •Mahasiswa harus bisa berpikir kritis untuk dapat pembangunan yang baik dan tertata bagi negaranya sehingga mahasiswa tidak hanya menerima materi yang diberikan dosen saja namun mahasiswa juga dituntut untuk bisa menerapkan dalam kehidupan nyata

    4.Yang hatus dikerjakan filsuf atau ilmuwan agar rakyat merasa kembali dikembalikan adalah ilmuwan / filsuf harus mampu menanamkan pada pola pikir rakyat, pengertia bahwa ilmu sangat berguna sebagai penunjang kehidupan karena jika tanpa ilmu rakyat akan mengalami kemunduran karena ilmu dan teknologi yang semakin lama semakin maju dan berkembang. Rakyat tidak bisa hanya mengandalkan tenaganya untuk berkembang. Selaama ini rakyat-rakyat memiliki pola pikir yang salah mengenai keberadaan ilmu-ilmu pengetahuan. Mereka menganggap ilmu pengetahuan tidak bisa member penghidupan yang layak bagi mereka. Oleh karena itu, para ilmuwan/filsuf untuk bisa bekerja sama dengan pemerintah untuk dapat menanamkan penyuluhan-penyuluhan pendidikan seperti mengadakan sekolah terbuka bagi mereka / rakyat yang tidak mampu. Dengan cara demikian rakyat merasa dipedulikan dengan adanya pemberian ilmu.

    BalasHapus
  2. 1. ‘kebenaran’ sebagai tanda-tanda dari kenyataan yang menunjukkan Indonesia menuju kepada ’ambruknya peradaban sendiri’ seperti yang diramalkan oleh Terry Mart ialah sebenarnya ada banyak ’kebenaran’ tanda dari kenyataan yang menyatakan bahwa Indonesia menuju ’ambruknya peradabannya sendiri’ salah satu contohnya ialah seperti yang telah dijabarkan oleh Penulis sendiri yakni civitas akademika pendidikan Indonesia yang ‘tidak menunaikan tugas khas dan kekaryaannya yang spesifik, yaitu tak peduli pada masalah krusial bangsa dan abai pada pembentukan komunitas ilmiah’. ‘kebenaran’ sebagai tanda lainnya ialah berbagai penyimpangan moral yang terjadi di kalangan masyarakat Indonesia. Seperti Tawuran antar palajar, perkelahian antar genk, perilaku seks bebas, gaya hidup yang tidak beraturan menjadi beberapa contoh dari mulai lunturnya moral di kalangan generasi muda. Di kalangan pejabat juga tak jarang kita temui, praktek korupsi di segala lini kepejabatan baik di pemerintah pusat maupun dalam pemerintah daerah yang merupakan persoalan yang sangat mengerikan di Indonesia. dengan ini masyarakat secara umum pada akhirnya kehilangan rujukan keteladanan sehingga krisis moral semakin hilang.
    2. cara filsafat ilmu & Logika membantu menyelamatkan ialah dengan cara menemukan titik pangkal yang merupakan indicator penentu pengambilan keputusan dan menjelaskan bahwa Indonesia (bias) selamat berdasarkan tiga landasan ilmu, yakni Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi.
    3. peran yang seharusnya dimankan mahasiswa untuk membantu menyelamatkan Negara ialah sekurang-kurangnya mengerti dan sadar bahwa kegiatan perkuliahan semata-mata bukan hanya tempat untuk kuliah – tamat – bekerja dan tentunya jangan mau dikondisikan dengan situasi yang pragmatis ini. Hal yang lain dilakukan ialah membenahi diri dengan cara berpindah dari pemikiran ingin menjadi tenaga kerja menjadi pengembang dan pengamal ilmu.
    4. yang harus dikerjakan para filsuf dan para ilmuwan ialah menarik kembali kepedulian yang sudah tidak dianggap dan dibiarkan menderita sendirian. Barang tentu hal ini tidak dapat dilakukan dalam waktu yang singkat. Perlu sejenis penanaman kembali kepada para masyarakat. Pertanyaanya ialah apa yang ditanam?? Yang perlu ditanam ialah pengertian dan pendekatan yang harus disepakati bahwa kehancuran peradaban di Indonesia harus diatasi secara bersama, seluruh elemen masyarakat, terutama mahasiswa harus bersinergi saling memberdayakan diri dengan lebih peduli dan giat kepada setiap usaha pembangunan, pengembangan, dan pemanfaatan ilmu.

    Jawaban TTS Filsafat Ilmu dan Logika
    Rocky Leo Silalahi
    802011127

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Terima kasih tiga komentar awal dari Larissa, Rocky, & Cheche, yang sangat positif terhadap harapan lahirnya pemerhati ilmu di Indonesia. Selamat belajar!

    BalasHapus
  5. Jawaban TTS Filsafat
    nama : Shanty Junita
    nim : 802011089

    1) tanda-tanda atau gejala-gejala yang menyebabkan ambruknya peradaban INDONESIA yaitu dimana INDONESIA mengalami kemunduran khususnya dalam bidang ilmu pengetahuan, hal itu juga terjadi dikarenakan tidak meratanya kualitas dan kuantitas guru di antar daerah.
    Dan ada juga yang mengatakan bahwa pada tahun 2015 semua pendidikan akan GAGAL.
    Menurut saya, INDONESIA dapat mengalami kehancuran bukan saja karena faktor-faktor di atas,akan tetapi dikarenakan juga oleh banyaknya koruptor, tawuran, dll. Hal itu menyebabkan tidak adanya kesejahteraan masyarakat.
    Seharusnya INDONESIA bisa menjadi negara yang maju, karena memiliki generasi-generasi yang cerdas, akan tetapi kecerdasan itu tidak digunakan sebaik-baiknya sehingga mudah terpengaruh dengan hal-hal negatif yang dibawa oleh perkembangan zaman.
    2) Filsafat Ilmu & Logika dapat membantu INDONESIA dengan cara menata ulang kurikulum Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) dengan memberi pembobotan lebih basar pada mata kuliah Filsafat Ilmu, Logika, Kemampuan Berbahasa, Metodologi Penelitian, dan Teknik Penulisan Ilmiah. Tenaga akademik, kepustakaan, akses ke sumber, dan fasilitas penunjang lainnya harus ditingkatkan. Paradigma proses belajar mengajar harus lebih konstruktivistik ketimbang yang behavioristik. Minimal kombinasi antara kognitifistik, sosialistik, dan humanistik agar mahasiswa tidak sekadar belajar saja tapi tahu cara belajar.
    3) Peran yang harus dilakukan/dimainkan oleh mahasiswa untuk menyelamatkan INDONESIA dari kehancuran khususnya dalam bidang ilmu pengetahuan dan pendidikan yaitu dimana mahasiswa harus belajar dengan giat dan melibatkan diri dalam kegiatan-kegiatan atau lomba-lomba olimpiade yang dilakukan sekolah/universitas untuk mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki oleh mahasiswa.
    4) Yang harus dilakukan oleh filsuf atau ilmuwan yaitu dimana para ilmuwan harus lebih peduli terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan lebih mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki, dan melibatkan masyarakat untuk berbagi informasi yang berguna khususnya dalam bidang pendidikan, agar masyarakat bisa lebih percaya terhadap ilmuwan-ilmuwan INDONESIA dan masyarakat bisa lebih merasa dipedulikan.

    BalasHapus
  6. Melisa Vionita
    802011067

    1) tanda-tanda atau gejala-gejala seperti apa yang Anda lihat dari begitu banyaknya kenyataan yang menunjukkan Indonesia menuju kepada 'ambruknya peradabannya sendiri" seperti yang diramalkan Terry Mart adalah menurunnya pendidikan di Indonesia dengan kuntitas dan kualitas guru yang tidak merata yang terjun ke daerah-daerah. contohnya: seorang guru yanng dipekerjakan di sekolah terpencil yang jauh dari kota, banyak guru-guru yang kurang pengalaman dalam mengajar, sehingga kualitas pendidkan di Indonesia semakin menurun.
    2)cara "Filsafat Ilmu & Logika" membantu menyelamatkan Indonesia adalah Dengan kurikulum pendidikan tinggi Indonesia yang sangat pragmatis dengan kecenderungan mengondisikan mahasiswa pada pilihan melayani dunia kerja itulah sebabnya Mahasiswa menyibukan diri berbenah menjadi tenaga kerja. Maka langkah awal mengurai masalah ini adalah dengan menata ulang kurikulum Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) dengan memberi pembobotan lebih besar pada Mata Kuliah Filsafat Ilmu, Logika, Kemampuan Berbahasa, Metodologi Penelitian, dan Teknik Penulisan Ilmiah. Tenaga akademik, kepustakaan, akses ke sumber, dan fasilitas penunjang lainnya harus ditingkatkan. Paradigma proses belajar mengajar harus lebih konstruktivistik ketimbang yang behavioristik. Minimal kombinasi antara kognitifistik, sosialistik dan humanistik agar mahasiswa tidak sekadar belajar tetapi tahu cara belajar. MKDU harus benar-benar menjadi fondasi yang memerkokoh bangunan keilmuan dan penggerak semangat belajar mahasiswa. Tujuan utamanya, mahasiswa memiliki kesadaran tentang melayani dunia kerja, mengembangkan ilmu, dan mengabdi kepada rakyat.
    3) peran yang seharusnya dilakukan/dimainkan oleh mahasiswa sebagai bagian dari kelompok kelas menengah di Indonesia untuk menyelamatkan negara mereka adalah Karena kita sepakat kehancuran peradaban Indonesia harus kita atasi bersama, maka, seluruh elemen bangsa Indonesia harus bersinergi saling memberdayakan diri dengan lebih peduli dan giat kepada setiap usaha pembangunan, pengembangan, dan pemanfaatan ilmu. Riset mendalam dan beragam, publikasi karya ilmiah dan buku yang gencar, dan pengabdian masyarakat yang intensif harus seiring sejalan dengan penguatan melalui MKDU. Pemerintah, dunia usaha, rakyat awam, dan ilmuwan wajib menetapkan kebodohan (bidang ilmu) menjadi musuh bersama.
    4) yang harus dikerjakan filsuf atau ilmuwan agar rakyat merasa kembali dipedulikan adalah dengan mmemberikan sumbangsih bagi pendidikan dan peduli terhadap pendidikan dengan memberikan penyuluhan dan pembelajaran kepada masyarakat mengenai filsafat ilmu sehingga ilmu dapat berkembang dan di kenal oleh masyarakat.

    BalasHapus
  7. Nama : Hanna Wijaya
    NIM : 802011040

    1. Tanda-tanda atau gejala-gejala yang menunjukkan Indonesia menuju kepada 'ambruknya peradabannya sendiri" seperti yang diramalkan Terry Mart adalah menurunnya kualitas dan kuantitas setiap indivdu di berbagai bidang. penurunan kualitas di bidang pendidikan Indonesia juga sangat terlihat jelas saat ini, seperti kecurangan-kecurangan yang terjadi di dunia pendidikan saat ini dan juga kemelorotan kualitas pengajar di Indonesia tidak merata. Indonesia merupakan negara yang kaya, akan tetapi SDM di Indonesia begitu rendah sehingga tidak bisa mengelola dengan baik dan malah menghancurkan Indonesia.
    2. Cara "Filsafat Ilmu & Logika" membantu menyelamatkan Indonesia adalah dengan menata ulang kurikulum Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) dengan memberi pembobotan lebih besar pada Mata Kuliah Filsafat Ilmu, Logika, Kemampuan Berbahasa, Metodologi Penelitian, dan Teknik Penulisan Ilmiah. Tenaga akademik, kepustakaan, akses ke sumber, dan fasilitas penunjang lainnya harus ditingkatkan. Paradigma proses belajar mengajar harus lebih konstruktivistik ketimbang yang behavioristik. Minimal kombinasi antara kognitifistik, sosialistik dan humanistik agar mahasiswa tidak sekadar belajar tetapi tahu cara mereka belajar dengan baik.
    3. Peran yang seharusnya dilakukan/dimainkan oleh mahasiswa sebagai bagian dari kelompok kelas menengah di Indonesia untuk menyelamatkan negara mereka adalah dengan cara mahasiswa harus berpikir kritis dalam segala bidang untuk lebih memajukan negara, mahasiswa harus lebih memperdalam ilmu yang ia pelajari agar Indonesia lebih maju serta mahasiswa bisa mewakili negara Indonesia di jenjang Internasional seperti olimpiade-olimpiade di berbagai bidang.
    4. Yang sebenarnya harus dikerjakan filsuf atau ilmuwan agar rakyat merasa kembali dipedulikan adalah ilmuwan/filsuf harus lebih mengembangkan potensi negara Indonesia, harus lebih peduli dengan perkembangan Indonesia di segala bidang terutama di bidang pendidikan, membantu pemerintahan untuk menata ulang sistem-sistem yang ada di Indonesia, membantu memajukan SDM-SDM yang ada di Indonesia sehingga negara Indonesia menjadi lebih baik dari sebelumnya.

    BalasHapus
  8. Agustyana Murniary Panie
    802011027

    1. Kebenaran sebagai tanda-tanda atau gejala - gejala Indonesia menuju kepada 'ambruknya peradabannya sendiri' adalah bahwa tidak adanya kesadaran maupun kepedulian dari masing - masing individu terhadap masalah - masalah krusial bangsa dan pada pembentukan komunitas ilmiah. Ini menunjukkan bahwa kemunduran dalam bidang ilmu pengetahuan benar- benar kritis dimana kualitas dan kuantitas sumber daya manusia dalam gerakan pembangunan infrastruktur sains masih memerlukan prioritas.

    2. Cara Filsafat Ilmu dan Logika membantu menyelamatkan Indonesia adalah dengan memberikan pengembangan dan pengamalan ilmu Filsafat Ilmu dan Logika itu sendiri terhadap mahasiswa agar mahasisiwa tidak terasingkan dari eksistensinya. Oleh sebab itu Filsafat Ilmu dan Logika perlu meminimalkan kombinasi kognitifistik, sosoalistik dan humanistik sehungga filsafat ilmu dan logika secara tidak langsung dapat menyadarkan mahasiswa tentang makna kuliah itu sendiri

    3. Peran yang harus dilakukan / dimainkan oleh mahasiswa adalah dengan melakukan perannya sebagai mahasiswa yang sesungguhnya yakni bukan hanya sekedar belajar melainkan tahu cara belajar (mengenal, memahami dan kritis) sehingga mampu mengaktualisasikan ilmu kedalam dunia kerja dan mengabdi kepada rakyat.

    4. Yang harus dilakukan / dikerjakan filsuf atau ilmuan agar rakyat merasa kembali dipedulikan adalah dengan memberikan sumbangsih bagi kesejahteraan rakyat bukan hanya melakukan riset di laboratorium melainkan membagi pikiran dan ikut menanmkan pola pikir bersama, bukan hanya kepada mereka yang berada dijalur formal melainkan mempublikasikan secara merakyat guna diketahui semua pihak. hal ini mungkin tidak dapat dilakukan secara langsung tapi dapat dipublikasikan dengan maksimal secara berantai, bertahap dan perlahan.

    BalasHapus
  9. Saya mau menambahkan sedikit yang menjadi tanda-tanda ambruknya peradaban di negara tercinta ini. seperti yang dilansirkan oleh harian Kompas, Senin, 24 Oktober 2011 yang menjadi berita utama pada harian tersebut. Diharian tersebut ditunjukkan factor-faktor yang bias dikatakan menghambat kuantitas dan kualitas para ilmuwan. Factor-faktor tersebut ialah:
    1. minimnya perhatian Pemerintah Indonesia terhadap peneliti dan ilmuwan sangat minim. Minimnya perhatian yang dimaksud ialah seperti kecilnya gaji yang diperoleh dan fasilitas penelitian juga sangat terbatas. Selain minimnya gaji dan fasilitas yang diperoleh, peneliti juga sangat sulit mendapatkan hak paten atas penemuan yang sudah dilakukan. Kelemahan ini membuat banyaknya perekrutan para peneliti Indonesia oleh Negara-negara lain yang menawarkan gaji yang jauh lebih baik dibandingkan gaji yang diperoleh di negara sendiri.
    2. Bukan Cuma perhatian yang kurang. Anggaran yang dialokasikan pemerintah untuk kegiatan penelitian juga sangat minim. Selama 1999-2007 anggaran penelitian cuma sekitar 0,3 persen dari APBN. Sudah mendapatkan dana yang kecil, harus dibagi-bagi pula untuk 62.995 orang peneliti yang bergerak dalam bidangnya masing-masing.

    BalasHapus
  10. Nama: Bernadhus Panji
    NIM: 802011051

    1.Tanda-tanda indonesia menuju ambruknya peradaban sendiri dapat kita ambil contoh pertama dari dunia pendidikan,dimana marak terjadi tawuran antar pelajar,perilaku seks bebas yg menyimpang,dll..kurangnya pengetahuan tentang apa yang mereka lakukan dapat berakibat buruk pada diri mereka sendiri..remaja sekarang,banyak yang melakukan sesuatu tanpa berpikir panjang,karna mereka masih mencari jati diri dan tidak memikirkan efek yg mereka dapat kedepannya nanti..yang tentunya sangat merugikan mereka sendiri..contoh kedua,kurangnya sikap tanggap pemerintah pada kasus-kasus seperti korupsi,dan hukuman yang dilakukan pada tindak korupsi terbilang "ringan" padahal para koruptor telah sangat merugikan negara..contoh ketiga adalah,banyaknya rakyat indonesia yang sangat minim pengetahuan akan ilmu teknologi yang makin hari makin maju..padahal banyak masyarakat indonesia yang sangat pintar justru tidak sedikitpun diakui oleh pemerintah,dan akhirnya orang-orang pintar itu justru diambil oleh negara lain,untuk memajukan negara tersebut...sungguh sangat disayangkan sikap pemerintah dan dunia pendidikan saat ini...

    2.cara filsafat ilmu dan logika,untuk menyelamatkan indonesia dengan cara menemukan titik pokok permasalan yang terjadi di indonesia saat ini,dan menata ulang kurikulum Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) dengan memberi pembobotan lebih besar pada Mata Kuliah Filsafat Ilmu, Logika, Kemampuan Berbahasa, Metodologi Penelitian, dan Teknik Penulisan Ilmiah,dan juga memperkenalkan filsafat ilmu dan logika itu sendiri kepada masyarakat agar masyarakat tidak terasingkan dari kemajuan teknologi sendiri dan agar masyarakat lebih kritis dalam berpikir dan tertata dalam perbuatan mereka..jadi para mahasiswa khususnya,tidak hanya tau tentang apa itu filsafat ilmu dan logika,tp tau juga tentang cara yang baik dan tepat untuk membantu pemerintah yang berupaya untuk membangun kembali indonesia,agar terbebas dari keterpurukan..

    3.peran mahasiswa untuk membantu menyelamatkan negara mereka dari keterpurukan,berpikir lebih kritis lagi,agar tidak dibodohi oleh kebodohan,dan mau mengembangkan semua potensi yang ada di dalam dirinya untuk memajukan,mengembangkan negaranya,agar tidak terpuruk..jadi untuk mahasiswa,jangan pernah lelah untuk belajar (lebih memahami dan lebih kritis dalam menilai hidup),karena itu juga untuk masa depanmu sendiri,dan masa depan negara kita..

    4.Yang harus dikerjakan filsuf atau ilmuwan agar rakyat merasa kembali dikembalikan yaitu lebih menanamkan pola pikir yang lebih kritis kepada masyarakat,bahwa tidak cukup dengan tenaga saja membantu untuk memulihkan negara kita dari keterpurukan ini,tp ilmu jg sangat penting agar rakyat kita tidak dianggap remeh oleh negara lain yang lebih maju..

    BalasHapus
  11. Nama : Novlyn Elisabeth Prasylia
    Nim : 802011046

    1. Tanda-tanda atau gejala-gejala yang sudah terlihat seperti yang diramalkan oleh Tery Mart adalah :
    * penurunan/kemunduran pada pendidikan di Indonesia. Dimana sampai saat ini masih ada sebagian kecil wilayah-wilayah di Indonesia yang tingkat pendidikannya masih sangat rendah bahkan berada jauh di bawah standar pendidikan yang layak. Dimana di wilayah itu juga kualitas dan kuantitas tenaga pengajar masih sangat minim sekali,sehingga masih sangat kurang maksimal.
    * Kemunduran juga bukan hanya dalam bidang kependidikan,tetapi juga dalam bidang sosial kemasyarakatan dan bahkan pemerintahan. Dimana nilai dan norma yang ada sudah sangat merosot,mulai dilupakan,bahkan sudah mulai tidak ada artinya. Antar sesama sudah tidak salin menghargai dan mulai muncul sikap individualisme. Di sisi lain.sudah banyak sekali pejabat yang melakukan tindakan korupsi tanpa memikirkan nsib rakyat akibat "ulahnya".
    2. Filsafat Ilmu dan Logika bisa membantu menyelamatkan Indonesia. Langkah awal yang bisa digunakan adalah dengan menata ulang kurikulum Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) di perguruan tinggi. Dengan memberi pembobotan lebih besar pada mata kuliah Filsafat Ilmu,Logika,Kemampuan Berbahasa,Metodologi Penelitian,dan Teknik Penulisan Ilmiah. Selain itu,tenaga akademikkepustakaan,akses ke sumber,dan fasilitas penunjang dalam bidang kependidikan juga harus ditingkatkan.
    3. Mahasiswa sebagai tonggak kemajuan bangsa di msa depan harus bisa berperan lebih aktif lagi. Mahasiswa yang baik adalah mahasiswa yang bisa menyumbangkan segenap pemikiran dan ilmu pengetahuannya bagi pembangunan negara ini. Jangan hanya banyak berperan dalam teori saja,tetapi harus bisa mempraktekannya di dalam masyarakat. Agar bisa tercipta kebersamaan untuk teru membangun negara dan membawanya menuju ke arah yang lebih baik dari sebelumnya.
    4. Seorang ilmuwan yang bijaksan harus tetap peduli kepada orang lain,karena masyarakat juga harus bsa menikmati hasil keilmuan dari para ilmuwan itu sendiri. Dimana keilmuan yang ada harus bisa dinikmati bersama agar rakyat yang tidak tahu dan mengerti menjadi paham bahwa ilmu pengetahuan itu sangat penting dalam kehidupan. Ilmuwan yang bijak tidak boleh hanya membenamkan diri dan membuat jarak dengan rakyat (orang awam). Mereka harus bisa memberi sumbangsih kepada rakyat,sehinga rakyat juga akan memberi timbal balik yang baik dengan lebih menghargai hasil karya dari para ilmuwan itu sendiri. Ilmu pengetahuan sangat penting,karena dengan adanya ilmu pengetahuan,negara kita akan lebih bisa dipandang oleh negara lain dan tidak hanya dipandang dengan sebelah mata dan dianggap sebagai bangsa terkebelakang.

    BalasHapus
  12. Nama : Novlyn Elisabeth Prasylia
    Nim : 802011046

    1. Tanda-tanda atau gejala-gejala yang sudah terlihat seperti yang diramalkan oleh Tery Mart adalah :
    * penurunan/kemunduran pada pendidikan di Indonesia. Dimana sampai saat ini masih ada sebagian kecil wilayah-wilayah di Indonesia yang tingkat pendidikannya masih sangat rendah bahkan berada jauh di bawah standar pendidikan yang layak. Dimana di wilayah itu juga kualitas dan kuantitas tenaga pengajar masih sangat minim sekali,sehingga masih sangat kurang maksimal.
    * Kemunduran juga bukan hanya dalam bidang kependidikan,tetapi juga dalam bidang sosial kemasyarakatan dan bahkan pemerintahan. Dimana nilai dan norma yang ada sudah sangat merosot,mulai dilupakan,bahkan sudah mulai tidak ada artinya. Antar sesama sudah tidak salin menghargai dan mulai muncul sikap individualisme. Di sisi lain.sudah banyak sekali pejabat yang melakukan tindakan korupsi tanpa memikirkan nsib rakyat akibat "ulahnya".
    2. Filsafat Ilmu dan Logika bisa membantu menyelamatkan Indonesia. Langkah awal yang bisa digunakan adalah dengan menata ulang kurikulum Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) di perguruan tinggi. Dengan memberi pembobotan lebih besar pada mata kuliah Filsafat Ilmu,Logika,Kemampuan Berbahasa,Metodologi Penelitian,dan Teknik Penulisan Ilmiah. Selain itu,tenaga akademikkepustakaan,akses ke sumber,dan fasilitas penunjang dalam bidang kependidikan juga harus ditingkatkan.
    3. Mahasiswa sebagai tonggak kemajuan bangsa di msa depan harus bisa berperan lebih aktif lagi. Mahasiswa yang baik adalah mahasiswa yang bisa menyumbangkan segenap pemikiran dan ilmu pengetahuannya bagi pembangunan negara ini. Jangan hanya banyak berperan dalam teori saja,tetapi harus bisa mempraktekannya di dalam masyarakat. Agar bisa tercipta kebersamaan untuk teru membangun negara dan membawanya menuju ke arah yang lebih baik dari sebelumnya.
    4. Seorang ilmuwan yang bijaksan harus tetap peduli kepada orang lain,karena masyarakat juga harus bsa menikmati hasil keilmuan dari para ilmuwan itu sendiri. Dimana keilmuan yang ada harus bisa dinikmati bersama agar rakyat yang tidak tahu dan mengerti menjadi paham bahwa ilmu pengetahuan itu sangat penting dalam kehidupan. Ilmuwan yang bijak tidak boleh hanya membenamkan diri dan membuat jarak dengan rakyat (orang awam). Mereka harus bisa memberi sumbangsih kepada rakyat,sehinga rakyat juga akan memberi timbal balik yang baik dengan lebih menghargai hasil karya dari para ilmuwan itu sendiri. Ilmu pengetahuan sangat penting,karena dengan adanya ilmu pengetahuan,negara kita akan lebih bisa dipandang oleh negara lain dan tidak hanya dipandang dengan sebelah mata dan dianggap sebagai bangsa terkebelakang.

    BalasHapus
  13. nama: christian a.r hutomo
    nim:802011044


    1)- tanda-tanda atau gejala-gejala yang menyebabkan ambruknya peradaban INDONESIA yaitu dari dunia pekerjaan banyak orang yang berkerja tidak pada keahliannya contohnya:seorang dokter menganalisis seorang yang mengalami depresi berat padahal itu sudah tugasnya psikolog.
    - kurang tersediannya lapangan pekerjaan untuk masyarakat indonesia.
    contohnya: tingkat pengangguran di indonesia sangatlah tinggi
    - pemikiran bangsa indonesia masih mengutamakan kepentingan pribadi diatas kepentingan umum.
    contohnya banyak anggota DPR yang masih mengutamakan partainya dan juga kepentingan pribadi dari sinilah muncul korupsi yang masih sangat tingi di bangsa yang kita cintai ini.
    - banyak karya-karya ilmiah putra-putri bangsa yang belum di hargai bangsa indonesia.
    contohnya:

    2.Cara "Filsafat Ilmu & Logika" membantu menyelamatkan Indonesia adalah menata dan membangun peradaban Indonesia masa depan harus ada sinergi antara kebudayaan, agama dan ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu yang harus dipersiapkan sebagai landasan yang kuat adalah pendidikan agar sumber daya manusianya menjadi berkualitas.
    karna itu saya yakini bahwa SDM berkualitas yang menguasai Iptek bersama iman dan takwa itu akan menjadikan Indonesia unggul. Tidak ada alasan lagi untuk menjadikan Indonesia tidak unggul untuk itu kita harus menjalankan ini di dalam diri kita.

    3. Peran yang harus dilakukan / dimainkan oleh mahasiswa adalah dengan melakukan perannya sebagai mahasiswa yang sesungguhnya yakni yang pertama 1. harus memotifasi para ilmuan yang sedang mengerjakan karya ilmiahnya itu
    yang ke 2. mendorong pemerintah agar harus melihat dan memikirkan masyarakatnya yang masih di bawah garis kemiskinan.
    yang ke 3. kalau bisa kita para mahasiswa juga bisa membuka lapangan pekerjaan. contohnya membuka lapangan pekerjaan di bidang pensablonan

    4. Yang hatus dikerjakan filsuf atau ilmuwan agar rakyat merasa kembali dikembalikan adalah ilmuwan / filsuf harus mampu menanamkan di dalam benah masyarakat indonesia yaitu bahwa kita mulai dari sekarang berfikir kritis kepada masyarakat dan mulai dari sekarang menanamkan pola pikir kepada masyarakat supaya jangan memilih-milih pekerjaan.
    jangan menunggu bantuan dari pemerintah dalam bidang sosial(raskim dll) pendidikan( bos dll)

    BalasHapus
  14. christian a. r hutomo
    802011044
    pa ralat
    pada jawaban no 4
    yang benar yaitu ilmuwan / filsuf harus mampu menanamkan di dalam benah masyarakat indonesia yaitu bahwa kita mulai dari sekarang berfikir kritis kepada pemerintah

    BalasHapus
  15. Nama : Neni Permana Sari
    NIM : 802011066

    Komentar saya terhadap Indonesia (Bisa) Selamat!!

    1. Tanda-tanda atau pun gejala-gejala yang menunjukkan kenyataan dari ‘’ Ambruknya peradabannya sendiri ’’ seperti yang diramalkan Terry Mart yaitu :

    · Masih tingginya tingkat KEMISKINAN di Indonesia.
    · Masih adanya KKN ( Korupsi Kolusi Nepotisme).
    · Cara Pemerintahannya yang tidak sesuai dengan pembangunan dan gerakan insfrakstruktur yang ada.

    2. Cara ‘’ Filsafat Ilmu dan Logika ’’ membantu menyelamatkan Indonesia :

    · Meningkatkan kurikulum Pendidikan Tinggi Indonesia.
    · Mengkritisi setiap Kebijakan Pemerintah.
    · Membangun NEGARA dengan berasaskan Filsafat Ilmu dan Logika.

    3.Peran bagi MAHASISWA untuk menyelamatkan NEGARA mereka :

    · MAHASISWA harus berFilsafat Ilmu dan Logika untuk mengkritisi Kebijakan Pemerintah ataupun Anggota Politik yang merebutkan tingkat jabatan MPR, DPR dan lain sebagainya, Agar NEGARA INDONESIA dapat Maju dan Berkembang.

    · MAHASISWA harus memiliki tingkat KeSADARAN yang Tinggi untuk melayani dunia kerja, Menggermbangkan Ilmu serta mengabdi kepada Rakyat dan Negara.

    4.Usaha yang harus dikerjakan Filsuf atau Ilmuwan agar rakyat merasa kembali dipedulikan dengan cara :

    · Ilmuwan langsung terjun dalam masyarakat dengan memberikan Masukan, Dorongan dan Motivasi.
    · Ilmuwan langsung terjun dalam Masyarakat dengan meneliti kondsi, Situasi dalam Lingkup lingkungan masyartakat sehingga dapat mengetahui permasalahan yang terjadi dimasyarakadandapat memberikan masukan untuk menyelesaikannya.

    BalasHapus
  16. Nama:Yosephine Saras Harwidha
    NIM :802011129
    1."Kebenaran' sebagai tanda-tanda atau gejala- gejala yang menunjukkan Indonesia menuju kepada 'ambruknya peradabannya sendiri" seperti yang diramalkan Terry Mart adalah
    *‘Indonesia mengalami kemunduran dalam bidang ilmu pengetahuan’.Indonesia menuju kehancuran peradabannya.
    *pendidikan untuk semua bakal gagal terwujud pada 2015 karena ‘kualitas dan kuantitas guru tidak merata di antara daerah'
    *kontribusi ilmu belum dirasakan masyarakat secara signifikan
    *kehancuran peradaban Indonesia potensial akibat kemunduran ilmu pengetahuannya.
    *kemunduran ilmu pengetahuan Indonesia antara lain diakibatkan oleh sivitas akademika yang tidak menunaikan tugas khas dan kekaryaanya yang spesifik, tidak adanya komunitas ilmiah Indonesia yang solid dan bermutu, kualitas dan kuantitas pengajar tidak merata di setiap wilayah, dan rendahnya Indeks Pembangunan Pendidikan di Indonesia.
    *Hal-hal tersebut dapat terjadi di karenakan struktur pendidikan Indonesia saat ini sudah mulai menyimpang dari tujuan awalnya yakni mencerdaskan segala bangsa,namun dewasa ini kemunduran pendidikan itu sendiri di sebabkan oleh masyarakatnya yang kurang sadar terhadap arti pentingnya pendidikan sehingga banyak orang yang malas untuk belajar melalui pendidikan formal karena ada anggapan hanya akan membuang waktu saja belajar lama lama. Selain itu dari kaum pendidiknya sendiri banyak melakukan kesalahan atau hal yang sedikitnya menyimpang dari tatanan pendidikan yang ada di Indonesia sendiri. Banyak pendidik yang mengajar dengan tidak maksimal tidak bertujuan mencerdaskan siswanya namun hanya mengutamakan hasil jasa (gaji) yang di dapat dari "jasa' mengajarnya.Selain itu dari pihak negara sendiri banyak sekali para petinggi negara yang menyembunyikan uang yang berfungsi untuk menyejahterakan rakyat.
    *Sampai saat ini juga banyak sekolah sekolah negeri yang berada di pelosok desa tidak terjamah sedikit pun oleh pemerintah sehingga banyak sekolah yang tidak layak pakai dan rusak sehingga menghambat proses belajar di wilayah itu sehingga masyarakat di wilayah tertentu mengalami ketertinggalan pendidikan.Sedangkan di desa banyak orang-orang atau masyarakatnya yang kurang mampu untuk membayar pendidikan.
    Hal hal di atas adalah tanda tanda yang saya lihat dewasa ini di Indonesia yang sangat memprihatinkan dan mengalami keterpurukan serta kemunduran dalam bidang ilmu yang kiranya diperlukan adanya perbaikan.

    2.Cara "Filsafat Ilmu & Logika" membantu menyelamatkan Indonesia adalah dengan cara menata ulang kurikulum Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) dengan memberi pembobotan lebih besar pada Mata Kuliah Filsafat Ilmu, Logika, Kemampuan Berbahasa, Metodologi Penelitian, dan Teknik Penulisan Ilmiah. Filsafat Ilmu harus benar-benar menjadi fondasi yang memerkokoh bangunan keilmuan dan penggerak semangat belajar mahasiswa.Filsafat ilmu dan logika dapat menyelamatkan Indonesia dengan menyumbangkan pemikiran pemikiran yang membangkitkan rasa simpati bahkan empati kepada mahasiswa,dosen,ilmuan maupun filsuf untuk membuka mata bahwa keadaan bangsa kita perlu dibenahi,filsafat dapat mengajak masyarakat untuk memperbaiki kondisi Indonesia dengan ilmunya yang tentunya ringan dan mudah di mengerti oleh kaum awam sehingga semua masyatakat kalangan menengah atas mampu mencegah,menanggulangi dan menyelesaikan masalah yang ada di Indonesia ini.

    BalasHapus
  17. NAMA : Neni Permana Sari
    NIM : 802011066
    Komentar saya terhadap Indonesia (Bisa) Selamat!!
    1.Tanda-tanda atau pun gejala-gejala yang menunjukkan kenyataan dari ‘’ Ambruknya peradabannya sendiri ’’ seperti yang diramalkan Terry Mart yaitu :
    a.Masih tingginya tingkat KEMISKINAN di Indonesia.
    b.Masih adanya KKN ( Korupsi Kolusi Nepotisme).
    c.Cara Pemerintahannya yang tidak sesuai dengan pembangunan dan gerakan insfrakstruktur yang ada.

    2.Cara ‘’ Filsafat Ilmu dan Logika ’’ membantu menyelamatkan Indonesia :
    a.Meningkatkan kurikulum Pendidikan Tinggi Indonesia.
    b.Mengkritisi setiap Kebijakan Pemerintah.
    c.Membangun NEGARA dengan berasaskan Filsafat Ilmu dan Logika.

    3.Peran bagi MAHASISWA untuk menyelamatkan NEGARA mereka :
    a.MAHASISWA harus berFilsafat Ilmu dan Logika untuk mengkritisi Kebijakan Pemerintah ataupun Anggota Politik yang merebutkan tingkat jabatan MPR, DPR dan lain sebagainya, Agar NEGARA INDONESIA dapat Maju dan Berkembang.
    b.MAHASISWA harus memiliki tingkat KeSADARAN yang Tinggi untuk melayani dunia kerja, Menggermbangkan Ilmu serta mengabdi kepada Rakyat dan Negara.

    4.Usaha yang harus dikerjakan Filsuf atau Ilmuwan agar rakyat merasa kembali dipedulikan dengan cara :
    a.Ilmuwan langsung terjun dalam masyarakat dengan memberikan Masukan, Dorongan dan Motivasi.
    b.Ilmuwan langsung terjun dalam Masyarakat dengan meneliti kondsi, Situasi dalam Lingkup lingkungan masyartakat sehingga dapat mengetahui permasalahan yang terjadi dimasyarakadandapat memberikan masukan untuk menyelesaikannya.

    BalasHapus
  18. lanjutan......
    3.Peran yang seharusnya dilakukan/dimainkan oleh mahasiswa sebagai bagian dari kelompok kelas menengah di Indonesia untuk menyelamatkan negara mereka adalah mahasiswa memiliki kesadaran tentang makna kuliah: melayani dunia kerja, mengembangkan ilmu, dan mengabdi kepada rakyat. Dalam menempuh ilmunya mahasiswa seharusnya meningkatkan kinerja berpikirnya melalui kegiatan-kegiatan yang membangkitkan kekritisa n dalam berpikir yakni dengan melakukan Riset mendalam dan beragam, publikasi karya ilmiah dan buku yang gencar, dan pengabdian masyarakat yang intensif harus seiring sejalan dengan penguatan melalui MKDU terutama Filsafat Ilmu dan Logika. Yang jelas mahasiswa di tuntut untuk bisa membuka pikiran dan mata hatinya untuk melihat kondisi bangsanya yang semakun mundur dan mahasiswa di harapkan memberikan solusinya untuk mengatasi masalah tersebut dan mahasiswa dapat menjadi penggerak bangkitnya bangsa ini kembali.

    4.Yang harus dikerjakan filsuf atau ilmuwan agar rakyat merasa kembali dipedulikan adalah dengan menjadi lebih dekat dengan masyarakat tersebut seharusnya rakyat harus lebih sering dikaji dan di teliti lebih dalam karena rakyat merupakan objek penelitian yang sangat menarik dan belum ada pemecahannya seharusnya para ilmuan dan filsuf berlomba lomba untuk memperhatikan rakyat dan menelitinya sehingga rakyat akan merasa bahwa mereka juga di perhatikan,setidak tidaknya masalah mereka di sentuh dan paling tidak ada usaha untuk menyelesaikannya.lmuwan wajib menetapkan kebodohan (bidang ilmu) menjadi musuh bersama.Para ilmuan dan filsuf harusnya membuan kajian ilmu baru tentang masyarakat dan perkembangannya terutama dalam keterpurukan tersebut.Ilmuwan harusnya memberikan sumbang sih yang besar untuk rakyat sehingga rakyat merasa terkurangi bebennya karena di perhatikan oleh orang lain.

    BalasHapus
  19. Nama : Christina Widiastuti
    NIM : 802011014



    1. Tanda-tanda atau gejala-gejala yang menunjukkan pada “ambruknya peradaban sendiri” yaitu
    # masih kurangnya bangsa ini dalam memperhatikan riset dan teknologi dari SDM di Indonesia sendiri
    # banyaknya generasi muda kita yang memilih tinggal dan melajar di luar negeri dengan berbagai macam alasan seperti materi, hingga dukungan riset dan perlindungan hal intelektual
    # kurang nta tenaga pegajat yang mampu membuka pikiran dan wawasan para generasi muda untuk dapat melihat melihat dunia ini dengan pandangan yang seluas-luasnya dan obyektif
    # pemerintah belum secara utuh mendukung pendidikan yang yang ada di Indonesia, karena dilihat dari kapasitasnya masih banyak sekolah-sekolah yang terbengkalai atau keadaan nya sangat memprihatinkan
    # kurangnya tenaga pendidik yang berkualitas di pelosok negeri ini
    #masih banyak warga tidak mampu yang berpotensi tidak dapat melanjutkan pendidikan merka karena alasan kemiskinan
    # masih sedikit kesadaran dari masyarakat akan pentingnya manfat pendidikan, atau sebagian masyarakat menganggap pendidikan sebagai formalitas belaka
    # banyaknya pejabat Negara yang tidak bermoral yang tega merampas hak-hak rakyatnya hanya untuk kepentingan pribadi atau kelompok.

    2. Cara “Filsafat dan Ilmu Logika” membantu menyelamatkan Indonesia adalah dengan memberikan porsi pelajaran yang sesuai untuk MKDU “Filsafat dan Ilmu Logika” karena dalam hal ini filsafat dan ilmu logika memiliki peran yang cukup signifikan untuk membuka wawasan/ pandangan untuk lebih bisa melihat suatu hal secara obyektif. Selain itu ilmu ini juga memberikan pesan moral pada setiap pengajarannya agar memiliki pandangan yang luas sehingga setiap individu dapat bertindak dengan memikirkan kepentingan umum dan tidak hanya berfokus pada keuntungan pribadi

    3. Peran yang seharusnya dilakukan mahasiswa untuk berperan serta menyelamatkan Indonesia adalah
    # dengan menjadi generasi muda yang berkualitas dan memiliki wawasan yang luas serta berpandangan obyektif dalam bersikap
    # ikut berperan dalam mengembangkan riset
    # peduli terhadap kondisi bangsa ini
    # mempelajari dan bersikap aktif serta kritis dalam menhadapi fenomena-fenomena yang ada di masyarakat
    # terus berusaha mengembangkan potensi diri

    4. Yang dapat dilakukan para filsuf atau ilmuwan adalah dengan melakukan riset yang bermanfaat bagi masyarakat luas dalam hal ini riset penelitian dlm bidang sains tapi juga riset penelitian dalam bidang sastra.
    Selain itu para filsuf dan ilmuan dapat pula menciptakan inovasi-inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat luas
    Serta melibatkan masyarakat dalam penerapannya

    BalasHapus
  20. Nama : Zefanya.J.C
    NIM : 802011096

    1. seperti yang sudah dikatakan Terry Mart bahwa Indonesia sudah mengalami kemunduran di ilmu pengetahuan. saya setuju dengan pernyataan tersebut, karena menurut saya sekarang ini ilmu pengetahuan di Indonesia semakin 'egois'. 'egois' yang dimaksud disini dalam arti tidak mau bekerjasama dengan ilmu lain. Padahal kita tahu bahwa persoalan yang terjadi di masyarakat sekarang in menjadi semakin kompleks, sehingga menuntut pemecahan yang luas atau yang dapat diterima oleh masyarakat. Pemecahan masalah semacam ini dapat dilakukan jika ilmu itu bekerjasama dengan ilmu yang lain. Sebagai contoh pesoalan kompleks yang dihadapi masyarakat Indonesia yaitu krisis ekonomi yang kemudian menjadi krisis di berbagai segi yang sampai sekarang belum juga berlalu sepenuhnya. Mestinya butuh kerjasama antar ilmu. Disini tidak hanya ilmu ekonomi yang harus menangani masalah ini tetapi ilmu-ilmu yang lain seperti psikologi, sosiologi, antropologi,dll.

    2. cara "Filsafat Ilmu & Logika" membantu menyelamatkan Indonesia dengan cara menata ulang kurikulum Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) dengan memberi pembobotan lebih besar pada Mata Kuliah Filsafat Ilmu, Logika, Kemampuan Berbahasa, Metodologi Penelitian, dan Teknik Penulisan Ilmiah. MKDU ini harus menjadi fondasi yang memerkokoh bangunan keilmuan dan penggerak semangat belajar mahasiswa dengan tujuan untuk mengabdi kepada masyarakat.

    3. saya menyimpulkan bahwa mahsiswa itu adalah pemuda yang mempunyai peringkat tertinggi dalam memberikan pengetahuan dan penyadaran terhadap masyarakat dalam hal melakukan perubahan. Mahasiswa mempunyai hubungan yang sangat erat dengan perubahan sosial yang terjadi di negaranya. Pada setiap perubahan pada masyarakat mahasiswa/pemuda langsung terlibat di dalamnya. mahasiswa adalah sosok yang memiliki kesadaran kritis yang peka terhadap segala bentuk penindasan.

    4. yang harus dikerjakan filsuf atau ilmuwan agar rakyat merasa kembali dipedulikan adalah para filusif atau ilmuwan memperhatikan permasalahan-permasalahan yang terjadi di mayarakat. seperti contoh kemunduran ilmu pengetahuan, para filusuf atau para ilmuwan seharusnya memberikan jalan keluar agar masalah itu dapat diselesaikan dan jangan menanggap bahwa masyarakat sebagai orang yang awam/tidak mengerti apa-apa. Berbagilah ilmu kepada masyarakat yang ingin mengetahui ilmu-ilmu yang mereka ingin pelajari. sehingga indonesia dapat mengalami perubahan yang positif di bidang ilmu pengetahuan.

    BalasHapus
  21. Nama : Jovita Aprillia
    NIM : 802011002

    1. Tanda-tanda/ gejala-gejala yang menunjukkan Indonesia menuju kepada ambruknya peradabannya sendiri-sendiri seperti yang diramalkan Terry Mart, adalah :
    * Indonesia sekarang ini mengalami kehancuran bukan karena faktor-faktor yang terdapat diatas, tetapi karena banyak koruptor, korupsi, dll.
    Jadi, ini menunjukkan bahwa kemunduran dalam bidang Ilmu Pengetahuan yang sangat kritis dimana kualitas sumber daya manusia masih sangat memerlukan prioritas.

    2. Cara-cara "Filsafat Ilmu dan Logika" membantu menyelamatkan Indonesia, adalah :
    * Dengan cara menata ulang kembali Kurikulum Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) di Perguruan-perguruan tinggi.
    * Dan dengan memberi pembobotan yang lebih besar pada mata kuliah Filsafat Ilmu dan Logika, Kemampuan Berbahasa, Teknik Penulisan Ilmiah, Logika, Metode Ilmiah.
    * MKDU harus benar-benar menjadi fondasi yang memperkokoh bangunan keilmuan dan penggerak semangat belajar bagi Mahasiswa.

    3. Peran yang seharusnya dilakukan/dimainkan oleh Mahasiswa untuk menyelamatkan Negara mereka, adalah :
    * Mahasiswa harus berperan aktif dalam mengikuti berbagai macam kegiatan-kegiatan pendidikan yang mampu mengembangkan potensi mahasiswa itu sendiri dalam hal Filsafat Ilmu dan Logika mampu bersaing dengan Negara-negara lainnya.
    * Dan juga melibatkan diri untuk bisa mengikuti lomba-lomba dan bisa mewakili Negara Indonesia di Tingkat Internasional, seperti Olimpiade-olimpiade Internasional di berbagai bidang yang kita mampui.

    4. Yang harus dikerjakan Filsuf dan Ilmuwan agar rakyat merasa kembali dikembalikan,
    adalah:
    * Ilmuwan atau Filsuf harus bisa menanamkan pada pola pikiran rakyat.
    *Ilmu sangat berguna bagi sebagai penunjang kehidupan/Ilmu sangat berguna bagi masa depan kita, Karena tanpa adanya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang sekarang dianggap canggih kita tidak bisa apa-apa, dan kita juga tidak akan bermakna, dan Para Filsuf harus bekerja sama dengan pemerintah dan Lembaga-lembaga Pendidikan untuk mencapai Kesejahteraan dalam Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Juga memberikan penyuluham-penyuluhan bagi masyarakat dengan cara merasa dipedulikan dengan adanya Pemberian Ilmu Pengetahuan dan Teknlogi yang sekarang sudah semakin maju.

    BalasHapus
  22. Nama : Ana Veronika
    nim : 802011801

    1. tanda tanda atau gejala yang menunjukkan Indonesia menuju pada ambruknya sendiri adalah karena rendahnya kualitas dan profesionalitas guru yang terjadi di beberapa daerah, serta pendidikan yang masih kurang merata baik pendidikan dalam bidang formal maupun informal, khususnya di berbagai daerah di Indonesia yang masih belum dapat di jangkau.contohnya masih banyak sekolah sekolah negri di daerah terpelosok yang masih belum terjamah oleh pemerintah, sehingga terjadi kerusakan kerusakan gedung sekolah yang mengakibatkan terhambatnya proses belajar, dan kurangnya tenaga tenaga pengajar yang tidak mempunyai kualitas dan profesionalitas yang baik dan bermutu.
    2. cara filsafat ilmu dan logika membantu memyelamatkan Indonesia adalah dengan menata ulang kurikulum Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) dengan memberi pembobotan lebih besar pada Mata Kuliah Filsafat Ilmu, Logika, Kemampuan Berbahasa, Metodologi Penelitian, dan Teknik Penulisan Ilmiah., meningkatkan Tenaga pengajar akademik yangb berkualitas, serta menempatkan mata kuliah filsadat ilmu dan logika sebagai fondasi yang kokoh dalam tatanan keilmuan dan penggerak semangat belajar mahasiswa.
    3. peran yang dapat di lakukan atau di mainkan oleh mahasiswa untuk menyelamatkan negara mereka adalah dengan ikut bersinergi saling memberdayakan diri, memperkaya ilmu pengetahuan dan menerapkannya dalam kehidupan nyata dalam masyarakat, serta mengembangkan potensi potensi yang dimilikinya untuk dapat memajukan pendidkan di indonesia.
    4. yang harus di lakukan oleh para imuwan atau filsuf agar rakyat merasa kembali dan di kembalikan adalah dengan menanamkan pola pikir yang memakai logika dan lebih kritis, drta lebih menekankan bahwa ilmu pengetahuan lebih penting. agar dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang lebih baik agar kita dapat bersaing dengan negara negara maju lainnya.

    BalasHapus
  23. Nama : Venny Dominica Berelaka
    NIM : 802011099

    1. Tanda-tanda seperti keegoisan dari para pihak yang berwenang atas suatu proses pendidikan yang ada di dalam negara ini.kurangnnya perhatian yang diberikan oleh para pihak yang berwenang tersebut pada pemerataan pendidikan di negara ini, kurangnnya pemerataan pendidikan keseluruh pelosok bangsa dan lebih memengtingkan terjadinya kesempurnaan dalam bidang pendidikan di kota-kota besar membuat bangsa ini masuk dalam situasi yang buruk sehingga pendapat bahwa negara ini menuju ambruknnya negara ini memang akan terjadi jika keegoisan ini tetap dipertahankan terus-menerus.

    2. cara menyelamatkannya yaitu dengan cara mencari titik pangkal dari permasalahan itu dan bagaimana dapat memberikan solusi apa yang tepat dengan permasalahan yang sedang dialami oleh bangsa ini sehingga pemecahan permasalahan ini dapat segera dijalankan agar bangsa inipun dapat keluar atau sedikit terlepas dari pendapat bahwa negara ini yang membawa dirinya sendiri kedalam ambang kehancuraan.

    3. mahasiswa diharapkn untuk dapat memberikan sedikit sumbangsih mengenai permasalahan yang ada dinegara ini, mahasiswa tidak hanya dituntut untuk menjadi seorang yang harus mengerahkan semua yang ia pernah dapat dalam proses perkuliahan untuk dirinya sendri dalam mencapai cita-citanya tetapi juga bagaimana memberikan pengetahuanya untuk menyelesaikan masalah yang ada dalam negaranya sendiri. sehingga dapat membantu negara ini keluar dari keterpurukkannya.

    4. masyarakat akan merasakan dipedulikan oleh para ilmuwan jika para ilmuwan memberikan solusi apa yang baik akan masalah yang dialami bersama bukan hanya memberikan pengertian bagaimana menghadapi hidup itu sendiri tetapi juga bagaimana para ilmuan itu sendiri ikut serta dalam menyelesaikan masalah itu agar rakyat merasa mereka sedang bekerjasama untuk keluar dari masalah itu dan tidak merasa untuk bertanggung jawab sendiri atas masalah itu.

    BalasHapus
  24. Nama:Rina D.Hapsari
    Nim :802011080

    1.kebenaran sebagai tanda-tanda/gejala-gejala yang menunjukan indonesia menuju ambruk nya peradaban sendiri,seperti yang di ramalkan Terry Mart,menurut saya ambruk nya peradaban di Indonesia bukan hanya di sebab kan oleh ambruk nya dunia pendidikan diIndonesia melainkan ambruk nya juga norma-norma yang berlaku di indonesia,karena menurut pemikiran saya pendidikan sangat erat kaitan nya dengan norma,misal ada nya kecurangan pemerintah dalam menjalan kan pendidikan di daerah terpencil,walaupun ada nya dana untuk menjangkau daerah terpencil,namun pemerintah belum juga membangun sekolah untuk di daerah terpencil,sehingga menghambat pendidikan anak-anak di daerah terpencil

    2.Cara "Filsafat Ilmu & Logika" membantu menyelamatkan Indonesia? Menurut saya langkah awal mengurangi masalah ini adalah dengan menata ulang kurikulum Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) dengan memberi pembobotan lebih besar pada Mata Kuliah Filsafat Ilmu,MKDU harus benar-benar menjadi fondasi yang memerkokoh bangunan keilmuan dan penggerak semangat belajar mahasiswa.

    3.peran yang seharusnya dilakukan/dimainkan oleh mahasiswa sebagai bagian dari kelompok kelas menengah di Indonesia untuk menyelamatkan negara mereka?Mahasiswa harus bersikap kritis dalam menanggapi permasalahan yang ada di negara nya untuk menghindari terjadi nya kemerosotan sosial yang terjadi.

    4.Harus dikerjakan filsuf atau ilmuwan agar rakyat merasa kembali dipedulikan?Menurut saya filsuf/ilmuan harus membaur dengan masyarakat,dan memberi pengertian tentang penting nya ilmu pengetahuan,bagi setiap masyarakat,supaya masyarakat lebih bersikap kritis dalam menghadapi persoalan yang terjadi.

    BalasHapus
  25. Jawabab TTS Filsafat dan ilmu logika
    NAMA: Idha Ayu Budi P
    nim: 802011041

    1. Indonesia dapat hancur peradabannya jika gejala yang ada yaitu rakyat belum hidup sejahtera, kualitas guru tidak merata di daerah - daerah, juga pengeroposan proses pendidikan di Indonesia dibiarkan tanpa perubahan adalah suatu kebenaran. Oleh karena itu dengan gejala tersebut maka pendidikan harus memberikan prioritas kepada pembangunan sumber daya menusia. Dengan prioritas tersebut kita harus optimis bahwa masalah tersebut dapat menjadi cambuk bagi kita untuk lebih giat dalam memperbaiki diri, sehingga posisi kita (bangsa Indonesia) menjadi sama atau sejajar dengan bangsa - bangsa besar lainnya. Untuk itu ilmu pengetahuan harus selalu ditingkatkan, serta ilmu pengetahuan merupakan landasan pembangunan peradaban bangsa dan negara. Menjadi kenyataan atau kebenaran jika ilmu pengetahuan mundur maka negara dan bangsa juga akan mengalami kemunduran, dan akhirnya menjadi ambruk. Karena ilmu pengetahuan merupakan landasan tegaknya peradaban, maka melalui ilmu pengetahuan, peradaban Indonesia dapat dibangun kembali, sehingga Indonesia dapat diselamatkan.
    2. Cara filsafat ilmu dan logika menyelatkan Indonesia yaitu dengan menjawab atau memecahkan titik pangkalmasalah kemunduran peradaban Indonesia. Mengapa? Karena kurikulum pendidikan tinggi yang disusun untuk mengkondisikan mahasiswa untuk melayani dunia kerja, sehingga mahasiswa lupa akan tugas sebsgai pengembang dan pengmal ilmu. Untuk filsafat dan ilmu logika harus dapat memberi konstribusi yang besar terhadap proses belajar mengajar agar dapat menjadi pondasi yang memperkokoh bangunan keilmuan dan penggerak semangat belajar mahasiswa. Sehingga mahasiswa memiliki kesadaran tentang makna kuliah yaitu melayani dunia kerja, mengembangkan ilmu dan mengapdi pada mesyarakat.
    3. Peran mahasiswa adalah mengembalikan pola pikir, antara dunia kerja dengan pengembang dan pengamal ilmu harus seimbang, artinya mahasiswa garus mempunyai kesadaran tidak hanya sibuk untuk dunia kerja tapi juga pengembang ilmu dan pengabdian pada masyarakat dapat dilakukan secara bersama dan seimbang. Seningga apa yang diharapkan dapt tercapai dengan baik, mahasiswa dapat berperan aktif dalam menyelamaykan Indonesia dari kehancuaran peradabannya.
    4. Filsuf atau ilmuan harus dapat berintrospeksi diri, apakah yang dilakukan sesuai yang diharapkan Tri Darma Perguruan Tinggi, untuk kemakmuran dan kesejahteraan rakyat. Oleh sebab itu ilmuan harus benar - benar punya hati untuk rakyat dan segera meninggalkan dunia praktis dan praktisi yang pola pikirnya tidak dapat dipahami rakyat. Maka pola pikir ilmuan harus tertuju pada kemakmuran dan kesejahteraan rakyat, penelitian - penelitian harus diserahkan pada kepentingan rakyat yang hasilnya dapat langsung dirasaksn dan dinikmati oleh kesejahteraan rakyat, dengan demikian apa yang dikhawatirkan bahwa Indonesia akan mengalami kemunduaran peradaban tidak akan terjadi.

    BalasHapus
  26. Nama:Maya sari sembiring
    nim:802011088

    1.Tanda-tanda atau gejala-gejala yang saya liat adalah yaitu pada dunia pendidikan ,untuk semua mungkin bakal gagal terujutd pada tahun 2015 karna kualitas dan kuantitas guru tidak merata di antara daerah ASP menulis paparan badan PBB tentang indeks pembangunan pendidikan indonesia yang hanya berada di peringkat 69 dari 127 negara. artinya terjadi pengeroposan proses pendidikan di indonesia dan fakta bahwa kontribusi ilmu belum di rasakan masyarakat secara signifikan,kehancuran peradaban indonesia akibat kemunduran ilmu pengetahuan.

    2.Dalam dunia Filsafat Ilmu dan Logika dalam membantu menyelamat kan indonesia yaitu dengan cara penata ulang dan pemeriksaan kebenaran titik pangakal yang wajib di lakukan karna titik pangkal musibah kemunduran peradapan indonesia juga harus di cari dan di uji untuk mengetahui akar permasalahannya.
    dan juga langkah awal dalam mengurai masalah ini adalah dengan menata ulang kurikulum mata kuliah dadar umum (MKDU) dengan memberikan pembobotan lebih besar dari mata kuliah filsafat ilmu logika,kemampuan berbahasa, metodologi penelitian, dan teknik penulisan ilmiah.

    3.peran yang seharusnya dilakukan oleh mahasiswa sebai bagian dari kelompok kelas menengah di indonesia untuk menyelamatkan negara mereka adalah menurut saya sebagai mahasiswa kita harus giat belajar dan berprestasi mengalahkan dan melempar tanggung jawab terhadap kurikulum dan sistem pendidikan di indonesia.karna kurikulum pendidikan tinggi indonesia jelas sangat pragmatis dengan kencendrungan mengondisikan mahasiswa pada pilihan melayani dunia kerja. oleh sebab itu kita sebagai mahasiswa harus memiliki visi kuliah untuk nanti nya bekerja.dan kita sebagai mahasiswa harus bersikap kritis dalam menanggapi permasalahan yang ada di negara ini.

    4.yang harus dikerjakan filsuf atau ilmuwan agar rakyat merasa diperdulikan?
    menurut saya filsuf atau ilmuwan memberikan perhatian kepada rakyat dan perlunya memberi prioritas pembangunan sumber daya manusia dalam gerakan pembangunan infrastruktur sains. dan juga dalam mengembangkan dunia pendidikan yang merata kepada rakyat.

    BalasHapus
  27. Jawaban TTS Filsafat Ilmu & Logika
    Nama : Christina Erriana
    NIM : 802011037

    1. Menurut saya, yanda-tanda atau gejala-gejala dari begitu banyaknya kenyataan yang menunjukkan Indonesia menuju kepada “ambruknya peradabannya sendiri" seperti yang di ramalkan Terry Mart,yaitu :
    - Indonesia mengalami kemunduran dalam bidang ilmu pengetahuan
    - Kualitas dan kuantitas guru tidak merata di antara daerah
    - Kemunduran ilmu pengetahuan Indonesia antara lain diakibatkan oleh sivitas akademika yang tidak menunaikan tugas khas dan kekaryaanya yang spesifik
    - Tidak adanya komunitas ilmiah Indonesia yang solid dan bermutu
    - Rendahnya Indeks Pembangunan Pendidikan di Indonesia

    2. Cara "Filsafat Ilmu & Logika" membantu menyelamatkan Indonesia adalah dengan cara mencari, menguji, dan melakukan pemeriksaan kebenaran titik pangkal musibah kemunduran peradaban Indonesia untuk mengetahui akar masalahnya. Kemudian bebeapa cara berikutnya:
    a) Menata ulang kurikulum Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) dengan memberi pembobotan lebih besar pada Mata Kuliah Filsafat Ilmu, Logika, Kemampuan Berbahasa, Metodologi Penelitian, dan Teknik Penulisan Ilmiah. Dengan mengkombinasi antara kognitifistik, sosialistik, dan humanistik agar mahasiswa tidak sekadar belajar saja tapi tahu cara belajar.
    b) Meningkatkan tenaga akademik, kepustakaan, akses ke sumber, dan fasilitas penunjang lainnya,
    c) Dan dalam proses belajar-mengajar tersebut juga di berikan pengetahuan,informasi, dan beberapa fenomena yang sedang/telah terjadi mengenai keadaan Indonesia agar para mahasiswa memiliki rasa cinta pada tanah air dan mau ikut terlibat di dalamnya, sehingga mahasiswa memiliki kesadaran tentang makna kuliah yaitu melayani dunia kerja, mengembangkan ilmu, dan mengabdi kepada rakyat.

    3. Peran yang seharusnya dilakukan/dimainkan oleh mahasiswa ntuk menyelamatkan Negara :
    Memperdalam dan menyelesaikan ilmu yang di pelajarinya dengan cara yang baik dan benar sehingga ketika ia telah menyelesaikan studinya, ia dapat mempraktekkan ilmu yang di plajarinya kepada realitas yang ada, yaitu masyarakat. Dan tak hanya sekedar mengerti teori yang telah di plajarinya, namun juga mengembangkan dan memanfaatkan ilmu tersebut untuk membangun, membenahi, dan menata kembali Indonesia untuk menjadi lebih baik lagi, entah di dunia industri, social-budaya, dan bidang-bidang lainnya.

    4. Yang harus dikerjakan filsuf atau ilmuwan adalah menggunakan ilmu dan pengetahuan yang mereka milki untuk membantu masyarakat menyelesaikan atau mengatasi persoalan yang sedang terjadi. Para ilmuwan atau filsuf dapat mempraktekkan atau menerapkan kemampuan yang mereka miliki pada beberapa bidang dalam kehidupan manusia. Mereka juga dapat membagi kemampuan, pendapat, penelitian, pandangan, dll mereka dalam bentuk buku, dokumentasi, atau terjun langsung untuk turut mengambil bagian dalam realitas yang berlangsung di Negara kita tercinta, Indonesia.

    BalasHapus
  28. Febriane A.E Lengkey
    802011111

    1. Kebenaran sebagai tanda-tanda Indonesia menuju kepada ambruknya negeri ini adalah salah satunya pendidikan di Indonesia mulai tenggelam. Sebagai bukti nyata, kualitas dan kuantitas guru tidak merata di antara daerah. Kualitas dan kuantitas pendidik yang berada di kota berbeda dengan yang berada di pelosok desa. Ilmu yang mereka dapat tentu saja berbeda. Bagaimana murid bisa memajukan Indonesia, jika para pengajarnya sendiri tidak kompeten. Harus ada keselarasan antara pendidik dan muridnya. Murid akan menjadikan gurunya itu sebagai panutan untuk melangkah ke masa depan. Sehingga diharapkan adanya pendidik-pendidik yang benar-benar bermutu di seluruh Indonesia hingga ke pelosok-pelosok.
    2.Filsafat Ilmu dan logika menyelamatkan Indonesia melalui dimasukkan filsafat ilmu dan logika dalam MKDU di perguruan tinggi, menjadi fondasi yang memerkokoh bangunan keilmuan dan penggerak semangat belajar mahasiswa. Agar dalam pembelajaran berikutnya, mahasiswa benar-benar mendapat fondasi yang kuat dan semangat untuk meraih cita-cita membangun Indonesia.
    3. Mahasiswa harus berpartisipasi aktif dalam membangun Indonesia. Dimana ada puisi karya Taufiq Ismail berisisi : Mahasiswa takut pada Dosen, Dosen takut pada Dekan, Dekan takut pada Rektor, Rektor takut pada Menteri, Menteri takut pada Presiden, Presiden takut pada Mahasiswa. Jadi, mahasiswa harus berani menyatakan aspirasinya untuk membangun Indonesia. Selain itu, mahasiswa harus belajar menggapai ilmu setinggi-tingginya, sehingga mendapat bekal untuk membuat Indonesia lebih baik lagi.
    4. Agar rakyat merasa dipedulikan, maka para filsuf dan ilmuwan harus memberikan ‘kepandaian’ nya mereka kepada orang lain. Tidak untuk diri mereka sendiri saja. Manusia mati harus meninggalkan ‘isi’nya. Jadi, berbagilah ilmu-ilmu yang mereka dapat kepada masyarakat yang tidak mengerti apa-apa. Khususnya dalam hal pendidikan.

    BalasHapus
  29. Nama : Ariska konila prihana s
    NIM : 802011105



    1. "Kebenaran"sebagai tanda-tanda atau gejala-gejala dari kenyataan yang menunjukan indonesia menuju ambruknya peradaban itu sendiri seperti yang diramalkan oleh Terry Mart adalah indonesia mengalami kemunduran dalam ilmu pengetahuan. Menurut saya benar dikarenakan kurangnya kualitas dan kuantitas guru disuatu daerah terutama didaerah pedalaman(plosok),kurangnya guru yang terampil dan pengalaman,kontribusi ilmu belum dirasakan masyarakat secara signifikan
    .pembangunan sumber daya manusia yang tidak dapat mengimbangi adanya globalisasi di indonesia
    .rendahnya indeks pembangunan pendidikan di indonesia.

    2. Cara "filsafat ilmu dan Logika"dalam membantu menyelamatkan indonesia adalah dengan cara mncari, menguji, dan pemeriksaan terhadap titik kebenaran dari akar-akar permasalahan kemunduran peradaban indonesia.
    kemudian dilakukan beberapa cara dengan cara menata ulang kurikulum Mata kuliah dasar umum (MKDU) dengan memberi pembobotan lebih besar pada mata kuliah filsafat ilmu,logika,kemampuan berbahasa,menjelaskan dan Teknik penulisan karya ilmiah. Filsafat harus benar-benar menjadi fondasi yang memperkokoh bangunan keilmuan dan penggerak semangat mahasiswa dengan tujuan untuk mengabdi kepada masyarakat.

    3.Peran yang seharusnya dilakukan/dimainkan oleh mahasiswa ntuk menyelamatkan Negara adalah
    *Mahasiswa harus berpikir kritis dalam menanggapi suatu masalah yang dihadapi negara untuk menghadapi terjadinya kemerosotan sosial yang terjadi. Mahasiswa harus memperdalam ilmu pengetahuan yang dipelajarinya dengan baik dan benar sehingga dapat mengamalkan atau mempraktekkannya kedalam suatu masyarakat. Mahasiswa juga harus meningkatkan kinerja berpikir krirtis melalui kegiatan-kegiatan yang bisa membangun kekritisan dalam berpikirnya.

    4. Yang harus dikerjakan filsuf atau ilmuwan adalah filsuf atau ilmuan harus memberikan pandangan atau penjelasan terhadap rakyat pentingnya suatu ilmu karena kalau tidak adanya ilmu rakyat akan mengalami kemunduran karena semakin lama ilmu dan teknologi semakin berkembang. para filsuf juga harus menuangkan pikiranya/ilmunya yang ditulis disebuah buku dan menerbitkannya atau juga bisa dengan cara terjun langsung kepada masyarakat agar masyarakat menjadi lebih jelas petingnya suatu ilmu itu sendiri.

    BalasHapus
  30. Nama : Ni Putu Diazforawati
    Nim : 802011036

    1. Tanda-tanda atau gejala-gejala yang
    menujukan Indonesia kepada ambruknya
    peradabanya sendiri seperti adalah
    ketertinggalan didalam mutu pendidikan, baik
    formal ataupun informal.Dan hal ini
    menyebabkan rendahnya mutu pendidikan yang
    menghambat penyediaan sumber daya manusia
    yang mempunyai keahlian dan ketrampilan
    untuk memenuhi pembangunan bangsa diberbagai
    bidang.Ada banyak penyebab mengapa
    pendidikan diIndonesia semakin terpuruk.Saya
    mengambil 3 penyebab disini:
    * Efektifitas pendidikan diIndonesia yang
    semakin rendah karena tidak adanya tujuan
    pendidikan yang jelas sebelum kegiatan
    pembelajaran dilaksanakan (Tidak memiliki
    gambaran yang jelas dalam proses
    pendidikan.
    * Efisiensi pengajaran diIndonesia seperti
    mahalnya biaya pendidikan, waktu yang
    digunakan dalam proses belajar
    mengajar,diIndonesia kurang
    mempertimbangkan prosesnya , hanya
    bagaimana dapat meraih standar nilai yang
    telah disepakati.
    * Standarisasi pendidikan diIndonesia hanya
    memikirkan bagaimana agar mencapai standar
    pendidikan saja bukan bagaimana agar
    pendidikan yang diambil efektif dan dapat
    digunakan.

    2. Cara filsafat ilmu dan logika membantu
    menyelamatkan Indonesia adalah dengan cara
    menata mata kuliah dasar umum (MKDU) dengan
    memberi pembobotan lebih besar pada mata
    kuliah filsafat ilmu dan logika, kemampuan
    berbahasa, metodologi penelitian dan teknik
    penulisan ilmiah.MKDU dalam hal ini adalah
    filsafat ilmu dan logika harus benar-benar
    mejadi fondasi yang memperkokoh banguanan
    keilmuan dan pengerak semangat belajar
    mahasiswa.Tujuannya agar mahasiswa memiliki
    kesadaran tentang makna kuliah:Melayani
    dunia kerja,mengembangkan ilmu dan mengabdi
    kepada rakyat.

    3. Peran yang dilakukan oleh mahasiswa untuk
    menyelamatkan Indonesia adalah dengan cara:
    * Mahasiswa mampu bersikap kritis terhadap
    ketimpangan sosial dinegara ini khususnya
    dalam hal mengatasi rendahnya mutu
    pendidikan diIndonesia.
    * Mahasiswa aktif dalam menyoroti kebijak
    yang dikeluarkan pemerintah, meningkatkan
    tuntutan status sosial yang strategis bagi
    mahasiswa dari pada elemen masyarakat
    lainnya.
    * Mengembangkan potensi yang ada dalam
    dirinya sebagai kesadaran akan pentingnya
    pendidikan diIndonesia ini.
    * Melakuakan kontrol kebijakan pemerintah
    terhadap penentuan arah dn karakteristik
    pendidikan bangsa.
    * Mahasiswa berupaya senantiasa untuk
    memenuhi kebutuhan akan perbaikan dari
    sebuah sistem pendidkan nasional Indonesia.

    4. Secara Aksiologis rakyat tidak dipedulikan
    oleh ilmuan.Tentu hal ini ada sebabnya
    secara aksiologis.Yang harus dikerjakan
    ilmuan agar rekyat merasa kembali
    dipedulikan adalah mengubah pola pikir
    masyarakat bahwa pentingnya ilmu bagi
    kelangsungan kehidupan masyarakat didunia,
    selain itu ilmuan diharapkan meyakinkan
    masyarakat sebagai salah satu dari sumber
    ilmu masyarakat yang dapat menciptakan
    berbahgai ilmu yang diharapkan dapat
    berpengaruh bagi kehidupan manusia didunia.

    BalasHapus
  31. Nama : Nugraha Putra Warih Kencana
    NIM : 802011121

    1. Tanda-tanda yang menunjukkan ambruknya peradaban dapat dilihat dari berbagai aspek, seperti, bidang politik, pendidikan, ekonomi, budaya, dsb. Dalam konteks pendidikan, ambruknya peradaban dikarenakan kurangnya para pengajar/pendidik yang berkualitas, disebabkan kurangnya minat belajar pada masyarakat dan kurangnya pengetahuan tentang teknologi dalam masyarakat.

    2. Cara Filsafat Ilmu & Logika dapat menyelamatkan Indonesia adalah dengan cara dimasukkannya Filsafat Ilmu & Logika dalam MKDU (Mata Kuliah Dasar Umum) di perguruang tinggi sebagai dasar atau fondasi pembelajaran serta sebagai bekal untuk mata kuliah yang diambil selanjutnya.

    3. Peran yang seharusnya dilakukan mahasiswa untuk menyelamatkan Indonesia adalah dengan berpikir kritis, serta mahasiswa dituntut aktif dalam upaya-upaya memajukan negara serta bangsa.
    Dengan ikut mengawasi kerja pemerintah dan tidak hanya mengkritik, tetapi ikut memberikan solusi yang baik bagi pemerintah.

    4. Para filsuf atau ilmuwan harus membagi 'ilmu' yang telah mereka pelajari dan dapatkan kepada rakyat, agar rakyat tidak menderita lagi.

    BalasHapus
  32. nama:esfa brilliane christi
    NIM: 802011011
    1.Tanda-tanda yang menujukkan gambruknya peradaban Indonesia di lihat dari kemunduran dalam bidang ilmu pengetahuan atau pendidikan, karena menyimpulkan pendidikan untuk semua bakal gagal pada tahun 2015 karena kualitas dan kuantitas guru yang tidak merata ke seluruh daerah.

    2. Cara Filsafat Ilmu dan Logika membantu meyelamatkan Indonesia dengan menjadika Filsafat Ilmu dan Logika menjadi titik pangkal dalam MKDU untuk ditata ulang kembalidengan memberikan pembobotan lebih besar.

    3.Peran yang harus dilakukan mahasiswa untuk menyelamatkan Indonesia dengan ikut melayani dunia kerja untuk sebagai pengembang dan pengamal ilmu. Belajar mengajar harus lebih konstruktivistik ketimbang behavioristik. minimal mengombinasikan antara kognitifistik,sosialistik dan humanistik agar bukan hanya menjadi mahasiswa sekedar belajar tetatpi tahu cara belajar.

    4.Agar rakyat dapat di pedulikan lagi oleh para filsuf dan ilmuwan ialah rakyat harus peduli akan ilmu pengetahuan yang sudah diciptakan oleh ilmuwan demi pengembangan masyarakat semakin lebih maju di dunia modern ini.

    BalasHapus
  33. Jawaban TTS Filsafat Ilmu & Logika
    Nama : Maria Lili Wijayanti
    NIM : 802011102

    1. 'Kebenaran’ sebagai tanda-tanda dari kenyataan yang menunjukkan Indonesia menuju kepada ’ambruknya peradaban sendiri’ seperti yang diramalkan oleh Terry Mart adalah menurut saya,
    • Kurangnya kesadaran masyarakat terhadap pendidikan itu sendiri. Sebagai contoh, masyarakat di kalangan ekonomi kebawah mereka tidak memiliki cukup biaya untuk menyekolahkan anak-anaknya karena dalam kenyataannya biaya pendidikan memang mahal sehingga mereka lebih baik menyuruh anak-anaknya untuk bekerja agar dapat membantu perekonomian orang tuanya.
    • Kurangnya kualitas dan kuantitas guru di daerah, menurut saya hal ini terjadi karena kurang tanggapnya pemerintah terhadap SDM yang ada di daerah , karena pemerintah pada saat ini hanya membenahi pendidikan yang ada di kota-kota besar saja padahal menurut saya belum tentu yang di daerah kualitas SDM nya itu rendah dan juga merasa bahwa orang-orang yang di daerah itu tidak berpengaruh besar terhadap perkembangan pendidikan INDONESIA.

    2. Cara "Filsafat Ilmu & Logika" membantu menyelamatkan Indonesia adalah
    Mencari penyebab atau titik pangkal dari permasalahan ini yang dapat dilakukan dengan cara melibatkan banyak pihak atau subjek-subjek yang berpengaruh dalam permasalahan ini sehingga diharapkan dapat menemukan solusi untuk memecahkan masalah ini. Juga menata ulang kurikulum Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU). Karena MKDU harus benar-benar menjadi fondasi yang memerkokoh bangunan keilmuan dan penggerak semangat belajar mahasiswa. Minimal kombinasi antara kognitifistik, sosialistik dan humanistik agar mahasiswa tidak sekadar belajar tetapi tahu cara belajar dan dapat mengembangkan ilmu tesebut dalam masyarakat.

    3. Peran yang seharusnya dimainkan mahasiswa untuk membantu menyelamatkan Negara ialah
    Pertama kita sebagai mahasisawa harus sadar akan pentingnya pendidikan itu sendiri sehingga kita bisa besikap lebih maju dan kita bisa menggunakan akal pikiran kita untuk melakukan suatu hal yang positif yang dapat berpengaruh dalam pendidkan itu sendiri.Kita juga harus besikap aktif dan kritis dengan fenomena-fenomena yang ada di sekeliling kita.karena menurut saya perubahan dalam lingkup besar dapat terjadi yaitu dimulai dari diri kita sendiri.

    4. Yang harus dilakukan / dikerjakan filsuf atau ilmuan agar rakyat merasa kembali dipedulikan adalah melakukan penelitian-penelitian tentang fenomena-fenomena yang ada dimasyarakat yang akhirnya dapat melibatkan masyarakat tesebut sehingga nantinya hasil yang didapat dari penelitian tersebut juga dapat berguna bagi masyarakat.Juga dalam penyelesaian masalah-masalah yang ada dalam masyarakat harus melibatkan masyarakat itu sendiri Karena tidak dipungkiri yang merasakan masalah-masalah tersebut adalah masyarakat itu jadi nantinya solusi yang didapat bisa mengena pada masyarakat tersebut.

    BalasHapus
  34. Tugas TTS Filsafat Ilmu dan Logika
    Nama : Alethea G.W
    NIM : 802011003

    1.Indonesia ambruk pada peradabannya sendiri dapat dilihat dari bidang pendidikannya. Pendidikan Indonesia menurun dengan adanya berita bahwa dalam ujian-ujian nasional banyak murid yang mengandalkan contekan, tidak dengan belajar. Hal ini dapat disebabkan kualitas guru yang tidak dapat membimbing muridnya dengan baik, bahkan ada guru yang memberi contekan atau menyuruh muridnya untuk menyebarkan contekan ke murid-murid yang lain. Dan juga pendidikan di Indonesia tidak merata di seluruh wilayah Indonesia. Bahkan di bagian wilayah tertentu ada yang belum mengenal sekolah. Atau dalam suatu daerah hanya ada satu sekolah, sehinggga masyarakat yang tinggal di sekitar daerah itu masi buta terhadap ilmu pendidikan.

    2. Titik pangkal musibah kemunduran peradaban Indonesia harus dicari dan diuji untuk mengetahui akar masalahnya. Langkah awal untuk menangani masalah ini adalah dengan menata ulang kurikulum Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) dengan memberi pembobotan lebih besar pada Mata Kuliah Filsafat Ilmu, Logika, Kemampuan Berbahasa, Metodologi Penelitian, dan Teknik Penulisan Ilmiah. Tenaga akademik, kepustakaan, akses ke sumber, dan fasilitas penunjang lainnya harus ditingkatkan. Paradigma proses belajar mengajar harus lebih konstruktivistik ketimbang yang behavioristik. Minimal kombinasi antara kognitifistik, sosialistik dan humanistik agar mahasiswa tidak sekadar belajar tetapi tahu cara belajar. MKDU harus benar-benar menjadi fondasi yang memerkokoh bangunan keilmuan dan penggerak semangat belajar mahasiswa. Tujuan ultimanya, mahasiswa memiliki kesadaran tentang makna kuliah: melayani dunia kerja, mengembangkan ilmu, dan mengabdi kepada rakyat.

    3.- Dengan mengembangkan ilmu bidang tertentu yang sesuai dengan jurusannya.
    - Untuk mahasiswa yang mengambil jurusan keguruan dapat meningkatkan ilmu dan cara mengajarnya agar kelak menjadi guru yang berkualitas baik.
    - Membantu atau mengabdi pada masyarakat melalui kegiatan-kegiatan LSM.
    - Mahasiswa dapat mengembangkan potensi-potensi yang mereka punya dalam dirinya dan harus semakin kreatif dalam potesinya sehingga mahasiswa dapat semakin maju dalam pendidikannya.

    4.Dengan membantu masyakarat menemukan cara bagaimana masyarakat dapat mengembangkan ilmu sehingga bangsa tidak menjadi ambruk. Sehingga jangan sampai ilmuwan hanya mengembangkan ilmunya sendiri tetapi masyarakat dapat turut juga. Dapat dilakukan dengan mengadakan ceramah-ceramah ke daerah-daerah tentang ilmu pendidikan dan pengembangan ilmu. Memberikan perhatian dengan mengadakan kegiatan-kegiatan yang masyarakat dapat turut berpartisipasi dalam pengembangan ilmu pendidikan.

    BalasHapus
  35. 1.Selain dengan terjadinya kemerosotan ilmu pengetahuan kenyataan yang menunjukkan bahwa indonesia menuju kepada ‘ambruknya peradaban sendiri’ di tunjukkan juga oleh pemerintah yang adalah wakil rakyat yang seharusnya mementingkan kepentingan rakyat malah lebih mementingkan kepuasan diri dan kepentingan mereka sendiri dengan melakukan suatu perencanaan yang hanya menguntungkan diri mereka saja. Jadi negara hanya sebagai tempat untuk menggali keuntungan sebesar-besarnya untuk diri mereka sendiri tanpa memperhatikan kebutuhan rakyat.
    Kenyataan kedua yang terjadi saat ini yang juga menunjang ambruknya peradaban di Indonesia yaitu hilangnya rasa nasionalisme antar warga di Indonesia terbukti dengan banyaknya kasus tawuran yang terjadi entah tawuran antar warga, tawuran antar pelajar dan mahasiswa yang merugikan negara,instansi, dan mengorbankan warga lain. Seperti semboyan yang kita kenal “bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh.” Menurut saya Indonesia saat ini berada dalam tahap “ambruknya peradaban sendiri”.

    2.Filsafat Ilmu dan Logika yang mengutamakan/ mencari titik pangkal permasalahan , mencoba untuk mencari titik permasalahan dari musibah kemunduran peradaban di Indonesia dengan mencari subyek penelitian , seperti melihat dan meneliti dari untiversitasnya, pemerintahnya, sistemnya, infrastrukturnya untuk memecahkan masalah ini Perbaikan yang diurai oleh filsafat ilmu dan logika dapat dimulai dari kita mahasiswa yang selama ini hanya berpatokan padda pembelajaran di kelas hanya bertujuan untuk menjadi tenaga kerja yang baik, pemikiran ini harus diubah dengan berpikir bahwa pembelajaran kita selama ini untuk pengembangan dan pengamalan ilmu untuk membangun bangsa. Maka langkah awal mengurai masalah ini dengan menata ulang MKDU dengan memberi pembobotan lebih besar pada Mata kuliah filsafat ilmu, logika, kemampuan berbahasa,metodologi penelitian dan metode penelitian ilmiah. Paradigma proses belajar harus lebih konstruktivistik di banding dengan behavioristik.

    3.Dengan cara mengubah jalan pemikiran dan tujuan dari menuntut ilmu, bukan lagi hanya untuk sekedar mendapatkan “pekerjaan” dan memperoleh “upah” tetapi lebih kepada ilmu yang telah kita dapatkan selama menuntut ilmu di bangku kuliah itu dapat kita terapkan di dalam kehidupan kita untuk membangun negara kita Indonesia ini agar terhindar dari ambruknya negara karena kemerosotan ilmu pengetahuan.

    4.Ilmuwan bisa membagikan ilmunya kepada masyarakat dengan pengabdian di dalam masyarakat agar ilmunya itu bukan hanya untuk dinikmati sendiri tetapi juga untuk membangun bangsa. Masyarakat juga harus peduli dan giat kepada setiap usaha pembangunan, pengembangan, dan pemanfatan ilmu. Pemerintah, dunia usaha, rakyat awam, dan ilmuwan wajib menetapkan kebodohan menjadi mussuh bersama agar masyarakat merasa dipedulikan.

    Gusti Made Julia D.A
    802011117
    Jawaban TTS Filsafat Ilmu dan Logika

    BalasHapus
  36. Jawaban TTS Filsafat Ilmu dan Logika
    Nama : Fenni Ruslie Octavia
    Nim : 802011071

    1.Tanda-tanda atau gejala-gejala yang menunjukkan Indonesia menuju kepada 'ambruknya peradabannya sendiri’ sperti yang diramalkan Terry Mart adalah :
    a.Indonesia mengalami kemunduran dalam bidang Ilmu Pengetahuan.
    Contoh : Orang – orang di Indonesia ini masih banyak yang gagap teknologi (gaptek), padahal teknologi sekarang sering digunakan oleh masyarakat. Seperti di sekolah – sekolah, kantor, dan sebagainya.
    b.Pendidikan untuk semua akan gagal terwujud pada tahun 2015 karena kualitas dan kuantitas guru tidak merata di daerah.
    Contoh : Zaman modern ini banyak orang yang tidak mau berprofesi menjadi guru karena gaji guru sangat rendah, kebanyakan orang memilih untuk berprofesi menjadi Pegawai Negri Swasta (PNS), akibatnya di Indonesia ini kualitas dan kuantitas guru kurang untuk di daerah – daerah pelosok.

    2.Cara Filsafat Ilmu dan Logika membantu menyelamatkan Indonesia adalah :
    a.Dengan cara menata ulang kurikulum dan sistem pendidikan tinggi di Indonesia. Maksudnya menata ulang kurikulum itu adalah menata ulang kurikulum Mata kuliah Dasar Umum (MKDU) dengan memberi pembobotan lebih besar pada Mata Kuliah Filsafat Ilmu, Logika, Kemampuan Berbahasa, Metodologi Penelitian, dan Teknik Penulisan Ilmiah.
    b.Tenaga akademik dalam kualitas dan kuantitas, kepustakaan, akses ke sumber, dan fasilitas penunjang lainnya juga harus lebih ditingkatkan.
    c.Proses belajar mengajar harus lebih konstruktivistik daripada behavioristik, dan juga kombinasi antara kognitifistik, sosialistik dan humanistik agar mahasiswa tidak lagi hanya sekedar belajar tetapi mahasiswa juga tahu cara belajar yang baik dan benar.
    d.MKDU juga harus benar - benar menjadi fondasi / dasar yang memperkuat dan memperkokoh bangunan keilmuan dan penggerak semangat belajar mahasiswa agar mahasiswa tidak mengabaikan kurikulum.


    3.Peran yang harus dilakukan / dimainkan mahasiswa untuk menyelamatkan negara Indonesia:
    ~ Mahasiswa harus memiliki kesadaran tentang makna kuliah, contohnya seperti melayani dunia kerja, mengembangkan ilmu, dan mengabdi kepada masyarakat.
    ~ Mahasiswa harus mampu berfikir kritis untuk membangun atau menata kembali ilmu pengetahuan di Indonesia, agar masyarakat Indonesia tidak terbelakang pendidikannya.

    4.Yang harus dikerjakan para filsuf atau ilmuan agar rakyat merasa kembali dipedulikan adalah:
    a.Memajukan ilmu pengetahuan di Indonesia antara lain meningkatkan kualitas dan kuantitas guru yang solid dan bermutu, dan merata di setiap wilayah.
    b.Tidak saling menyalahkan dan melempar tanggung jawab tetapi mencari solusi yang terbaik untuk Indonesia agar Indonesia berkembang lebih maju.
    c.Para filsuf / ilmuan bisa memperbaiki diri demi menyejajarkan diri dengan bangsa – bangsa besar lainnya.
    d.Para filsuf / ilmuan bisa bekerja sama dengan pemerintah untuk dapat menanamkan penyuluhan-penyuluhan pendidikan seperti mengadakan sekolah terbuka bagi mereka / rakyat yang tidak mampu. Dengan cara demikian rakyat merasa dipedulikan dengan adanya pemberian ilmu.
    e.Para filsuf / ilmuan bisa memberi kursus – kursus tekologi agar masyarakat Indonesia tidak Gagap Teknologi (gaptek), contohnya memberi kursus seperti komputer, mesin – mesin yag lain.

    BalasHapus
  37. roselina sekar mira
    802011057

    1. KEBENARAN KEBENARANNYA:
    sudah tidak adanya kepedulian masyarakat tentang pentingnya bersekolah, mahasiswapun tidak melaksanakan salah datu tugasnya yaitu tentang pengabdian masyarakat, penyebaran guru yang kompeten tidak merata di seluruh wilayah di indonesia, di negara ini tidak adanya kerja sama yang solid untuk membangun pendidikan yang bermutu, para wakil rakyatpun hanya mencari keuntungan dari dana yang disediakan untuk meningkatkan pendidikan di indonesia

    2. caranya, mencari pusta permasalahan atau akar masalah dari kasus ini, lalu mmencari pemecahan yang tidak memberatkan atau merugikan siapapun, dan tidak memberikan kesempatan untuk saling menyalahkan dan melempar tanggung jawab pada pihak manapun.
    pemberian bobot tambahan untuk mata kuliah yang mendukung.

    3. mahasiswa harus berpikir bahwa mereka bukan hanya kulih untuk mencari "kerja dan gaji" namun mereka juga harus melakanakan salah satu tugas sosial mereka untuk pengabdian masyarakat, dan memberikan apa yang sudah mereka dapat di universitas, atau singkatnya sebagai perwujudnyataan ilmu mereka.

    4. ilmuwan harus mensosialisasikan hasil ridet yang mereka dapatkan, dan tidak sibuk sendiri dengan alat" lab dan objek penelitian mereka,dan bersama rakyat dan seluruh elemen masyarakat memerangi kebodohan.

    BalasHapus
  38. Jawaban TTS Filsafat Ilmu dan Logika
    Nama : Monica Wibawa
    Nim : 802011056

    1.Tanda-tanda atau gejala-gejala yang menunjukkan Indonesia menuju kepada 'ambruknya peradabannya sendiri’ sperti yang diramalkan Terry Mart adalah :
    Menurut pendapat saya, ambruknya pendidikan di Indonesia, karena kurangnya kesadaran masyrakat akan pentingnya pendidikan yang sudah sangat berkembang pada saat ini. Masyarakat cenderung kurang peduli akan pendidikan yang sudah ada, hal ini yang menjadi sebab mengapa Indonesia menjadi ambruk dalam hal ilmu pendidikan, juga disebabkan oleh kurang meratanya kualitas dan kuantitas guru - guru yang berada didaerah-daerah terpencil.

    2.Cara Filsafat Ilmu dan Logika membantu menyelamatkan Indonesia adalah:
    Dengan cara menata ulang kurikulum dasar umum dengan memberikan pembobotan lebih besar pada mata kuliah filsafat ilmu dan logika, dan juga dalam berbahasa, metologi penelitian, dan teknik penulisan ilmiah. Tenaga akademik, kepustakaan, akses sumber dan fasilitas penunjang yang lain harus ditingkatkan, paradigma proses juga harus lebih dikonstruksikan daripada behavioristik. Minimal kombinasi antar kognitifistik, sosialistik, dan humanistik agar mahasiswa tidak sekedar belajar tetapi juga tahu cara belajar.

    3.Peran yang harus dilakukan / dimainkan mahasiswa untuk menyelamatkan negara Indonesia adalah:
    Dengan cara meningkatkan pendidikan yang sudah ada, dan juga membantu untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya pendidikan yang sudah maju pada saat ini.
    Contohnya: Kita memberikan bantuan berupa perpustakaan mobil berjalan dengan begitu mungkin masyarakat dapat lebih ditingkatkan dalam masalah pendidikan, karena ada kemauan untuk membaca dan mengetahui hal - hal yang lebih luas.

    4.Yang harus dikerjakan para filsuf atau ilmuan agar rakyat merasa kembali dipedulikan adalah:
    Dengan cara para ilmuan lebih bersikap tanggung jawab kepada masyarakat bukan malah menyalahkan masyarakat dengan hal ini bisa saja masyarakat dapat lebih maju dan berkembang dalam hal pendidikan.
    Para ilmuan juga harus menata ulang kurikulum yang sudah ada supaya pendidikan di Indonesia lebih maju dan dapat ditingkatkan.

    BalasHapus
  39. NAMA : MEIS.Sh.LOUHENAPESSY
    NIM : 802011086
    1. Kebenaran sebagai tanda-tanda atau gejala-gejala yang menunjukan Indonesia menjadi ambruk peradabannya yaitu, dilihat dari awal segi pemerintahan yang hanya mementingkan sifat induvidualisnya daripada masyarakat luas, kemudian dilihat dari segi sumber daya manusia yang kurang, disebabkan oleh minimnya IPTEK, kurangnya proses training, sehingga disebut gagap teknologi, kemudian juga dilihat dari segi kemiskinan yang masih ada tidak mengimbangi arus globalisasi dan kurangnya pendidikan di berbagai pelosok atau pedesaan-pedesaan terpencil.
    2. Caranya : Filsafat Ilmu dan Logika sebagai titik pangkal harus lebih lagi teliti dalam menata ulang kurikulum (MKDU) agar adanya pembobotan nilai sehingga kombinasi antara kognitif, sosialistik, dan humanistik, seimbang dan mahasiswa tidak sekedar belajar, tetapi tahu cara belajar. Sehingga mahasiswa memiliki kesadaran tentang makna kuliah, melayani dunia kerja , mengembangkan ilmu dan mengabdi kepada rakyat.
    3. Kita sebagai mahasiswa atau generasi muda adalah merupakan fondasi yang dapat memperkokoh pembangunan Negara. Oleh sebab itu peran kita sebagai mahasiswa ialah,
     Kita harus dapat berfikir kritis dan membangun Negara
     Memberikan inovasi-inovasi baru
     Mengembangkan potensi kita dibidang akademik maupun nonakademikyang dapat bersaing sampai pada jenjang internasional sehingga membawakan yang terbaik bagi bangsa dan Negara.
    4. Yang harus dikerjakan filsuf atau ilmuan ialah, memberikan pemahaman atau pengertian pentingnya sebuah ilmu itu, yang memiliki makna atau kegunaan untuk menunjang kehidupan rakyat . sebab di zaman sekarang ini sangat maraknya globalisasi, atau era modern, agar tidak ketinggalan dan mengalami kemunduran, oleh sebab itu ilmu sangatlah diperlukan rakyat

    BalasHapus
  40. NAMA: YULI KUSDARYANTI
    NIM: 802011100
    1. ‘kebenaran’ sebagai tanda-tanda dari kenyataan yang menunjukkan Indonesia menuju kepada ’ambruknya peradaban sendiri’ seperti yang diramalkan oleh Terry Mart ialah rendahnya angka pendidikan di Indonesia, pendidikan di Indonesia menjadi semakin bobrok dengan terjadinya perkelahian antar pelajar, penyelewengan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) . Itu baru sedikit contoh dari apa yang dapat kita lihat.Dan itu semua semakin membawa Indonesia kepada “kebenaran” dan tanda-tanda pada ambruknya peradaban sendiri .
    2. cara "Filsafat Ilmu & Logika" membantu menyelamatkan Indonesia adalah dengan titik pangkal merupakan indikator penentu pengambilan keputusan tepat. Karenanya pemeriksaan kebenaran titik pangkal wajib dilakukan dengan menggunakan tiga landasan ilmu: Ontologi (mengenai apa), Epistemologi (mengenai bagaimana disusun), dan Aksiologi (untuk apa) ilmu disusun.
    3. peran yang seharusnya dilakukan/dimainkan oleh mahasiswa sebagai bagian dari kelompok kelas menengah di Indonesia untuk menyelamatkan negara mereka ialah berfikir kritis terhadap setiap persoalan yang terjadi dalam negara. Dan juga tidak hanya asal sekadar tamat dalam perkuliahan, namun juga dapat memahami betul apa arti dari “filsafat ilmu dan logika” yang nantinya dapat diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat maupun bernegara.
    4. yang sebenarnya harus dikerjakan filsuf atau ilmuwan agar rakyat merasa kembali dipedulikan adalah melibatkan langsung rakyat dalam suatu pengadaan, supaya anggapan bahwa rakyat dianggap tidak dipedulikan ilmuwan, bahkan rakyat dibiarkan menderita sendirian itu tidak benar. Dan harus juga dibukttikan oleh para ilmuan yang ada.

    BalasHapus
  41. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  42. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  43. Nama: Monyca Mulyani Dewi
    NIM: 802011005
    1. > Banyaknya korupsi saat ini menyebabkan Negara Indonesia menuju pada keambrukannya sendiri karena, biaya bantuan yang seharusnya diberikan kepada orang-orang yang tidak mampu di korupsi.
    > Tidak meratanya guru-guru atau tenaga pengajar yang memiliki kualitas baik di tiap-tiap wilayah di Indonesia.
    > Kurikulum pendidikan tinggi di Indonesia cenderung mengkondisikan mahasiswa/mahasiswi pada pilihan dunia kerja, sehingga rasa tanggung jawab untuk menimba ilmu menjadi di sepelekan/di anggap ringan.
    2.Cara "Filsafat Ilmu dan Logika" membantu menyelamatkan Indonesia adalah Filsafat ilmu dan Logika menjadi titik pangkal/ tolak ukur/ dasar dalam pengambilan keputusan yang tepat.
    3. Peran yang seharusnya dilakukan/dimainkan oleh mahasiswa sebagai bagian dari kelompok kelas menengah di Indonesia untuk menyelamatkan negara Indonesia adalah pola pikir yang menyatakan bahwa menuntut ilmu merupakan sebuah kewajiban saja wajib/ harus diubah menjadi bahwa menuntut ilmu berguna bagi masa depan. Contohnya di dunia kerja, dengan ilmu dan pengetahuan yang kita miliki maka dengan demikian pada masa depan kita di dunia kerja dapat merubah nasib Negara Indonesia menjadi lebih baik.
    4. Yang sebenarnya harus dikerjakan filsuf atau ilmuwan agar rakyat merasa kembali di perdulikan adalah mengembalikan fungsinya yang semula dengan cara menciptakan/ menemukan gagasan-gagasan atau penemuan-penemuan baru yang berguna bagi masyarakat.

    BalasHapus
  44. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  45. 1. Tanda-tanda atau gejalan-gejalan yang menunjukkan ambruknya Indonesia menurut Terry Mart, dapat dilihat bahwa kualitas dan kuantitas guru tidak merata di antara daerah, misalnya saja masih sedikit sekali pengajar yang mau masuk ke daerah-daerah terpencil (padahal mereka juga sangat membutuhkan seorang pengajar, tidak hanya orang-orang yang tinggal di perkotaan). Selain itu, kemampuan para pengajar yang belum maksimal untuk mengembangkan atau bahkan menciptakan ilmu pengetahuan di era yang terus berkembang ini.

    2. Cara Filsafat Ilmu dan Logika membantu menyelamatkan Indonesia adalah :
    dengan menata ulang kurikulum Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) dengan memberi pembobotan lebih besar pada Mata Kuliah Filsafat Ilmu, Logika, Kemampuan Berbahasa, Metodologi Penelitian, dan Teknik Penulisan Ilmiah.
    Paradigma proses belajar mengajar harus lebih konstruktivistik ketimbang yang behavioristik. Minimal kombinasi antara kognitifistik, sosialistik dan humanistik agar mahasiswa tidak sekadar belajar tetapi tahu cara belajar. Tujuan ultimanya, mahasiswa memiliki kesadaran tentang makna kuliah, yaitu melayani dunia kerja, mengembangkan ilmu, dan mengabdi kepada rakyat.

    3. Peran yang seharusnya dilakukan oleh mahasiswa untuk ikut serta menyelamatkan negara Indonesia ini adalah dengan mengerti tujuan utama dari kami belajar, tidak hanya belajar, tapi tahu cara belajar. Utamanya, mahasiswa memiliki kesadaran tentang makna kuliah, yaitu melayani dunia kerja, mengembangkan ilmu, dan mengabdi kepada rakyat, sehingga ilmu di Indonesia ini tidak stagnan dan dan berhenti berkembang, namun seiring dengan kemajuan jaman, ilmu di Indonesia juga bisa ikut mengalami kemajuan atau berkembang, sehingga tidak tertinggal lebih jauh lagi oleh negara-negara lain yang memiliki peradaban ilmu yang lebih maju.

    4. Yang harus dilakukan para filsuf agar rakyat merasa kembali dipedulikan adalah dengan memberikan pengajaran-pengajaran atau para pilsuf harus mampu menanamkan pola pikir yang benar kepada masyarakat akan pentingnya pendidikan bagi setiap mereka di era globalisasi dan kemajuan jaman ini, sehingga mereka sendiri tidak tertinggal dan menjadi "gagap teknologi". Para filsuf juga sebaiknya memfasilitasi bagi mereka yang memang benar-benar tidak mampu belajar karena faktor ekonomi (karena, biasanya mereka akan memiliki pola pikir bahwa sekolah atau kuliah hanya menghabiskan uang saja-tidak ada gunanya, pola pikir yang seperti itu yang seharusnya mampu dihilangkan oleh para filsuf)

    nama : sandra arviyenna
    nim : 802011055

    BalasHapus
  46. Jawaban TTS Fisafat Umum Dan Logika
    NIM:802011049
    NAMA:DEFRY NUBAN

    1.Tanda dan gejala yang menunjukan indonesia meneju ambruknya peradaban sendidri menurut Terry Mart ‘Indonesia mengalami kemunduran dalam bidang ilmu pengetahuan’buktinya Pendidikan Indonesia yang ‘hanya’ berada di peringkat 69 dari 127 negara.Kemunduran ilmu pendidikan karena tidak adanya komunitas ilmiah Indonesia yang solid dan bermutu, kualitas dan kuantitas pengajar tidak merata di setiap wilayah, dan rendahnya Indeks Pembangunan Pendidikan di Indonesia.banyak ilmuwan yang meninggalkan tanggung jawab mereka dengan terjun ke dunia praktis pragmatis atas nama entah, yang sulit dipahami rakyat,ternyata ambruknya ilmu pengetahuan bisa menyebabkan ambruknya sebuah bangsa.
    2. Filsafat Ilmu & Logika membantu menyelamatkan Indonesia dengan cara menata ulang kurikulum Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) dengan memberi pembobotan lebih besar pada Mata Kuliah Filsafat Ilmu, Logika, Kemampuan Berbahasafasilitas penunjang lainnya harus ditingkatkan, Paradigma proses belajar mengajar harus lebih konstruktivistik ketimbang yang behavioristik dan kombinasi antara kognitifistik,sosialistik dan humanistik agar mahasiswa tidak sekadar belajar tetapi tahu cara belajar. MKDU harus benar-benar menjadi fondasi yang memerkokoh bangunan keilmuan dan penggerak semangat belajar mahasiswa. Tujuan ultimanya, mahasiswa memiliki kesadaran tentang makna kuliah: melayani dunia kerja, mengembangkan ilmu, dan mengabdi kepada rakyat.
    3.Peran yang di lakukan mahasiswa yaitu Mahasiswa jangan mau di jajah oleh kemalasan yang ada dalam diri mahasiswa dan mau rajin kuliah dan mengikuti organisasi yang bisa membantu mahasiwa di kelak nanti, danmahasiswapun harus tau untuk apa,bagi siapa dan oleh siapa merekakuliah,dan jika para mahasiswa telah lulus mereka harus membangun pendidikkan di negara tercita kita ini.
    4.Yang harus di lakukan oleh para filsuf yaitu: meneliti mengapa pendidikan di negara kita ini rendah dan memeberikan soslusi umtuk meningkatkan pendidikan di negara kita ini, dan parafilsuf pun harus bertanggung jawab dengan pekerjaan mereka.

    BalasHapus
  47. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  48. NAMA: EVINA KRISNAWATI
    NIM : 802011026

    1. "Kebenaran' sebagai tanda-tanda atau gejala-gejala yang saya lihat dari begitu banyaknya kenyataan yang menunjukkan Indonesia menuju kepada 'ambruknya peradabannya sendiri" seperti yang diramalkan Terry Mart, yaitu:
    -Kontribusi ilmu belum dirasakan masyarakat secara signifikan. Hal ini terlihat dari banyaknya masyarakat yang masih gaptek bahkan masih banyak pula masyarakat yang buta huruf.
    -Kualitas dan kuantitas pengajar tidak merata di setiap wilayah. Banyak kasus kekurangan tenaga pengajar dan akhirnya kemungkinan yang dilakukan adalah mengambil sembarang orang asal bisa mengajar(kualitas masih dipertanyakan).
    -Rendahnya Indeks Pembangunan Pendidikan di Indonesia. Banyak bangunan sekolah yang sudah tidak layak namun masih tetap digunakan karena alasan dana. Begitu pula dengan sarana serta fasilitas yang dapat dibilang tidak memadahi.
    -Banyak ilmuan yang justru membemamkan diri ke dalam riset eksperimental atau laboratorium dan giat mengembangkan ilmu namun sumbangsih mereka untuk kesajahteraan rakyat tak ada atau jarang sekali.
    -Kurikulum pendidikan tinggi di Indonesia cenderung mengkondisikan mahasiswa pada pilihan melayani dunia kerja.

    2. Cara "Filsafat Ilmu & Logika" membantu menyelamatkan Indonesia yaitu dengan mencari dan menguji titik pangkal musibah kemunduran peradaban indonesia. Karena titik pangkal inilah yang menjadi indikator penentu pengambil keputusan tepat. Harus kita ingat bahwa kegunaan Filsafat Ilmu dan Logika sendiri adalah sebagai alat pencari kebenaran yang dalam kasus ini digunakan untuk memeriksaan kebenaran titik pangkal yang memang wajib dilakukan.

    3. Peran yang seharusnya dilakukan/dimainkan oleh mahasiswa sebagai bagian dari kelompok kelas menengah di Indonesia untuk menyelamatkan negara adalah dengan menanamkan prinsip bahwa visi dan tujuan mereka kuliah yang cenderung mengkondisikan mahasiswa pada pilihan melayani dunia kerja (kuliah agar dapat kerja)itu hanya salah satu tujuan kuliah saja. Dan sebenarnya tujuan lain yang lebih penting yaitu untuk menjadi pengembang dan pengamal ilmu serta untuk mengabdi kepada masyarakat.

    4. Yang sebenarnya harus dikerjakan filsuf atau ilmuwan agar rakyat merasa kembali dipedulikan adalah dengan melakukan tanggung jawab mereka untuk menghasilkan temuan-temuan baru dan eksperimem-eksperimen baru yang bermanfaat untuk masyarakat. Lalu benar-benar diaplikasikan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat bukan hanya untuk mengembangkan kemampuan diri sendiri.

    BalasHapus
  49. Nama:Dhimas Christian Aditya
    NIM :802011083

    1. tanda dan gejalanya adalah:
    a. kemunduran ilmu pengetahuan yang diakibatkan oleh civitas akademika yang tidak menunaikan tugas khas dan kekaryaannya yang spesifik

    b. banyak ilmuwan yang meninggalkan tanggung jawab mereka dengan terjun ke dunia praktis pragmatis

    c. imuwan yang tidak kunjung memberikan sumbangsih bagi masyarakat.

    d. kuantitas dan kualitas guru pendidik di indonesia yang tidak merata.

    e. kurikulum pendidikan indonesia yang pragmatis dengan kecenderungan mengkondisikan mahasiswa pada pilihan kerja

    2.adalah filsafat ilmu menjadi pangkal dalam pengambilan keputusan yang tepat sehingga bisa memberikan keputusan yang tepat untuk Indonesia dalam mengambil pilihan

    3.mahasiswa harus belajar dan mengerti apa yang dipelajari sehingga dapat mengaplikasikan dengan benar kepada masyarakat dan negara secara benar.

    4.mengembalikan fungsinya dengan cara menciptakan dan menemukan gagasan dan penemuan yang baru bagi masyarakat..

    BalasHapus
  50. Arifatun Muazanah
    802011073


    jawaban TTS filsafat

    1. Menurut saya kebenaran sebagai tanda/ gejala seperti pada kenyataan yang diramalkan oleh Terry Mart yang menunjukkan Indonesia menuju kepada ambruknya peradaban adalah tidak menunaikan tugas khas dan kekaryaan yang spesifik yaitu tidak peduli pada masalah krusial bangsa dan abai pada pembentukan komunitas ilmiah yang berakibat Indonesia mengalami kemunduran ilmu pengetahuan. Dari Task Force on Theachers for Education for All di Bali disimpulkan bahwa pendidikan untuk semua bakal gagal terwujud pada tahun 2015 karena kualitas dan kuantitas guru tidak merata di berbagai daerah. Yang dapat disimpukan Indonesia mengalami pengeroposan proses pendidikan.

    2. Cara filsafat ilmu dan logika menbantu menyelamatkan Indonesia yaitu langkah awal mengurai masalah ini adalah dengan menata ulang kurikulum Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) dengan memberi pembobotan lebih besar pada Mata Kuliah Filsafat Ilmu, Logika, Kemampuan Berbahasa, Metodologi Penelitian, dan Teknik Penulisan Ilmiah. Tenaga akademik, kepustakaan, akses ke sumber, dan fasilitas penunjang lainnya harus ditingkatkan.
    Minimal kombinasi antara kognitifistik, sosialistik dan humanistik agar mahasiswa tidak sekadar belajar tetapi tahu cara belajar. Sebagai bangsa Indonesia harus bersinergi saling memberdayakan diri dengan lebih peduli dan giat kepada setiap usaha pembangunan, pengembangan, dan pemanfaatan ilmu dan dalam riset mendalam dan beragam, publikasi karya ilmiah dan buku yang gencar, dan pengabdian masyarakat yang intensif harus seiring sejalan dengan penguatan melalui MKDU.

    3. Menurut saya yang harus diperankan oleh mahasiswa sebagai bagian dari kelompok menengah di Indonesia untuk menyelamatkan negara kita yaitu sebagai mahasiswa tentunya meningkatkan belajar dengan baik. tapi disamping itu bukan hanya belajar belaka, namun kita mendapat ilmu itu juga harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari kita. Karena kita harus ingat nama untuk bangsa Indonesia supaya bangsa kita ini lebih mementingkan pendidikan bukan untuk mementingkan pekerjaan kelak yang kita dapat saja. karena pekerjaan kelak itu juga kita dapat dari hasil pendidikan kita waktu menjadi mahasiswa dan jangan hanya memikirkan kerjaan kantoran saja.


    4. Secara aksiologis, rakyat diangga tidak dipedulikan ilmuwan, bahkan rakyat dibiarkan menderita sendirian, jadi yang seharusnya dikerjakan filsuf/ilmuwan agar merasa kembali dipedulikan yaitu perlu memberi prioritas pembangunan sumber daya manusia dalam gerakan pembangunan infrastuktur sains. Bersikap optimis lebih baik jika semua temuan tadi menjadi cambuk untuk lebih giat memerbaiki diri demi menyejajarkan diri dengan bangsa-bangsa besar lainnya. Kita juga sebagi ilmuwan harus menyadarkan diri dan sebisa mungkin lebih dekat dengan rakyat untuk mengembangkan ilmu untuk rakyat. Dan memastikan bahwa rakyat adalah sumber dari segala sumber yang baik yang bertujuan untuk menyejahterakan mereka.

    BalasHapus
  51. Jawaban TTS Filsafat Ilmu dan Logika
    Ony Yanuar Putra
    802011058

    1. 'Kebenaran’ sebagai tanda-tanda dari kenyataan yang menunjukkan Indonesia menuju kepada ’ambruknya peradaban sendiri’ seperti yang diramalkan oleh Terry Mart adalah menurut saya,
    -kurangnya kesadaran atas pentingnya dan perlunya pendididkan bagi dirinya sendiri. beranggapan tidak usah melanjutkan pendididkan ke perguruan tinggi, berhentinya sekolah untuk bekerja memenuhi kebutuhan ekonomi sehari-hari, padahal masih dalam usia sekolah.
    -Tidak meratanya pendididkan yang ada di Indonesia.misal di daerah pedalaman pelajaran bahasa inggris dan komputer didapat di jenjeng SMP. padahal di perkotaan pelajaran itu di dapat di jenjang SD.
    -tidak meratanya kualitas guru dan sarana pembelajaran yang ada. sarana harus merata sampai di pedalaman.

    2. Cara Filsafat Ilmu & Logika dapat menyelamatkan Indonesia adalah
    -menjadikan filsafat ilmu dan logika masuk dalam MKDU semua jurusan perkuliahan.
    -meneliti dan merombak kesalahan yang ada di untiversitasnya, pemerintahnya, sistemnya, infrastrukturnya untuk memecahkan masalah ini Perbaikan yang diurai oleh filsafat ilmu dan logika dapat dimulai dari kita mahasiswa yang selama ini hanya berpatokan pada pembelajaran di kelas.
    -menata ulang MKDU dengan memberi pembobotan lebih besar pada Mata kuliah filsafat ilmu, logika, kemampuan berbahasa,metodologi penelitian dan metode penelitian ilmiah. Paradigma proses belajar harus lebih konstruktivistik di banding dengan behavioristik.

    3. Peran Mahasiswa untuk menyelamatkan Indonesia adalah
    -Mahasiswa belajar, mendalami, dan mengembangkan ilmu di bidang masing masing.
    -membantu LSM-LSM untuk membentuk kepribadian masyarakat yang bagus.
    -merubah pemikiran mahasiswa yang setelah lulus kerja di kantoran.setelah lulus membuka usaha untuk kemajuan masyarakat Indonesia.

    4. yang harus dikerjakan para filsuf dan para ilmuwan ialah
    mengembalikan kesadaran masyarakat untuk mementingkan pendidikan dan pembelajaran.
    ilmuan bisa membagikan ilmunya kepada masysrakat agar masyarakat lebih berkembang dan luas pola pikirnya dalam mengambil keputusan.
    secara bersama mendukung seta berperan dalam pembangunan pendidikan yang direncanakan.
    memberikan sarana sarana pelatihan pembelajaran keterampilan kepada masyarakat awam.

    BalasHapus
  52. Nama: ERAH
    NIM : 802011112

    Menurut saya:
    1. Seperti yang telah diramalkan oleh Terry Mart bahwa ambruknya peradaban sendiri dikarenakan kurangnya kesadaran untuk membangun dan memajukan peradaban sendiri.
    faktor-faktor yang mempengaruhi antara lain:
    sifat egoisme,ketidakpedulian terhadap lingkungan maupun orang sekitarnya, selalu menganggap sesuatu itu tidak penting atau meremehkan.
    Akibat:
    pengeroposan terutama dibidang pendidikan dan ilmu pengetahuan, merugikan diri sendiri dan orang lain, merusak lingkungan sekitar,penyimpangan moral,tindak kriminal dsb
    Contohnya:
    - pembangun yang kurang merata khususnya dalam bidang pendidikan baik dari segi kualitas maupun kuantitas terutama masyarakat pedesaan
    - rendahnya mutu pendidikan dan wawasan pengetahuan di Indonesia
    -kasus korupsi yang semakin meningkat
    -banyaknya tauran pelajar serta kemerosotan moral
    sebaiknya:
    pemerintah mengkaji ulang sistem yang berlaku, meningkatkan kualitas SDM,membangun infrastruktur yang layak bagi masyarakat, diberlakukannya pendidikan pengembangan moral dan kecintaan terhadap lingkungan sekitar.

    2.Cara "Filsafat Ilmu & Logika" membantu menyelamatkan Indonesia yaitu dengan menata ulang kurikulum Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) dengan memberi pembobotan lebih besar pada Mata Kuliah Filsafat Ilmu, Logika, Kemampuan Berbahasa, Metodologi Penelitian, dan Teknik Penulisan Ilmiah. Tenaga akademik, kepustakaan, akses ke sumber, dan fasilitas penunjang lainnya harus ditingkatkan. Paradigma proses belajar mengajar harus lebih konstruktivistik ketimbang yang behavioristik. Minimal kombinasi antara kognitifistik, sosialistik dan humanistik agar mahasiswa tidak sekadar belajar tetapi tahu cara belajar. MKDU harus benar-benar menjadi fondasi yang memerkokoh bangunan keilmuan dan penggerak semangat belajar mahasiswa. Tujuan ultimanya, mahasiswa memiliki kesadaran tentang makna kuliah: melayani dunia kerja, mengembangkan ilmu, dan mengabdi kepada rakyat.

    3.Apa peran yang seharusnya dilakukan/dimainkan oleh mahasiswa sebagai bagian dari kelompok kelas menengah di Indonesia untuk menyelamatkan negara mereka?
    -Mahasiswa harus ambil bagian dalam pembangunan nasional mereka harus menuangkan dan mengembangkan ide dan wawasan yang mereka dapat selama ini sehingga berguna bagi banyak pihak.
    -peduli terhadap kondisi bangsa ini
    - mengembangkan potensi diri

    4.Secara aksiologis, rakyat dianggap tidak dipedulikan ilmuwan, bahkan rakyat dibiarkan menderita sendirian, yang sebenarnya harus dikerjakan filsuf atau ilmuwan agar rakyat merasa kembali dipedulikan yaitu dengan :
    - penanaman kembali kepada para masyarakat tentang pengertian dan pendekatan yang harus disepakati bahwa kehancuran peradaban di Indonesia harus diatasi secara bersama
    - pendekatan moral dan kepercayaan diri terhadap kemampuan bangsa
    - membuat kebijkan yang membuat kehidupan rakyat lebih baik
    - membuat lapangan kerja,kesempatan kerja dan subsidi kepada rakyat
    - membantu rakyat yang lemah dan membutuhkan bantuan yang dibutuhkan.

    BalasHapus
  53. Nama:Raymond Mandala
    Nim:802011132

    1. seperti yang sudah di paparkan oleh Terry Mart pada poin di atas bahwa tanda-tanda atau gejala-gejala yang menyebabkan ambruknya peradaban bangsa indonesis itu sendiri dapat kita lihat dengan jelas
    - Dari segi pengetahuan dan pendidikan sendiri dimana Guru-Guru yang di tugaskan atau pun di tempatkan di daerah-daerah terpencil berbeda dengan Guru yang umum nya berada di kota-kota besar. Sehingga segi kuantitas maupun segi kualitas nya tentu juga berbeda bukan? Dimana guru yang ada di kota bias dengan lebih muda memperoleh informasi melalui media internet yang ada,namun guru yang berada di desa sedikit sulit untuk memperoleh informasi atau berita secara cepat karena belum adanya media internet yang masuk ke daerah tersebut. Sehingga terjadinya ketidakseimbangan.
    - Dari segi pembanguna itu sendiri: rendahnya tingkat pembangunan yang ada di Indonesia sehingga sedikit terjadi pengeroposan pada bagian tubuh pembangunan Indonesia dalam hal ilmu pengetahuan. Sehingga sangat perlu kalau pembangunan sains yang ada di prioritaskan.

    2.segera melakukan konsolidasi untuk menguatkan dan membangun ‘sosok’ keilmuan Indonesia yang sinergis dan visioner.
    .di bentuknya komuniutas ilmiah Indonesia yang solid dan bermutu,baik secara kualitas ataupun kuantitas.
    .adanya pemberian kontribusi ilmu pengetahuan agar dapat di rasakan masyarakat secara signifikan.
    .perlunya memberia sebuah prioritas pada sumber daya manusia itu sendiri.

    3.yang harus di lakukan oleh mahasiswa sebagai bagian dari dari kelompok kelas menengah yang ada di indonesia yakni dengan cara:
    -penyadaran diri bahwa bangsa indonesia tlah ambruk dan membutuhkan sebuah pemulihan.
    OPTIMISME.
    .menata ulang mata kuliah dasar umum yang sudah ada sebelum nya dengan memberikan pembobotan lebih besar kepada mata kuliah filsafat ilmu dan logika.
    .paradigma proses belajar mengajar pun harus lebih konstruktuvistik dari pada behavioristik.
    .MKDU harus benar-benar menjadi fondasi yang memerkokoh bangunan keilmuan dan penggerak semangat belajar mahasiswa. Tujuan ultimanya, mahasiswa memiliki kesadaran tentang makna kuliah: melayani dunia kerja, mengembangkan ilmu, dan mengabdi kepada rakyat.
    .mahasiswa harus ikut campur tangan di dalam pembentukan pembangunan ilmu pengetahuan yang ada.
    serta turut mengembangkan nya.
    karena disini peran mahasiswa sangat penting dan bukan saja mahasiswa tapi kita semua orang indonesia.
    4.yang harus di lakukan oleh filusuf agar rakyat merasa kembali di pulihkan ialah engan cara menanamkan ke pikiran masyarakat bahwa kesejateraan seta pembangunan yang ada ini milik kita bersama.
    baik pendidikan ataupun yang lain nya.
    dengan hal ini rakyat merasa mereka berperan penting di dalam pembanguna kembali indonesia yang tlah ambruk tadi.
    sayta sedikit berikan contoh:dalam pertandingan sepakbolah kita semua di dalam saling membutuhkan 1 dengan yang lai nya.
    kita tdk dapat bermain sendiri kita memerlukan partner kerja yang bisa membantu kita.
    dengan ini kita bisa menecetak gol ke gawang lawan.
    demikian dalm hal ini masyarakat dan kita semua berperan penting dalam mencetak gol ke gawang lawan dalam arti sebenarnya pemuliahn bagi INDONESIA.
    Tuhan Yesus memberkati kita semua.

    BalasHapus
  54. Maria Agustina Theodora
    802011110

    1.Menurut saya tanda dan gejala ambruknya indonesia terlihat pada tingkat pendidikan yang sangat betolak belakang karena adanya perbedaan yang sangat siknifikan yang tidak merata di indonesia yang menyebabkan kegagalan yang sangat besar, dan membuat kemunduran yang sangat mendalam dalam bidang pendidikan.

    2.Menurut saya Filsafat Ilmu & Logika dapat membantu dalam mencari titil pangkal permasalahan yang menyebabkan kemunduran tersebut. Dan melalui pengujian yang tepat sehingga tidak terjadi penyalahan dan pelemparan tanggung jawab yang tidak usai- usai. Sehingga dapat menemukan titik temu sehingga dpat menyelesaikan permasalahan yang ada.

    3.Menurut saya mahasiswa harus lebih mendalam untuk mempelajari MKDU karna dapat membangun semangat dan memperkokoh ilmu. Dan mahasiswa harus ikut serta dalam membangun bangsa indonesia dalam dunia pendidikan agar tidak terjadi lagi
    kemunduran.

    4.Menurut saya yang harus di lakukan filsuf atau ilmuan adalah berupaya membuka jalinan dengan oang awam dan memberi pengertian pada mereka tentang pentingnya ilmu bagi masa depan dan membantu mereka dengan mengajarkan ilmu- ilmu. Dan memberikan kesejahteraan pada orang awam yang selama ini menunggu pertanggung jawaban atas semua keterpurukan, sehingga mereka tidak merasa adanya jarak antara orang awam dan ilmuan.

    BalasHapus
  55. NAMA : AYU LESTARI SAPUTRI KIDING
    NIM : 802011123

    1) “kebenaran” sebagai tanda–tanda atau gejala-gejala dari kenyataan yang menunjukan Indonesia menuju kepada “ambruknya peradabannnya sendiri” seperti yang diramalkan Terry Mart ialah bila di tinjau dari segi pendidikan, terjadinya kemerosotan & tidak meratanya pengetahuan dan pendidikan di Indonesia ini yang disebabkan oleh kurangnya kualitas dan kuantitas pengajar dan keterbatasan kemampuan intelektual dari pebgajar tersebut yang terjadi di hampir setiap daerah. Disamping itu salah satu masalah dari dunia pendidikan ini adalah guru-guru yang mengajar di daerah-daerah terpencil kurang mendapat dukungan dan perhatian dari masyarakat terutama dari pemerintah guna menunjang dari segi sarana dan prasarana dalam mendukung kelancaran dalam pendidikan tersebut. Dari segi moral kita dapat melihat secara gamblang bahwa nilai moral yang berlaku di Indonesia ini, misalnya pada kalangan generasi muda yaitu cikal bakal pemimpin bangsa melakukan tawuran-tawuran, seks bebas, gaya hidup yang instant, narkoba, alcohol yang kian hari menjadi sahabat dari generasi sekarang ini, hal ini menunjukan bahwa nilai moral yang kita anut secara berangsur-angsur mulai bobrok. Dan yang paling menyedihkan bahwa nilai keadilan di Negara hukum ini hanya berlaku bagi kalangan-kalangan yang memiliki kedudukan dan jabatan saja.
    2) Cara filsafat ilmu & logika dalam membantu menyelamatkan Indonesia adalah misalnya dari segi dunia perkuliahan dengan cara menata ulang system kurikulum mata kuliah dasar umum(MKDU) dengan memberikan pembobotan lebih besar pada mata kuliah filsafat ilmu, logika, kemampuan berbahasa, metodologi penelitian dan teknik penulisan ilmiah serta meningkatkan sarana dan prasarana yang menunjang misalnya kepustakaan, akses ke sumber, fasilitas-fasilitas penunjang dan tenaga akademik. Serta menentukan titik pangkal landasan ilmu: mengenai apa,bagaimana, dan untuk apa ilmu itu disusun.
    3) Peran yang seharusnya dilakukan/dimainkan oleh mahasiswa sebagai bagian dari kelompok kelas menengah di Indonesia untuk menyelamatkan Negara ialah mulai dari diri mahasiswa itu sendiri, yaitu meningkatkan motivasi dalam belajar, mengembangkan potensi yang dia meliki kearah yang positif, kritis dan bijak dalam melihat segala hal yang terjadi dalam kehidupan ini dan kemudian menyingkirkan pemikiran bahwa dunia perkuliahan itu hanyalah sekedar untuk melaksanakan kegiatan perkuliahan-tamat-mendapatkan ijiasah untuk melamar pekerjaan,dll; karena seharusnya kita memiliki kesadaran tentang makna kuliah adalah untuk melayani dunia kerja,pengembangan ilmu dan pengabdian kepada masyarakat dan Negara.
    4) Yang harus dikerjakan filsuf atau ilmuwan agar rakyat merasa kembali dipedulikan adalah melakukan pendekatan guna memberi pengertian bahwa kehancuran peradapan di Indonesia harus diatasi bersama oleh semua elemen masyarakat dan salah satu jalan penyelesaiaanya adalah dengan ilmu,teknologi dan sumber daya manusia yang berkualitas yang berguna dalam menunjang kehidupan di era globalisasi sekarang ini. Dan bagi kita generasi muda semustinya dan seharusnya menunjukan rasa cinta pada tanah air Indonesia dengan cara belajar dan meningkatkan potensi kita semaksimal mungkin untuk mengejar ketinggalan kita di bandingkan Negara-negara lain agar penjajahan-penjajahan baik dari dalam dan luar Negara dapat dihentikan dan tidak akan kita rasakan lagi.

    BalasHapus
  56. Yani Puspitasari
    802011032
    Fak. Psikologi
    1. Kebenaran sebagai tanda-tanda dan gejala-gejala yang saya lihat dari banyaknya kenyataan tentang Indonesia yang menuju ambruknya peradaban sendiri ( diramalkan Terry Mart) yaitu Saya sebagai mahasiswa melihat bahwa ilmu pengetahuan di Indonesia semakin ambruk atau mengalami kemunduran. Ini disebabkan oleh beberapa hal antara lain: guru selaku pendidik yang kualitas dan kuantitasnya masih dipertanyakan atau pendidikan yang tidak merata di setiap wilayah, fakta bahwa kontribusi ilmu belum dirasakan masyarakat secara signifikan (sepenuhnya), kemunduran ilmu pengetahuan yang disebabkan oleh sivitas akademika yang tidak menunaikan tugas khas dan kekaryaannya yang spesifik, tidak adanya komunitas ilmiah Indonesia yang solid dan bermutu, Rendahnya Indeks Pembangunan Pendidikan di Indonesia, serta perlunya memberi prioritas pembangunan sumber daya manusia dalam gerakan pembangunan infrastruktur sains(ilmu pengetahuan).
    2. Cara Filsafat Ilmu dan Logika membantu menyelamatkan Indonesia yaitu dengan mengambil titik pangkal sebagai penentu pengambilan keputusan yang tepat. Misalnya melakukan Langkah awal mengurai masalah ini adalah dengan menata ulang kurikulum Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) dengan memberi pembobotan lebih besar pada Mata Kuliah Filsafat Ilmu, Logika, Kemampuan Berbahasa, Metodologi Penelitian, dan Penulisan Ilmiah. Tenaga akademik, kepustakaan, akses ke sumber dan aktivitas penunjang lainnya harus ditingkatkan. Paradigma proses belajar mengajar harus lebih konstruktivistik ketimbang yang behavioristik. Minimal kombinasi antara kognifistik, sosialistik dan humanistik agar mahasiswa tidak sekadar belajar tetapi tahu cara belajar. MKDU harus benar-benar menjadi fondasi yang memperkokoh bangunan keilmuan dan pengerak semangat belajar mahasiswa.
    3. Peran yang seharusnya dilakukan oleh mahasiswa yaitu saya sebagai mahasiswa dari kelompok kelas menengah diIndonesia ini dengan cara melakukan perubahan pada cara pandang dalam pemikiran dan tujuan mahasiswa dalam menuntut ilmu. Pada awalnya kebanyakan mahasiswa yang datang dari pelosok daerah berpikir menuntut ilmu untuk mendapatkan pekerjaan dan memperoleh penghasilan yang lebih baik dibandingkan dengan lulusan SMA/SMK. Sehingga pemikiran tersebut harus diubah menjadi pemikiran yang berpikir ilmu yang kita dapat dari menuntut ilmu diperkuliahan dapat diterapkan dalam dunia kerja atau kehidupan kita dimasa depan, jadi kita dapat membangun Negara Indonesia ini agar terhindar dari kemunduran yang mengarah pada ambruknya Negara terutama dalam bidang ilmu pengetahuan.
    4. Yang harus dkerjakan filsuf atau ilmuwan agar rakyat merasa kembali dipedulikan yaitu dengan mmberikan berbagai penyuluhan dan pengabdian masyarakat agar mereka merasa diperdulikan. Pengabdian dan penyuluhan pada masyakat itu dapat berupa memberikan pembelajaran pada masyarakat yang mampu atau tidak mampu dapat mengerti ilmu pengetahuan lebih baik, memberikan sumbangan dalam bentuk apapun seperti memberikan pelatihan ketrampilan kepada masyarakat, dan lain sebagainya.

    BalasHapus
  57. Ayu Cahya Kharisma
    802011010

    1. Menurut saya, tanda-tanda atau gejala-gejala yang menunjukkan Indonesia menuju kepada 'ambruknya peradabannya sendiri" :
    - Masyarakat belum merasakan kontribusi ilmu secara signifikan.
    - Kehancuran peradaban Indonesia yang potensial akibat kemunduran ilmu pengetahuannya.
    - Sivitas akademika tidak menunaikan tugas khas dan kekaryaannya yang spesifik, yaitu tak peduli pada masalah krusial bangsa dan abai pada pembentukan komunitas ilmiah.
    - Tidak adanya komunitas ilmiah Indonesia yang solid dan bermutu.
    - Kualitas dan kuantitas pengajar tidak merata di setiap wilayah.
    - Rendahnya Indeks Pembangunan Pendidikan di Indonesia.

    2. Cara "Filsafat Ilmu & Logika" membantu menyelamatkan Indonesia :
    - Menata ulang kurikulum Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) dengan memberi pembobotan lebih besar pada Mata Kuliah Filsafat Ilmu dan Logika, Kemampuan Berbahasa, Metodologi Penelitian, dan Teknik Penulisan Ilmiah.
    - MKDU (Filsafat Ilmu dan Logika) harus benar-benar menjadi fondasi yang memerkokoh bangunan keilmuan dan penggerak semangat belajar mahasiswa.
    - Paradigma proses belajar mengajar harus lebih konstruktivistik ketimbang yang behavioristik.
    - Minimal kombinasi antara kognitifistik, sosialistik dan humanistik agar mahasiswa tidak sekadar belajar tetapi tahu cara belajar.

    3. Peran mahasiswa sebagai bagian dari kelompok kelas menengah di Indonesia untuk menyelamatkan negara :
    - Mahasiswa memiliki kesadaran tentang makna kuliah: melayani dunia kerja, mengembangkan ilmu, dan mengabdi kepada rakyat.
    - Mahasiswa harus belajar dengan sungguh-sungguh agar dapat menjadi pemimpin yang bisa membawa Indonesia ke arah yang lebih baik.

    4. Yang harus dikerjakan filsuf atau ilmuwan agar rakyat merasa kembali dipedulikan :
    - Ilmuwan tidak seharusnya membenamkam diri ke dalam riset eksperimental atau laboratorium, sehingga rakyat tidak merasa ditinggalkan bahkan ditelikung.
    - Ilmuwan seharusnya memberikan sumbangsih penad bagi kesejahteraan rakyat.
    - Ilmuwan juga harus bertanggung jawab dengan tidak terjun ke dunia praktis pragmatis.

    BalasHapus
  58. Grace Paramythia
    802011009
    1. “Kebenaran “ dari kenyataan apa yang terjadi di negeri ini menuju kepada “ambruknya peradabannya sendiri” merupakan pr kita sebagai masyarakat Indonesia untuk bisa mengatasi hal ini. Fakta yang terjadi di dalam kehidupan bangsa ini semakin hari semakin membuat kemunduran dalam tingkat moral dan etika. Misalnya saja dalam dunia pendidikan. Pelajar yang seharusnya mempunyai tugas untuk belajar dan menerapkan hasil dari pembelajarannya untuk membangun masa depan negeri ini semakin melenceng dari tujuan tersebut akibat keinginan untuk cepat lulus dan bekerja. Akhir-akhir ini yang menjadi fokus utama pendidikan adalah nilai yang bagus bukan proses dari pencapaian nilai tersebut. Akhir-akhir ini pendidikan moralitas yang seharusnya paling banyak diajarkan di sekolah dan juga di dalam keluarga sudah sangat berkurang yang ditunjukkan dari semakin banyaknya generasi muda yang semakin melenceng dari tujuannya untuk belajar. Tauran, pemerasan, ketidakjujuran, dan tindakkan tidak bermoral lainnya yang di lakukan oleh para pelajar di negeri ini adalah kebenaran yang tidak di inginkan. Karena itu sangatlah penting untuk mengajarkan dan juga menerapkan nilai-nilai moral dalam kegiatan belajar-mengajar agar yang di asah bukan hanya kepintaran saja namun juga kepribadian diri sendiri.
    2. Mahasiswa yang mempelajari “Filsafat Ilmu & Logika” diharapkan dapat mencari dan mempelajari akar yang menjadi titik pangkal dari suatu masalah yang dihadapi bangsa ini untuk dapat memecahkan masalah tersebut.
    3. Mahasiswa sebagai kelompok kelas menengah di Indonesia yang mempunyai tujuan utama untuk melayani dunia kerja, mengembangkan ilmu pengetahuan dan mengabdi kepada masyarakat. Dengan demikian mahasiswa tidak hanya menyibukkan diri untuk mendapatkan nilai yang baik atau menjadi tenaga kerja yang handal tetapi juga kembali ke eksistensisnya. Sehingga dengan mengembangkan ilmu mahasiswa diharapkan dapat menyelamatkan negeri ini ambruknya negeri ini akibat kemerosotan ilmu pengetahuan.
    4. Banyak filsuf atau ilmuwan yang hanya bekerja di dalam riset eksperimental atau laboratorium dan mengembangkan ilmu tapi tidak memberi sumbangsih bagi kesejahteraan masyarakat. Ilmuwan diharapkan dengan berbagai pengetahuan yang mereka miliki bisa menyumbangkan pengetahuannya untuk mensejahterakan rakyak bukan hanya untuk kepentingan diri sendiri agar menjadi terkenal dengan titel, gelar, ataupun tingkat pendidikan yang sudah diperolehnya. Karena bila tidak ada penyumbangan pengetahuan untuk mensejahterakan rakyat dari pelajar, filsuf ataupun ilmuwan yang salah satu tujuannya adalah untuk mengabdi kepada rakyat maka pemasokkan ilmu pengetuhan untuk di terapkan dalam usaha meningkatkan kesejahteraan masyarakat akan terhambat. Padahal di masa globalisasi ini dimana semuanya serba cepat dan instan rakyat membutuhkan bantuan ilmu pengetahuan untuk meningkatkan produktivasnya supaya tidak kalah saing dalam perkembangan zaman.

    BalasHapus
  59. Nama : Amy Febriani
    NIM : 802011018


    1.Kebenaran dan kenyataan tentang keadaan Indonesia dengan yang dihubungkan oleh pendapat Terry Mart memang dapat di hasilkan mengalami kemunduran dalam bidang ilmu pengetahuan. Meski masih banyak kontrofersi, namun saya sendiri dapat melihat Indonesia memang sedang dalam krisis, tidak hanya dalam ekonomi, namun juga dalam bidang pendidikan/pengetahuan. Bila Indonesia dikatakan mengalami kemunduran, “Iya” saya setuju. Karena dari berbagai aspek, Indonesia masih mengalami kekalahan dalam pengetahuan bila dibandingkan dengan Negara lain.
    Gejala yang saya lihat, lebih nyatanya adalah bila dalam presentase kelulusan siswa dalam Ujian Nasional, baik dari tingkat dasar hingga tingkat menengah atas. Bisa kita lihat, hampir sebagian siswa/siswi Indonesia saat menerima hasil kelulusan adalah 0% siswa lulus. Terlihat bahawa aspek pendidikan/pengetahuan Indonesia masih dirasa sangat kurang, dan makin lama mengalami kemunduran.

    2.Bila kita berbicara tentang filsafat Ilmu dan Logika, dapat kita lihat berbagai macam pandangan tentang “Ilmu” dan “Pengetahuan”. Dan dari filsafat ilmu juga logika itu sendiri dapat membantu Indonesia dengan lebih lagi menata kurikulum mata kuliah dasar umum (MKDU). Agar terdapat combine juga balance antara kognitifistik, sosialistik dan humanistic dalam pembelajaran. Sehingga mahasiswa dapat belajar dengan lebih baik, tidak sekedar tahu, tapi lebih mengerti dan memahami apa yang mereka dapat.

    3.Peran mahasiswa yang terpenting adalah, mereka harus lebih aktif (kognitif) juga memiliki pemikiran lebih kritis akan suatu bidang juga aspek yang mereka jalani. Tidak hanya dalam segi pikiran, namun juga tindakan. Sehingga terjadi balance antara keduanya untuk mendukung lebih majunya suatu pembelajaran.

    4.Selama ini rakyat merasa bahwa ilmu itu tidaklah penting dalam mendukung kehidupan. Padahal bila kita lihat, jaman kini makin maju dan berkembang, dan itu belum bisa membuat rakyat lebih berfikir maju untuk mengetahui apa pentingnya suatu ilmu bagi mereka. Tugas filsuf adalah, lebih memajukan dan meyakinkan rakyat dengan bekerja sama dengan pemerintah untuk menanamkan pemikiran kepada rakyat bahwa ilmu itu berguna bagi kehidupan rakyat. Salah satunya adalah dengan mengadakan penyuluhan pendidikan secara terbuka, sehingga rakyat yang belum jauh mengerti akan ilmu, merasa lebih di pedulikan dengan adanya penyuluhan tersebut.

    BalasHapus
  60. Nama : Dewi Agrianti Ralampi
    NIM : 802011074


    Jawaban TTS Filsafat Ilmu dan Logika

    1. "Kebenaran' sebagai tanda-tanda atau gejala-gejala seperti apa yang Anda lihat dari begitu banyaknya kenyataan yang menunjukkan Indonesia menuju kepada 'ambruknya peradabannya sendiri" seperti yang diramalkan Terry Mart yaitu apabila bangsa Indonesia secara terus-menerus menganggap remah pendidikan maka pendidikan di Indonesia akan benar-benar ambruk. Contohnya saja, zaman sekarang para lulusan baik SD, SMP, SMA bahkan perguruan tinggi pun kebanyakan lebih menomor satukan ijazah kelulusan daripada ilmu yang didapat. Maka dapat disimpulkan bahwa para generasi muda Indonesia tidak lagi memikirkan pentingnya pendidikan, malah menganggap pendidikan itu hanya sebatas formalitas belaka. Kebanyakan dari para pelajar Indonesia lebih mementingkan hura-hura daripada pendidkan yang sebenarnya sangat penting bagi kehidupan mereka. Hal ini juga menunjukan bahwa mereka masih memiliki sifat egoism terhadap negara sendiri. Yang dimaksud dengan egoisme disini yaitu tidak mau memberikan sesuatu yang baru untuk negara demi kemajuan bersama di bidang pendidikan.
    Tetapi, kemerosotan pendidikan juga tidak sepenuhnya salah dari para pelajar. Hal ini juga tergantung dari kualitas dan kuantitas pengajar serta pemerataan pengajar yang berkualitas di seluruh tanah air. Hal ini juga butuh dukungan dari para pemerintah. Para guru sebenarnya lebih membutuhkan perhatian yang lebih dari para pemerintah, untuk memebantu mereka dalam memberikan pendidikan yang layak bagi anak-anak kurang mampu yang tinggal di pedalaman. Seperti memberikan pelatihan yang lebih untuk para guru tersebut atau memberikan bantuan (guru profesional tambahan) dari pusat.

    2. Mata kuliah Filsafat Ilmu dan Logika seharusnya di tambah pembobotannya pada perkuliahan. Agar para mahasiswa memiliki kesadaran tentang makna kuliah: melayani dunia kerja, mengembangkan ilmu, dan mengabdi kepada rakyat. Sehingga dengan cara seperti ini, mata kuliah Filsafat Ilmu dan Logika telah turut membantu menyelamatkan Indonesia.

    3. Peran yang seharusnya dilakukan/dimainkan oleh mahasiswa sebagai bagian dari kelompok kelas menengah di Indonesia untuk menyelamatkan negara yaitu lebih memperdalam ilmu pendidikan dengan cara giat belajar, meningkatkan rasa keingintahuan, meningkatkan minat membaca, agar para mahasiswa menjadi sadar akan pentingnya ilmu pengetahuan demi kemajuan pendidikan bangsa dan negara pun akan terselamatkan.

    4. Para Filsuf tentu pada awalnya harus melakukan pendekatan dengan para rakyat dengan cara yang wajar dan baik-baik. Kemudian memberikan penjelasan yang jelas tentang pendidikan. Dan yang penting, para ilmuwan kembali menciptakan penemuan-penemuan yang bergunna dan bermanfaat bagi kehidupan masyarakat. Sehingga dengan cara seperti ini, masyarakat merasa bahwa para ilmuwan peduli terhadap mereka.

    BalasHapus
  61. TTS FILSAFAT ILMU & LOGIKA
    Nama : Andika Nur Puspitasari
    NIM : 802011114

    1.) Menurut saya, tanda-tanda atau gejala-gejala yang menyebabkan ambruknya peradaban INDONESIA yaitu dimana INDONESIA mengalami kemunduran khususnya dalam bidang ilmu pengetahuan, hal itu juga terjadi dikarenakan runtuhnya kejujuran dan karakter pendidikan di Indonesia.
    contohnya pada khusus yang belum lama terdengar oleh kita hanya karena sikap jujur untuk menyatakan ketidakbenaran atas pelaksanaan ujian nasional, akhirnya mereka yang bersikap jujur dinyatakan bersalah.

    2.)cara filsafat ilmu & Logika membantu menyelamatkan ialah dengan cara menemukan titik permasalah yang merupakan penyebab dan menentukan pengambilan keputusan serta menjelaskannya berdasarkan pada tiga landasan ilmu, yakni Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi.

    3.) Peran mahasiswa untuk menyelamatkan INDONESIA adalah
    * Mahasiswa tidak hanya mempelajari teori-teori saja melainkan juga bisa mempraktikkan kedalam kehidupan sehari-hari dalam lingkup keluarga maupun masyarakat.
    * Mahasiswa juga harus bersikap / berfikir kritis terhadap kemunduran-kemunduran yang saat ini tejadi.
    * Dan mahasiswa dapat berpartisipasi aktif dalam menyelamatkan / membangun Indonesia.

    4.) Yang harus dikerjakan filsuf atau ilmuwan agar rakyat merasa kembali diperdulikan adalah bekerjasama dengan pemerintah untuk dapat memberikan penyuluhan pendidikan kepada masyarakat, khususnya masyarakat terpencil dan menanamkan pola pikir kritis kepada masyarakat akan pentingnya pendidikan, serta mencari solusi yang tepat untuk kemajuan Indonesia.

    BalasHapus
  62. Nama : Lusia Sukma Dewi
    Nim : 802010056
    1. Yang menjadi penanda adalah ketika pendidikan gagal terwujud di karenakan kualitas dan kuantitas guru tidak merata di antara daerah. Kurang nya tenaga pengajar di daerah pelosok dan terbatasnya kemampuan intelektual tenaga pengajar menjadi salah satu contoh gejala-gejala meuju ambruknya peradaban sendiri. Selain itu kurangnya prioritas pembangunan sumber daya manusia dalam gerakan pembangunan infrastuktur sains.
    2. Dengan member pembobotan lebih besar pada mata kuliah Filsafat Ilmu, Logika, Kemampuan Berbahasa, Metodologi Penelitian, dan Teknik Penulisan Ilmiah. Paling tidak ada kombinasi antara kognitifistik, sosialistik dan humanistik agar mahasiswa tidak sekadar belajar tetapi tahu cara belajar.
    3. Untuk saat ini mahasiswa harus bersinergi saling memberdayakan diri dengan lebih peduli dan giat kepada setiap usaha pembangunan, pengembangan, dan pemanfaatan ilmu. Peka terhadap lingkungan, mengembangkan ilmu yang telah didapat serta memperluas wawasan.
    Untuk masa depan, bagi saya, saya bermimpi untuk bisa menjadi tenaga kerja dalam dunia pendidikan di Indonesia. Saya ingin mengabdi dan membagikan wawasan kepada mereka yang ‘minim’ pendidikan dan yang benar-benar ingin berkembang.
    4. Perlu adanya penanaman pola pikir pada masyarakat bahwa pendidikan sangatlah penting untuk masa depan. Meskipun berbekal keahlian, namun perlu untuk dikembangkan dan untuk memperbaiki pendidikan di Indonesia. Pendidikan tidak hanya untuk dunia pekerjaan nantinya (meskipun ‘iya’ adanya), namun untuk pembekalan diri dan orang lain yang kurang mampu berpendidikan. Sehingga, tidak ada yang tak dipedulikan. Perlu pula, tenaga kerja pendidik, yang benar-benar berkualitas, dan mampu menjadi pelayan bagi mereka yang ingin mengasah ilmu, dan wawasannya.

    BalasHapus
  63. TTS FILSAFAT ILMU & LOGIKA
    Nama : Danti A.S
    NIM : 802011108

    1.) Tanda-tanda atau gejala-gejalanya menurut saya adalah kehancuran peradaban Indonesia potensial akibat kemunduran ilmu pengetahuan, antara lain diakibatkan oleh sivitas akademik yang tidak menaikan tugas khas dan kekaryaannya yang spesifik, tidak adanya komunikasi ilmiah indonesia yang solid dan bermutu serta kwalitas dan kualitas pengajar tidak merata disetiap wilayah dan rendahnya indeks pembangunan pendidikan indonesia.

    2. cara filsafat ilmu dan logika membantu menyelamatkan indonesia adalah menguji dan mencari untuk mengetahui akar permasalahannya yang menjadi titik pangkal musibah kemunduran peradaban indonesia.dan memeriksa kebenerannya secara subyektif dapat saja sembarang elemen atau subjek dipilih ilmuwannya,universitasnya, pemerintahannya, sistemnya dan infrastrukturnya.

    3.dengan cara menata ulang kurikulum dasar lebih besar pada mata kuliah filsafat dan logika. serta mahasiswa dapat mempraktikkan teori-teori yang telah didapat dalam kehidupan sehari-hari(masyarakat.

    4. seharusnya para filsuf dan ilmuwan memberikan sumbangsih penad bagi kesejahteraan masyarakat. pesimis dan optimis terhadap masa depan bangsa, dan kita harus sepakat proses kehancuran peradaban indonesia merupakan masa masalah kita bersama yang harus dicari solusi penyelesainnya.

    BalasHapus
  64. Nama : Aprilina Gustiyani
    NIM : 802011103


    1. “Kebenaran” yang ditujukan sebagai tanda-tanda seperti yan g saya lihat pada kasus diatas bahwa sekarang ini Indonesia sedang mengalami kemunduran. Ambruknya peradaban Indonesia sendiri yang sebagaimana sudah diramalkan oleh terry Mart yaitu bahwa Indonesia mengalami kemunduran diakibatkan karena landasan-landasan pengetahuan dan teori yang diberikan pada generasi penerus bangsa kurang diperhatikan dan dilaksanakan dengan baik sebagaimana mestinya. Bagaimana kualitas dan kuantitas para pelajar dan pengajar sekarang ini. Terry Mart menyatakan bahwa kesejahteraan Indonesia belum semua dinikmati oleh rakyatnya sendiri. Karena itu Mart berfikir bahwa kesalahan berada di akademik yang menjadi pondisi kokoh atau tidaknya suatu Negara karena pengetahuan yang dimiliki oleh rakyat-rakyatnya sendiri untuk berusaha lebih memajukan Indonesia.
    2. Menurut pendapat saya cara Filsafat Ilmu dan Logika untuk membenahi keadaan Indonesia pada kasus diatas adalah seperti apa yang sudah menjadi tujuan utama dari Filsafat ilmu dan Logika yang sudah diketahui, disini berperan sebagai ilmu yang mencari kebenaran dengan cara terbuka yang dengan system menyeluruh (mencari segala kebenaran untuk kasus dalam menyelamatkan Indonesia ini dengan memandang dari semua sudut pandang orang-orang yang berfikir maupun terlibat dengan kasus ini). Selain cara tersebut . Filsafat Ilmu dan Logika juga mengulas kasus ini dengan tuntas sedalam-dalamnya dari satu sebab ke sebab yang lainnya. Yang pertama dilakukan mungkin dengan cara mengidentifikasi apa sesungguhnya akar permasalahan dari kasus tersebut.
    3. Sebagaimana mahasiswa adalah sebagai pengembang dan pengamal ilmu maka berusahalah untuk lebih bias mengerti bagimana akademik yang ada di Indonesia sekarang ini agar pengamalannya lebih diperbagus lagi. Mahasiswa tidak boleh hanya sekedar belajar tetapi dia juga harus tau bagaimana belajar yang baik. Selain itu mahasiswa harus punya kesadaran yang lebih dengan segala kondisi yang ada di Indonesia sekarang ini untuk memperbaikinya.
    4. Filsuf mungkin lebih menekankan dunia pendidikan agar semua lapisan masyarakat bisa mengerti apa itu pendidikan yang sebenarnya. Selain itu filus dan ilmuwan memberikan sumbangsih ilmunya kepada masyarakat agar masyarakay itu sendiri peka terhadap apa yang sebenarnya terjadi di Indonesia sekarang ini. Dengan cara itu masyarakat biasa dan para filsuf bisa memajukan Indo kembali bersama-bersama

    BalasHapus
  65. Nama : Dhian Pramitha Sari
    NIM : 802011702
    1. menurut pendapat saya kebenaran dan kenyataan yang menunjukkan Indonesia menuju kepada ambruknya peradabannya sendiri terutama dalam bidang ilmu pengetahuan dipengaruhi oleh kurangnya perhatian dari pemerintah mengenai bidang pendidikan. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pemberitaan di media mengenai buruknya dunia pendidikan di indonesia.
    Dalam pembangunan di bidang pendidikan yang dilakukan saat ini prosesnya tidak merata dan banyak aspek yang terlewatkan, beberapa diantaranya adalah :
    - infrastruktur pendidikan (bangunan sekolah dan fasilitas penunjang) yang dapat dikatakan masi sangat jauh dari layak untuk di beberapa daerah pelosok-pelosok. Banyak bangunan sekolah yang ambruk dan butuh perbaikan
    - buku-buku dan penunjang pendidikan lainnya yang masi sangat jarang dijumpi di daerah pelosok.
    - kesejahteraan pengajar yang tidak diperhatikan, sehingga tidak jarang untuk daerah-daerah pelosok sangat kekurangan tenaga pengajar yang berkompeten karena mereka tidak mendapatkan kesejahteraan yang layak ketika mereka ditempatkan di daerah pelosok.
    - penetapan aturan dari dinas pendidikan yang terkesan mencoba-coba, aturan yang ada seringkali berubah-ubah yang secara langsung sangat berdampak pada kondisi pendidikan di indonesia.
    - penyaluran dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) yang banyak mengalami kebocoran dimana-mana sehingga penggunaannya banyak yang tidak tepat sasaran dan melenceng dari tujuan utamanya.
    Tetapi kita sendiri tidak dapat hanya menyalahkan pemerintah, kembali kepada pribadi masing-masing tentang rasa tanggung jawab kita sebagai warga negara indonesia. Kesadaran masing-masing individu juga sangat penting terhadap kemajuan ilmu pengetahuan di indonesai.
    Sebagai contoh seorang pejabat yang melakukan korupsi terhadap dana pendidikan (salah satu contohny adalah dana BOS) maka dapat kita lihat secara langsung dia tidak bertanggung jawab terhadap tugas yang menjadi tanggung jawab dan kepercayaan yang diberikan kepadanya. Sehingga bangsa indonesia tidak hanya mengalami kemunduran dalam bidang ilmu pengetahuan saja, tetapi juga dibarengi dengan kemunduran moral dari individu-individu yang mempunyai kekuasaan tetapi menyalah gunakan kekuasaaannya tersebut.
    2. Cara Filsafat ilmu dan Logika membantu menyelamatkan Indonesia adalah dengan cara mereshufle kembali Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) dan mata kuliah Filsafat Ilmu dan Logika lebih banyak pembahasan kearah bagaimana agar mahasiswa bisa membantu menanginya tidak hanya itu saja menurut saya para filsuf-filsuf juga harus turut serta mengembangkan ilmu filsafat ilmu dan logika dan kemudian bekerjasama dengan pemerintah agar pemerintah dan para filsuf dapat menangani kasus-kasus yang terjadi di masyarakat dan berdasarkan pada tiga landasan ilmu, yakni Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi.
    3. Menurut saya, peran yang harus dilakukan / dimainkan oleh mahasiswa sebagai bagian dari kelompok kelas menengah di Indonesia untuk menyelamatkan negara adalah dengan mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya sehingga kita sebagai generasi muda tidak kalah bersaing dengan negara asing. Selain itu sebagai generasi muda kita juga mempunyai hak dalam menyampaikan pendapat dan aspirasi, dan memberikan contoh baik kepada masyarakat luas bagaimana seharusnya kita bertingkah laku dalam menyampaikan pendapat dan aspirasi kepada pihak pemerintah.
    4. Menurut pendapat saya Filsuf harus lebih mempedulikan rakyat dan ilmuwan harus lebih peduli terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan lebih mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki dan melibatkan masyarakat dalam pengetahuannya agar masyarakat lebih merasa dipedulikan oleh para ilmuwan/filsuf.

    BalasHapus
  66. jawaban TTS filsafat dan ilmu logika

    Nama:RIBKA SINTAKU DEWI
    Nim:802011081

    1.menurut saya yang menjadi penyebab ambruknya peradapan indonesia yang mana indonesia sudah sangat jauh tertinggal dari negara lain.terutama dalam pendidikan.Dan hal ini lah yang memicu berbagai hal seperti kemiskinan.

    2.cara filsafat ilmu dan logika menyelamatkannya yaitu dengan mencari titik pangkal dari permasalahan dengan menggunakan tiga landasan ilmu:Ontologi,Epistemologi,dan Aksiologi.

    3.seorang mahasiswa tidak hanya berteori.tetapi harus mampu melakukan hal yang berguna untuk masyarakat ataupun negara.
    lebih peka dan peduli pada keadaan di sekitarnya.

    4.yang harus dilakukan filsuf dan ilmuwan yaitu dengan lebih memperhatikan masyarakat yang kurang mendapat penidikan yang layak.dan juga memberikan penyuluhan-penyuluhan akan pentingnya arti pendidikan

    BalasHapus
  67. jawaban TTS fisafat
    NAMA:YUANITA wijayanti
    NIM:802011072

    1.karena pendidikan bakal gagal terwujud pada 2015 karena kualitas dan kuantitas guru yang tidak merata di daerah dan kurangnya kejujuran dan tanggung jawab pada para menteri-menteri dan meledaknya korupsi di indonesia dan kemiskinan yang merajarela
    2.cara filsafat iimu dan logika membantu menyelamatkan indonesia dengan usaha pembangunan,pengembangan dan pemanfaataniimu dan mata kuliah filsafat untuk lebih mendalam lagi materinya dengan bahasa yang lebih berbobot.
    3.dengan cara mahasiswa lebih giat belajar dan dengan cara menata ulang kurukulum mata kuliah dasar umum dan mahasiswa harus bisa mempraktekan iimu filsafat dalam kehidupan sehari-hari
    4.seharusnya para filsuf dan ilmuwan lebih memperhatikan rakyat dan lebih bisa lebih bertanggung jawab kepada rakyat dan seharusnya para ilmuwan tidak terjun di dunia praktis pragmatis

    BalasHapus
  68. Inri Helena Pelealu
    802011113

    1.‘Kebenaran’ sebagai tanda-tanda/gejalah-gejalah yg menunjukan indonesia menuju kepada ‘ambruknya peradabannya sendiri’ seprti yg di ramalkan Terry Mart ialah:
    •Fakta bahwa kontribusi ilmu belum dirasakan masyarakat secara signifikan.
    •Kehancuran peradaban Indonesia potensial akibat kemunduran ilmu pengetahuannya.
    •Kemunduran ilmu pengetahuan Indonesia antara lain diakibatkan oleh sivitas akademika yang tidak menunaikan tugas khas dan kekaryaanya yang spesifik, tidak adanya komunitas ilmiah Indonesia yang solid dan bermutu, kualitas dan kuantitas pengajar tidak merata di setiap wilayah, dan rendahnya Indeks Pembangunan Pendidikan di Indonesia.
    •Perlunya memberi prioritas pembangunan sumber daya manusia dalam gerakan pembangunan infrastuktur sains.
    2.Cara "Filsafat Ilmu & Logika" membantu menyelamatkan Indonesia adalah dengan:
    •Menata ulang kurikulum Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) dengan memberi pembobotan lebih besar dan penunjang lainnya harus di tingkatkan.
    •MKDU harus benar-benar menjadi fondasi yang memerkokoh bangunan keilmuan dan penggerak semangat belajar mahasiswa.
    •Paradigma proses belajar mengajar harus lebih konstruktivistik ketimbang yang behavioristik.
    agar mahasiswa tidak sekadar belajar tetapi tahu cara belajar
    3.Peran yang seharusnya dilakukan/dimainkan oleh mahasiswa sebagai bagian dari kelompok kelas menengah di Indonesia untuk menyelamatkan negara mereka adalah
    Kita sebagai Mahasiswa harus memiliki kesadaran tentang makna kuliah yaitu dengan melayani dunia kerja, mengembangkan ilmu, dan mengabdi kepada rakyat.Kita juga harus bersam-sama dengan seluruh elemen bangsa indonesia sepakat mengatasi kehancuran peradaban indonesia dengan saling memberdayakan diri dengan lebih peduli dan giat kepada setiap usaha pembangunan, pengembangan, dan pemanfaatan ilmu.
    4.Yang sebenarnya harus dikerjakan filsuf atau ilmuwan agar rakyat merasa kembali dipedulikan adalah dengan
    memberikan sumbangsih penad bagi kesejahteraan rakyat.Dan melakukan tanggung jawab mereka yang seharusnya mereka lakukan dengan terjun ke dunia praktis pragmatis.

    BalasHapus
  69. nama:Bayu yogi styaji
    nim:802011601


    1. Tanda-tanda atau gejala-gejala yang menunjukkan Indonesia menuju kepada “ambruknya peradabannya sendiri" sperti yang diramalkan Terry Mart adalah
    •Pendidikan untuk semua akan gagal terwujud karena kualitas dan kuantitas guru tidak merata diantara daerah.
    Contohnya kurang nya tenaga-tenaga pengajar didaerah pelosok dan terbatasnya kemampuan intelektual tenaga pengajar
    •Pembangunan sumber daya manusia yang tidak dapat mengimbangi arus globalisasi yang sudah ada di Indonesia.
    Contohnya: di Indonesia orang masih banyak yang gagap terhadap teknologi yang ada padahal teknologi menjadi titik tumpu atas segala bidang kehidupan yang ada di Indonesia.

    2. Cara "Filsafat Ilmu & Logika" membantu menyelamatkan Indonesia adalah dengan menata ulang kurikulum Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) dengan memberi pembobotan lebih besar pada Mata Kuliah Filsafat Ilmu, Logika, Kemampuan Berbahasa, Metodologi Penelitian, dan Teknik Penulisan Ilmiah. Tenaga akademik, kepustakaan, akses ke sumber, dan fasilitas penunjang lainnya harus ditingkatkan
    Paradigma proses belajar juga harus lebih diarahkan kepada konstruktivistik ketimbang kearah behavioristik dengan cara melatih mahasiswa untuk tidak sekedar belajar namun tahu bagaimana cara mereka belajar,dan mengembalikan paradigm mahasiswa bahwa kita kuliah bukan hanya menjadi pekerja di kemudian hari tapi harus bisa berinfrofisasi pikiran atau ilmu yang di milikinya untuk pengembangan…

    3. Peran yang seharusnya dilakukan/dimainkan oleh mahasiswa untuk menyelamatkan negara mereka adalah
    •Mahasiswa harus turut ambil bagian dalam menciptakan negaranya dengan cara belajar mengembangkan potensi dalam dirinya dan menuangkan seluruh potensi yang dimiliki sehingga tidak monoton dalam kehidupan maksudnya itu tidak berfikiran selesai kuliah menjadi pekerja sehingga tidak mengembangan ilmu yang telah di dapat..
    •Mahasiswa harus bisa berpikir kritis untuk dapat mengembangkan pembangunan yang baik dan tertata bagi negaranya sehingga mahasiswa tidak hanya menerima materi yang diberikan dosen saja namun mahasiswa juga dituntut untuk bisa menerapkan dalam kehidupan nyata

    4. Yang harus dikerjakan filsuf atau ilmuwan agar rakyat merasa kembali dikembalikan adalah ilmuwan / filsuf harus mampu menanamkan pada pola pikir rakyat, pengertian bahwa ilmu sangat berguna sebagai penunjang kehidupan karena jika tanpa ilmu rakyat akan mengalami kemunduran karena ilmu dan teknologi yang semakin lama semakin maju dan berkembang. Rakyat tidak bisa hanya mengandalkan tenaganya untuk berkembang. Selama ini rakyat-rakyat memiliki pola pikir yang salah mengenai keberadaan ilmu-ilmu pengetahuan. Mereka menganggap ilmu pengetahuan tidak bisa memberi penghidupan yang layak bagi mereka. Oleh karena itu pemikiran atau paradigma rakyat tentang ilmu pengetahuan harus di luruskan,sehingga tercipta keseniambungan antara rakyat,ilmu dan teknologi..

    BalasHapus
  70. 1.Secara axiologi dikatakan kesejahteraan bangsa tidak bisa dinikmati rakyat Indonesia, karena itu sivitas akademika ‘tidak menunaikan tugas khas dan kekaryaannya yang spesifik, yaitu tak peduli pada masalah krusial bangsa dan abai pada pembentukan komunitas ilmiah’. Mart mengingatkan ‘Indonesia mengalami kemunduran dalam bidang ilmu pengetahuan’. pendidikan untuk semua bakal gagal terwujud pada 2015 karena ‘kualitas dan kuantitas guru tidak merata di antara daerah’. Indeks Pembangunan Pendidikan Indonesia yang ‘hanya’ berada di peringkat 69 dari 127 negara. Artinya terjadi pengeroposan proses pendidikan di Indonesia.
    temuan itu sekaligus membuka mata dan batin rakyat betapa ternyata ambruknya ilmu pengetahuan bisa menyebabkan ambruknya sebuah bangsa.
    Pada hal ini tidak bisa saling melemparkan kesalahan, karena dapat disimpulakan jika ini kesalahan kita bersama, jika saja ilmuwan berbagi dengan orang-orang awam sehingga ini semua tidak akan menjadi pudar namun semakin berkembang.
    2. titik pangkal masalah ini merupakan penentu pengambilan keputusan tepat. Karenanya pemeriksaan kebenaran titik pangkal wajib dilakukan. Titik pangkal musibah kemunduran peradaban Indonesia juga harus dicari dan diuji untuk mengetahui akar masalahnya. Secara subyektif dapat saja sembarang elemen atau subyek dipilih: ilmuwannya, universitasnya, pemerintahnya, sistemnya, infrasturkturnya. Atau secara bersama ditetapkan sebagai titik pangkal yang harus dipecahkan. Sehingga ilmu dilihat dari ilmu filsafat dan logika, sebaiknya masalah ini bisa diuji kebenarannya dengan benar sehingga dapat terselesaikan .
    3. Mahasiswa tidak boleh hilang dari eksistensinya yaitu sebagai pengembang dan pengamal ilmu. Maka dari itu langkah awal mengurai masalah ini adalah dengan menata ulang kurikulum Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) dengan memberi pembobotan lebih besar pada Mata Kuliah Filsafat Ilmu, Logika, Kemampuan Berbahasa, Metodologi Penelitian, dan Teknik Penulisan Ilmiah. Tenaga akademik, kepustakaan, akses ke sumber, dan fasilitas penunjang lainnya harus ditingkatkan. Paradigma proses belajar mengajar harus lebih konstruktivistik ketimbang yang behavioristik. Minimal kombinasi antara kognitifistik, sosialistik dan humanistik agar mahasiswa tidak sekadar belajar tetapi tahu cara belajar. MKDU harus benar-benar menjadi fondasi yang memperkokoh bangunan keilmuan dan penggerak semangat belajar mahasiswa. Tujuan ultimanya, mahasiswa memiliki kesadaran tentang makna kuliah: melayani dunia kerja, mengembangkan ilmu, dan mengabdi kepada rakyat.

    4. Sebaiknya para ilmuwan tidak semena-mena dengan kedudukannya sebagai orang terpenting melainkan juga peduli dengan keadaan rakyatnya. Yaitu menunaikan tugas khas dan kekaryaannya yang spesifik, yaitu peduli pada masalah krusial bangsa dan tidak abai pada pembentukan komunitas ilmiah’.sehingga mereka para rakyat merasa diperdulikan oleh para ilmuwan-ilmuwan yang bertanggung jawab atas kedudukannya sekarang.

    BalasHapus
  71. Nama : Haryati Sangga
    Nim : 802011082

    1. Tanda-tanda atau gejala yang menunjukkan Indonesia menuju kepada ambruknya peradabannya sendiri seperti yang diramalkan Terry Mart antara lain:
    • Adanya pengeroposan proses pendidikan di Indonesia yang menyebabkan ambruknya sebuah bangsa.
    • Kurangnya pemberian prioritas pembangunan sumber daya manusia
    2. Cara filsafat Ilmu dan Logika membantu menyelamatkan Indonesia dengan melalui pemeriksaan kebenaran titik pangkal yang wajib di lakukan. Secara subjektif, subjek dipilih seperti ilmuwan, universitas,pemerintahnya, sistemnya, dan infrastruktur. Dan yang lebih ditekankan adalah kurikulum dan sistem pendidikan tinggi di Indonesia. Langkah awalnya dengan menata ulang MKDU dengan pemberian pembobotan lebih besar pada mata kuliah Filsafat Ilmu, logika, kemampuan berbahasa harus ditingkatkan. Begitu juga sarana dan prasarana yang ada harus di tingkatkan.
    3. Peran yang harus dilakukan mahasiswa untuk menyelamatkan Negara mereka adalah :
    • Harus lebih giat belajar, mengembangkan potensi yang ada dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
    • Turut berpartisipasi dalam kegiatan yang membangun Negara.
    4. Sebenarnya yang harus dilakukan para ilmuwan agar rakyat merasa kembali dipedulikan adalah dengan cara ilmuawan tidak hanya sekadar giat mengembangkan ilmu yang mereka peroleh tetapi juga “menularkannya” dan mengamalkannya kepada rakyat, ilmuwan harus memberikan konstibusi serta sumbangsih bagi rakyat, ilmuwan juga harus disiplin dalam menjalankan tanggung jawabnya.

    BalasHapus
  72. NAMA: Nurul Fitriah
    NIM : 802011124


    1.tanda-tanda atau gejala-gejala Indonesia menuju kepada ambruknya peradabannya sendiri yaitu ketika banyaknya pelajar yang sekarang melakukan aktivitasnya bukan sebagai seorang pelajar melainkan seperti orang-orang yang tidak mendapatkan pengajaran yang semestinya didapatkan, mereka hanya asyik melakukan tawuran yang menurut mereka tidak indah bila tidak melakukannya. itulah salah satu sebab ambruknya peradaban Indonesia, karena penerus bangsa tidak memperhatikan masa depan bangsa melainkan merusaknya dengan melakukan hal-hal yang dianggap tidak baik oleh Negara.

    2. cara Filsafat Ilmu & Logika membantu menyelamatkan Indonesia yaitu dengan cara mencari dan menemukan titik pangkal masalah mengapa Indonesia secara perlahan peradabannya akan ambruk. Filsafat dan ilmu logika juga merupakan indikator penentu pengambilan keputusan tepat,karenanya pemeriksaan kebenaran titik pangkal wajib dilakukan. Titik pangkal musibah kemunduran peradaban Indonesia juga harus dicari dan diuji untuk mengetahui akar masalahnya. Secara subyektif dapat saja sembarang elemen atau subyek dipilih: ilmuwannya, universitasnya, pemerintahnya, sistemnya, infrasturkturnya. Atau secara bersama ditetapkan sebagai titik pangkal yang harus dipecahkan.

    3. peran yang seharusnya dilakukan oleh mahasiswa sebagai bagian dari kelompok kelas menengah di Indonesia untuk menyelamatkan negara yaitu dengan cara belajar dengan giat, juga mengembangkan potensi mereka agar suatu saat nanti potensi yang mereka milik dapat berguna bagi Negara. Mahasiswa juga harus bisa menyikapi keputusan yang telah dibuat oleh pemerintah tanpa harus memprotes ini itu, karena dibalik keputusan itu pemerintah punya rencana yang baik buat masyarakatnya dan Negara.

    4. yang harus dikerjakan filsuf atau ilmuwan agar rakyat merasa kembali dipedulikan yaitu dengan cara menyalurkan ilmu mereka kepada masyarakat yang ilmunya mungkin masih dibawah sehingga masyarakat merasa mereka dipedulikan. Ilmuwan juga harus memperhatikan keadaan masyarakat lebih dalam bukan hanya mengandalkan diri sebagai seorang yang telah menemukan sesuatu yang berguna, dengan cara lebih mementingkan ekonomi masyarakat dan mengaplikasikan ilmunya untuk hal-hal yang berguna bagi masyarakat.

    BalasHapus
  73. NAMA : JANTY T.M RUMONDOR
    NIM : 802011024

    1. ‘Kebenaran’ sebagai Tanda-tanda atau gejala yang saya lihat adalah bahwa Negara kita Indonesia mengalami kemunduran dalam bidang ilmu pengetahuan . seperti yang ditulis oleh ASP menulis paparan badan PBB tentang Indeks Pembangunan Pendidikan Indonesia yang ‘hanya’ berada di peringkat 69 dari 127 negara. Artinya terjadi pengeroposan proses pendidikan di Indonesia. Wilardjo ‘mengunci’ dengan menyatakan perlunya memberi prioritas pembangunan sumber daya manusia dalam gerakan pembangunan infrastuktur sains. Makna temuan itu, peringatan keras dan tuntutan agar seluruh stakeholder keilmuan Indonesia segera melakukan konsolidasi untuk menguatkan dan membangun ‘sosok’ keilmuan Indonesia yang sinergis dan visioner.

    2. langkah awal mengurai masalah ini adalah dengan menata ulang kurikulum Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) dengan memberi pembobotan lebih besar pada Mata Kuliah Filsafat Ilmu, Logika, Kemampuan Berbahasa, Metodologi Penelitian, dan Teknik Penulisan Ilmiah. Tenaga akademik, kepustakaan, akses ke sumber, dan fasilitas penunjang lainnya harus ditingkatkan. Paradigma proses belajar mengajar harus lebih konstruktivistik ketimbang yang behavioristik. Minimal kombinasi antara kognitifistik, sosialistik dan humanistik agar mahasiswa tidak sekadar belajar tetapi tahu cara belajar. MKDU harus benar-benar menjadi fondasi yang memerkokoh bangunan keilmuan dan penggerak semangat belajar mahasiswa. Tujuan ultimanya, mahasiswa memiliki kesadaran tentang makna kuliah: melayani dunia kerja, mengembangkan ilmu, dan mengabdi kepada rakyat. dengan seluruh elemen bangsa Indonesia harus bersinergi saling memberdayakan diri dengan lebih peduli dan giat kepada setiap usaha pembangunan, pengembangan, dan pemanfaatan ilmu. Riset mendalam dan beragam, publikasi karya ilmiah dan buku yang gencar, dan pengabdian masyarakat yang intensif harus seiring sejalan dengan penguatan melalui MKDU. Pemerintah, dunia usaha, rakyat awam, dan ilmuwan wajib menetapkan kebodohan (bidang ilmu) menjadi musuh bersama.

    3. sebagai mahasiswa kita harus memahami , bukan sekedar memahami tetapi lebih memahami arti dari kehidupan apalagi ilmu pengetahuan di diri kita dan Negara kita sendiri agar bukan hanya kita yang pandai dalam ber-ilmu tetapi Negara kita juga berkembang seiring dengan ilmu yang dicapai dan tidak lagi diapndang rendah oleh mata dunia mengenai ilmu di Negara kita . sehingga kita setelah selesai kuliah , bukan sekedar lulus dengan ilmu yang dicapai melainkan bisa membantu Negara kita untuk lebih berkembang .

    4. yang harus dilakukan filsuf atau ilmuwan adalah harus lebih memperhatikan dan lebih meneliti dengan baik dengan kebenaran yang ada lalu membuat suatu penemuan dimana bisa dibagikan kepada semua masyarakat , sehingga para masyarakat juga tidak merasakan ditelantarkan melainkan di perhatikan dengan memberi ilmu yang di dapat sehingga mengetahui dan mendapatkan ilmu yang pantas mereka dapat juga seperti penyuluhan maupun seminar .

    BalasHapus
  74. NAMA : Debora Juliani Sitompul
    NIM : 802011052


    1. tanda-tanda atau gejala-gejala yang menunjukkan Indonesia menuju kepada ambruknya peradabannya sendiri yaitu Kebenaran’ sebagai tanda-tanda dari kenyataan yang menunjukkan Indonesia menuju kepada ’ambruknya peradaban sendiri’ seperti yang diramalkan oleh Terry Mart adalah menurut saya,
    -> kurangnya kesadaran atas pentingnya dan perlunya pendididkan bagi dirinya sendiri. beranggapan tidak usah melanjutkan pendididkan ke perguruan tinggi, berhentinya sekolah untuk bekerja memenuhi kebutuhan ekonomi sehari-hari, padahal masih dalam usia sekolah.
    -> Tidak meratanya pendididkan yang ada di Indonesia.misalnya di daerah pedalaman pelajaran bahasa inggris dan komputer didapat di jenjeng SMP. padahal di perkotaan pelajaran itu di dapat di jenjang SD.
    -> tidak meratanya kualitas guru dan sarana pembelajaran yang ada. sarana harus merata sampai di pedalaman.

    2. Caranya : Filsafat Ilmu dan Logika sebagai titik pangkal harus lebih lagi teliti dalam menata ulang kurikulum (MKDU) agar adanya pembobotan nilai sehingga kombinasi antara kognitif, sosialistik, dan humanistik, seimbang dan mahasiswa tidak sekedar belajar, tetapi tahu cara belajar. Sehingga mahasiswa memiliki kesadaran tentang makna kuliah, melayani dunia kerja , mengembangkan ilmu dan mengabdi kepada rakyat.Mata kuliah Filsafat Ilmu dan Logika seharusnya di tambah pembobotannya pada perkuliahan. Agar para mahasiswa memiliki kesadaran tentang makna kuliah: melayani dunia kerja, mengembangkan ilmu, dan mengabdi kepada rakyat. Sehingga dengan cara seperti ini, mata kuliah Filsafat Ilmu dan Logika telah turut membantu menyelamatkan Indonesia dan memperbaik lebih baik lagi.

    3. Peran yang seharusnya dilakukan/dimainkan oleh mahasiswa sebagai bagian dari kelompok kelas menengah di Indonesia untuk menyelamatkan negara adalah dengan menanamkan prinsip bahwa visi dan tujuan mereka kuliah yang cenderung mengkondisikan mahasiswa pada pilihan melayani dunia kerja (kuliah agar dapat kerja)itu hanya salah satu tujuan kuliah. Dan sebenarnya tujuan lain yang lebih penting yaitu untuk menjadi pengembang dan pengamal ilmu serta untuk mengabdi kepada masyarakat.Sebagaimana mahasiswa adalah sebagai pengembang dan pengamal ilmu maka berusahalah untuk lebih biasa mengerti bagimana akademik yang ada di Indonesia sekarang ini agar pengamalannya lebih diperbagus lagi sebaik mungkin. Mahasiswa tidak boleh hanya sekedar belajar tetapi dia juga harus tau bagaimana belajar yang baik dan tidak baik. Selain itu mahasiswa harus punya kesadaran yang lebih dengan segala kondisi yang ada di Indonesia sekarang ini untuk memperbaikinya lebih baik lagi.

    4. Secara Aksiologis rakyat tidak dipedulikan
    oleh ilmuan.Tentu hal ini ada sebabnya
    secara aksiologis.Yang harus dikerjakan
    ilmuan agar rakyat merasa kembali
    dipedulikan adalah mengubah pola pikir
    masyarakat bahwa pentingnya ilmu bagi
    kelangsungan kehidupan masyarakat didunia,
    selain itu ilmuan diharapkan meyakinkan
    masyarakat sebagai salah satu dari sumber
    ilmu masyarakat yang dapat menciptakan
    berbagai ilmu yang diharapkan dapat
    berpengaruh bagi kehidupan manusia didunia. yang harus dilakukan filsuf dan ilmuwan yaitu dengan lebih memperhatikan lagi masyarakat yang kurang mendapat pedidikan yang layak.dan juga memberikan penyuluhan-penyuluhan akan pentingnya arti suatu pendidikan itu sendiri.karna pendidikan sangat lh penting buat masa depan kita dan bermanfaat baik bagi mempertahankan dan mengembangkan tersebut bagi pihak lain bukan semata-semata untuk kepentingan sendiri melainkan kepentingan bersama yang lebih baik lagi.

    BalasHapus
  75. 1. Seperti yg diramalkan Mart,Indonesia mengalami kemunduran dlm bidang ilmu pengetahuan dan Indonesia menuju kehancuran peradabanya. Pendidikan di Indonesia mengalami pengeroposan, kemunduran ilmu pengetahuan yg di akibatkan oleh sivitas akademika yg tdk menunaikan tugas khas dan kekaryaanya yg spesifik, tdk adanya komunitas ilmiah yg solid dan bermutu. Pendidikan di Indonesia perlu member i Sumber Daya Manusia dlm gerakan pembangunan infrastruktur sains.

    2. Cara”filsafat ilmu dan logika”membantu menyelamatkan Indonesia adala dengan cara menata ulang kurikulum Mata Kuliah Dasar Umum(MKDU) khususnya filsafat ilmu dan logika, dan memberikan pembobotan lebih besar. MKDU(filsafat ilmu dan logika) harus benar-benar menjadi fondasi yg emperkokoh bangunan keilmuan dan penggerak semangat belajar mahasiswa dgn tujuan ultima yaitu agar mahasiswa memiliki kesadaran tentang makna kuliah,melayani dunia kerja, mengembangkan imu dan mengabdi kpd rakyat.

    3. Peran mahasiswa utk menyelamatkan Indonesia adalah mahasiswa memiliki kesadaran dlm mata kuliah, melayani dunia kerja,mengembangkan ilmu dan mengabdi kpd rakyat. Dan juga mahasiswa harus bersinergi saling memberdayakan diri dengan lebih peduli dan giat kpd setiap usaha pembangunan,pengembangan dan pemanfaatan ilmu. Mahasiswa wajib mnetapkan kebodohan(dlm bidang ilmu) menjadi musuh bersama.

    4. Dengan cara filsuf atau ilmuwan harus memberikan sumbangsih bagi kesejahteraan rakyat. Ilmuwan harus lebih bertanggung jawab walaupun mereka terjun ke dunia praktis pragmatis. Ilmuwan harus memberikan temuan-temuan yg berguna utk kehidupan rakyat, dan juga ilmuwan harus memperdulikan rakyat dan tdk membiarkannya sendirian.

    By: ivana damayanti/802011048

    BalasHapus
  76. NAMA YOKEBED TISA WIBOWO
    NIM 802011095
    3. peran mahasiswa adalah mempunyai kesadaran dari diri sendiri untuk membuka mata hati akan kehancuran negeri ini, dan mengajak orang-orasng sekitar untuk membangun kembali negeri ini dengan segala kekuatan,pikiran,dan jiwa dan menciptakan/ berusaha meyakinkan smua orang bahwa kita bisa menjadi negara yang maju dan bangkit
    2. adalah mengatur dan memperdalam ilmu filsafat lebih dalam dengan bobot lebih berat sbagai MKDU yang bermanfaat bagi negara ini
    dan membuat karya ilmiah yang konkrit
    1. menurut terry mart tanda tanda ambruknya peradabannya sendiri adalah
    > kuaslitas dan kuantitas guru tak merata di antara daerah
    > pendidikan smua akan gagal terwujud pada tahun 2015
    4. ilmuwan harus meneliti lebih jauh tentang apa yang rakyat inginkan, membandingkan keinginan ilmuwan dan rakyat dan menyatukan segala pendapat menuju keselarasan, dan ilmuwan harus bertangggu jawab atas penelitian itu untuk rakyat.

    BalasHapus
  77. Nama :Sarce Iriani Beay
    NIM :802011006

    1. Kebenaran sebagai tanda-tanda atau gejala-gajala yang menunjukkan bahwa Indonesia menuju kepada ambruknya peradabannya sendiri seperti yang diramalkan oleh Terry Mart bahwa :Dunia pendidikan diIndonesia bakal gagal terwujud karena kualitas dan kuantitas guru tidak merata di antara daerah-daerah. Saat ini setidak-tidaknya ada empat hal yang berkaitan dengan permasalahan yang dihadapi guru di Indonesia, yaitu : Pertama,Masalah kualitas/mutu guru.Kedua,Jumlah guru yang dirasakan masih kurang.Ketiga,Masalah distribusi guru.Dan Kempat,Masalah kesejahteraan.
    2. Cara "Filsafat Ilmu & Logika" membantu menyelamatkan Indonesia adalah harus dulu mencari suatu titik pangkal yang merupakan indikator penentu pengambilan keputusan tepat.Dan titik pangkal ini harus diuji untuk mengetahui akar masalahnya yang berdasarkan tiga landasan ilmu (Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi) titik pangkal yang potensial adalah diberdayakan kurikulum dan sistem pendidikan tinggi di Indonesia yang jelas sangat pragmatis dengan kecenderungan mengondisikan mahasiswa pada pilihan melayani dunia kerja. Dimana mahasiswa menyibukan diri berbenah menjadi tenaga kerja. Sehingga, terasingkan dari eksistensinya yang lain yaitu sebagai pengembang dan pengamal ilmu. Maka langkah awal mengurai masalah ini adalah dengan menata ulang kurikulum Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) dengan memberi pembobotan lebih besar pada Mata Kuliah Filsafat Ilmu, Logika, Kemampuan Berbahasa, Metodologi Penelitian, dan Teknik Penulisan Ilmiah. Tenaga akademik, kepustakaan, akses ke sumber, dan fasilitas penunjang lainnya harus ditingkatkan. Paradigma proses belajar mengajar harus lebih konstruktivistik ketimbang yang behavioristik. Minimal kombinasi antara kognitifistik, sosialistik dan humanistik agar mahasiswa tidak sekadar belajar tetapi tahu cara belajar.
    3. Peran yang seharusnya dilakukan/dimainkan oleh mahasiswa sebagai bagian dari kelompok kelas menengah di Indonesia untuk menyelamatkan negara kita yang tercinta ini yaitu sebagai mahasiswa yang berkompoten seharusnya mulai dari ia memasuki perguruan tinggi dan menjadi seorang mahasiswa ia terlebih dulu sudah harus menanamkan suatu visi dan misi dalam dirinya.Contoh : Sebagai mahasiswa UKSW kita harus menanamkan visi dan misi itu pada diri kita karena visi dan misi berpengaruh terhadap perjalanan kita kedepannya nanti seperti misi uksw yang ke 9. Mengusahakan terbentuknya dan membina angkatan-angkatan pemimpin masyarakat yang selain diperlengkapi dengan bekal ilmu pengetahuan dan kepakaran di bidang tertentu, juga memiliki kesadaran pengabdian yang tinggi kepada masyarakat.
    4. Secara aksiologis, rakyat dianggap tidak dipedulikan ilmuwan, bahkan rakyat dibiarkan menderita sendirian. Maka yang harus dikerjakan filsuf atau ilmuwan agar rakyat merasa kembali dipedulikan adalah filsuf atau ilmuwan harus melakukan pendekatan kepada rakyat dan menanamkan ilmu pengetahuan tersebut kepada rakyat karena ilmu pengetahuan itu sangat penting di dalam kehidupan ini pendekatan yang dilakukan dengan memberikan berbagai penyuluhan mengenai ilmu pengetahuan,terutama untuk memajukan Indonesia ini rakyat memerlukan ilmu pengetahuan yang tinggi.Dan juga dalam hal ini pemerintah harus bisa membuat prioritas dalam upaya perbaikan kualitas manusia Indonesia.Seperti dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.Percuma jikalau para filsuf dan ilmuwan menanamkan pengetahuan mereka kepada rakyat jikalau pemerintah tidak melihat kulitas manusia atau diperbaiki.Jangan sampai para ilmuawan yang mengajari para calon pemimpin bangsa ini dengan menanamkan ilmu pengetahuan justru merupakan orang-orang yang tidak mengerti apa yang mereka ajarkan. Inilah beberapa hal yang harus segera dilakukan pemerintah untuk segera menyelesaikan masalah SDM di Indonesia.

    BalasHapus
  78. Nama : Chriselda.A.Maitimu
    NIM : 802011084

    1.Tanda-tanda atau gejala-gejala yang menunjukan Indonesia menuju kepada ambruknya
    Peradabannya sendiri.

    Kemunduran dalam Ilmu Pengetahuan
    hal ini disebabkan karena : kualitas dan kuantitas guru tidak merata di semua daerah dan sivitas akademika yang tidak melaksanakan tugas dan kekaryaannya yang lebih spesifik.

    Kesadaran diri dalam tugas dan tanggung jawab
    Hal ini disebabkan karena :
    a)Sikap yang saling menyalahkan dan melempar tanggungjawab kepada orang lain.
    b)Sikap yang pesimis, karea menganggap bahwa Indonesia adalah negara yang tertinggal perkembangan peradabannya dari negara yang lainnya yang memiliki begitu banyak pngetahuan dan begitu tinginya perkembangan Ilmu Teknologinya.
    c)Tidak adanya soidaritas yang tinggi antara sesama individu untuk saling mendukung, memberi support dan berpikir kritis dan optimis terhadap segala sesuatu yang dilakukan demi membangun negara ini menjadi lebih baik dan menjadi setara dengan negara-negara lainnya.

    2.Penggunaan titik pangkal yang merupakan indikator penentu pengambilan keputusan yang tepat, dengan cara :
    Mencari dan menguji satu masalah agar dapat mengetahui akar dari persoalan tersebut secara efektif yang elemennya berupa ilmuannya, universitasnya, sistemnya, infrastrukturnya.
    Melihat pada titik pangkal yang potensial tanpa berprestasi untuk menyalahkan melempar tanggungjawab yang berdampak pada keburukan Peradaban Ilmu pengetahuan yang mengacu pada kurikulum dan sistem pendidikan tinggi di Indonesia.

    3.Peran yang harus dilakukan Mahasiswa adalah :
    •Meningkatkan visi mahasiswa.
    •Penataan ulang MKDU dengan memberi perbobotan besar pada mata-mata kuliah yang mempunyai peran seperti Filsafat Ilmu, kemampuan berbahasa, metode penelitian, dan teknik penulisan ilmiah.
    •Peningkatan tenaga akademik, kepustakaan, akses kesumber dan fasilitas penunjang lainnya.
    •Paradigma proses-proses belajar mengajar yang lebih konstruktif ketimbang yang behavioristik.
    •Keminimalan kombinasi antara kognitifistik, sosiologistik, dan humanistik agar mahasiswa tidak hanya sekedar belajar tetapi juga lebih tahu cara belajar.
    •Kesadaran mahasiswa akan makna kuliah, agar tidak terjadi peradaban keterpurukan bangsa
    Indonesia dalam Ilmu pengetahuan

    4.# Kepedulian terhadap rakyat dengan segala permasalahan yang terjadi.
    # Filsafat atau ilmuan dapat bekerja sama dengan rakyat untuk memberantas bidang kebodohan yang sudah semakin meningkat dan menjadi salah satu faktor kemunduran Indonesia dalam Ilmu pengetahuan.

    BalasHapus
  79. Nama : Lizanty.j.soulissa
    Nim : 802011092


    1) Tanda-tanda yang dilihat dan membawa indonesia kedalam keambrukan peradabanya sendiri :
    a) kemunduran dalam bidang pendidikan ilmu pengetahuan dikarenakan ketidak merataan serta minimnya kuantitas dan kualitas dari sumber daya manusia, disini sumber daya manusia yang dimaksud adalah guru atau tenaga kerja pengajar.
    b) kurang adanya rasa tanggung jawab hal ini dapat di sebabkan karena kurang adanya rasa solidaritas, rasa kekerabatan, rasa toleransi, masing-masing pihak tetap pesimis pada pendiriannya sendiri, maka dari itu munculah perdebataan antara pihak-pihak yang ingin memenangkan dirinya dan malah menyalahkan pihak lainnya.
    2) Peranan ilmu filsafat dalam rangka membantu menyelamatkan indonesia : ( Titik Pangkal )
    Membentuk suatu tatahan pengajaran yang efesien dan dapat membantu mengembalikan daya kreatif mahasiswa. Tatahan pengajaran MKDU bertujuan pula untuk memberi pembobotan bagi mahasiswa dalam konteks pengembangan diri ( skill, daya serap, imajinasi, kreaktifitas dll). Mata Kuliah Filsafat Ilmu, Logika,mengajarkan pula tentang : Kemampuan Berbahasa, Metodologi Penelitian, dan Teknik Penulisan Ilmiah. Tenaga akademik, kepustakaan, akses ke sumber, dan fasilitas penunjang lain yang harus ditingkatka, Paradigma proses belajar mengajar yang lebih konstruktivistik dari pada behavioristik, kombinasi antara kognitifistik, sosialistik dan humanistik agar mahasiswa tidak sekadar belajar tetapi tahu cara belajar. Maka dari itu MKDU benar-benar menjadi fondasi yang memerkokoh bangunan keilmuan dan penggerak semangat belajar mahasiswa. Itulah peranan ilmu filsafat dlam kontek perbaikan serta pengembalian jatidiri indonesia.
    3) Peranan mahasiwa dalam rangka menyelamatkan bangsa indonesia dari konteks keterpurukan indonesia di bidang ilmu pengetahahuan ( pendidikan ) :
    - ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh mahaiswa yaitu : “BELAJAR”benar- benar melaksanakan tugas dan haknya untuk mendapatkan pengetahuan lewat belajar di bangku perkuliahan , “Berikat Pinggangkan” semangat nasionalisme dan semangat patriotisme, adanya rasa solidaritas (tenggan rasa ) dan yang paling amat tepenting dengan “BERDOA” karena tanpa doa siasialah segala bentuk perjuangan yang telah kita jalankan selaku mahasiswa.


    4) beberapa tahapan yang harus dikerjakan filsuf atau ilmuan agar rakyat merasa kembali diperdulikan ?
    - ilmuwan / filsuf harus mampu menanamkan pada pola pikir rakyat,( pendekataan lapangan dan berbaur dengan rakyat) pengertia bahwa ilmu sangat berguna demi dan untuk kemajuan rakyat itu sendiri, menuangkan aspirasinya melalui segala bentuk karya tulisan yang bersifat mendorong atau mengajarkan tentang berbagai aspek kehidupan keterbelakangan sosial, melibatkan masyarakat untuk bersama-sama menelusuri teka –teki kehidupan dunia pendidikan, sumbangsih bagi kesejahteraan rakyat dalam bidang pendidikan, dll, maka dengan begitu akan muncul rasa kekerabatan antara filsuf atau ilmuan dengan masyarakat itu sendiri dan pasti rakyak mulai merasakan bahwa dirinya ternyata diperdulukan oleh para filsuf.

    BalasHapus
  80. tts filsafat ilmu dan logika
    Trivina E. N. K.
    802011022

    1. untuk sebuah tanda "kebenaran" ttng "ambruknya peradapannya sndiri" sebenarnya setiap kita bisa melihatnya dengan mata telanjang jika "mau", pendidikan yang sangat penting/primer skarang bisa dibilang sekarat karena berbagai faktor. terbatasnya SDM sebagaii pengajar. hal ini dapat kita lihat di berbagai pelosok daerah dan kualitas para pengajar yang sangat tidak merata. dan bnyak sekali para pengalir ilmu (pengajar) yang sangat dikagumi dan diharapkan malah terkadang melepas tanggung jawab mereka. smua hal ini seharusnya bisa menyadarkan kita "bagaimana jalan dan cara kita bisa memulihkan bangasa kita dalam konteks pendidikan".
    2. para Filsafat ilmu dan logika menata ulang kurikulum MKDU dengan memberi bobot lebih besar pada matkul. Filsafat ilmu. logika, kemampuan berbahasa,metodologi penelitian dan teknik penulisan ilmiah dll. paradigma proses belajar mengajar harus lebuh konsrtuktivistik merata ketimbang behavioristik. MKDU benar - benar menjadi fondasi bangunan keilmuan dan semangat belajar. sehingga melahirkan mahasiswa mahasiswi yang memiliki kesadaran tentang makna kuliah. melayani,mengembangkan ilmu dan mengabdi. semuaa ini adalah cara Filsafat ilmu&logika untuk membantu menyelamatkan Indonesia.
    3. sebagai mahasiswa dan mahasiswi yang sekarang memiliki waktu untuk menimba ilmu. *gunakan waktu sebaik mungkin, *timba ilmu sebanyak mungkin, *rencanakan masa depan selain untuk diri sendiri tp jga untuk tanah air yg slama ini dipijak,*jangan pernah berhenti untuk belajar, dan Berdoa shingga dalam lingkup universitas / masyarakat, luas kita bisa menjadi air yg memberikan minuman (ilmu) untuk orang lain yang butuh.
    4. filsuf sebaiknya mulai memandang segala sesuatu dari berbagai sudut pandang tentang sebuah kehidupan yang "berkita". sehingga hal tersebut bisa membuat para filsuf masuk dalam masyarakat/rakyat luas. mengubah pandangan rakyat selama ini tentang filsuf dan membantu masyarakat untuk mengerti dan memahami segala sesuatu, membantu rakyat menaggulangi kehidupan yang terpuruk, membebaskan rakyat sehingrakyat mulai menata hidup dalam pendidikan sosial dan dalam globalisasi yang terjadi.

    BalasHapus
  81. Nama:Rukmini Uat
    Nim :802011126

    1. Seperti yang di ramal 0leh Terry Mart indonesia mengalami ambruknya peradaban sendiri karena,
    - indonesia mengalami kemunduran dalam bidang ilmu
    -tidak peduli pada krusial bangsa dan abai pada pembentukan komunitas ilmiah
    - pendidikan untuk semua bakal gagal terwujud karena kualitas dan kuantitas guru tidak merata di antara daerah.
    2. "Filsafat ilmu menyelamatkan indonesia dengan cara"
    - Bangsa indonesia harus bersinegis saling memberdayakan dirih dengan lebih peduli dan giat kepada setiap usaha pembangunan pengembangan dan pemanfaatan ilmu untuk bangsa indonesia
    - Bangsa indonesia juga harus pesimis dan optimis karena bangsa indonesia telah jatuh dan menjadi tak berdaya di antara bangsa lain yang ilmunya begitu tinggi dan berkembang, sehingga dapat memperbaiki diri bangsa indonesia dan dapat menjajarkan diri dengan bangsa lain.
    3. "Peran yang harus di lakukan oleh mahasiswa" yaitu mahasiswa harus lebih meningkatkan pengembangan ilmu, dan kulikulum pendidikan tinggi indonesiapun harus lebih baik dari sebelumnya sehingga mahasiswa lebih giat lagi untuk mengembangkan ilmu mereka dan MKDU harus benar-benar menjadi fondasi yang memerkokoh bangunan keilmuan dan penggerak semangat belajar mahasiswa,dengan ini mahasiswa dapat memiliki kesadaran tentang makna kuliah dan dapat menyelamatkan negara mereka.
    4. "Yang harus di kerjakan filsuf atau ilmuan agar rakyat di pedulikan" menarik kembali rasa kepedulian yang sudah tidak di anggap dan para ilmuan harus segera melakukan konsolidasi untuk membangun sosok keilmuan indonesia yang sinergis dan visioner dan lebih mengembangkan ilmu agar mansyarakat dapat merasakan ilmu secara signifikan dan ilmu pengetahuan harus lebih di kembangkan lagi sehingga tidak terjadi kehancuran peradaban di mayarakat indonesia

    BalasHapus
  82. Nama : Uswatun Chasanah
    NIM : 802011101

    1. Tanda-tanda ataupun gejala yang menunjukkan kenyataan dari "Ambruknya peradapan sendiri" seperti yang diramalkan Terry Mart yaitu :
    - Makin meningkatnya korupsi, yang terjadi hampir disemua instansi pemerintahan, hingga dunia pendidikanpun dijadikan ladang tempat korupsi.
    - pendidikan Di Indinesia yang masih amburadul.

    2. Cara "Filsafat Ilmu dan logika" membantu menyelamatkan Indonesia yaitu dengan :
    - Mengambil keputusan yang berkaitan atau berhubungan dengan dunia pendidikan yang bersarkan Filsafat ilmu dan logika.
    - Pemberian pelatihan dan pembekalan kepada stakeholder bidang pendidikan tentang pentingnya Filsafat ilmu dan logika guna memecahkan masalah yang ada.

    3. Peran Mahasiswa untuk menyelamatkan negara mereka yaitu dengan :
    - Belajar dengan Sungguh-Sungguh, karena sebagai generasi penerus bangsa kita harus pandai dan cerdas mengatasi permasalahan yang ada.
    - Memberikan sumbangan tentang pemikiran pemikiran baru yang mendukung dan memperbaiki program-program pemerintah yang sudah ada.

    4. Usaha yang harus dikerjakan Filsuf atau ilmuan agar rakyat di pedulikan yaitu dengan :
    - Filsuf atau Ilmuan berusaha menciptakan atau membangun Stakeholder yang kompeten yang dapat melayani dunia kerja, mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mengabdikan diri pada masyarakat.

    BalasHapus
  83. Nama : Herdin Cahyo P
    Nim : 802011098

    1. menurut pendapat saya kebenaran dan kenyataan yang menunjukkan Indonesia menuju kepada ambruknya peradabannya sendiri terutama dalam bidang ilmu pengetahuan dipengaruhi oleh kurangnya perhatian dari pemerintah mengenai bidang pendidikan. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pemberitaan di media mengenai buruknya dunia pendidikan di indonesia.
    Dalam pembangunan di bidang pendidikan yang dilakukan saat ini prosesnya tidak merata dan banyak aspek yang terlewatkan, beberapa diantaranya adalah :
    - infrastruktur pendidikan (bangunan sekolah dan fasilitas penunjang) yang dapat dikatakan masi sangat jauh dari layak untuk di beberapa daerah pelosok-pelosok. Banyak bangunan sekolah yang ambruk dan butuh perbaikan
    - buku-buku dan penunjang pendidikan lainnya yang masi sangat jarang dijumpi di daerah pelosok.
    - kesejahteraan pengajar yang tidak diperhatikan, sehingga tidak jarang untuk daerah-daerah pelosok sangat kekurangan tenaga pengajar yang berkompeten karena mereka tidak mendapatkan kesejahteraan yang layak ketika mereka ditempatkan di daerah pelosok.
    - penetapan aturan dari dinas pendidikan yang terkesan mencoba-coba, aturan yang ada seringkali berubah-ubah yang secara langsung sangat berdampak pada kondisi pendidikan di indonesia.
    - penyaluran dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) yang banyak mengalami kebocoran dimana-mana sehingga penggunaannya banyak yang tidak tepat sasaran dan melenceng dari tujuan utamanya.
    Tetapi kita sendiri tidak dapat hanya menyalahkan pemerintah, kembali kepada pribadi masing-masing tentang rasa tanggung jawab kita sebagai warga negara indonesia. Kesadaran masing-masing individu juga sangat penting terhadap kemajuan ilmu pengetahuan di indonesai.
    Sebagai contoh seorang pejabat yang melakukan korupsi terhadap dana pendidikan (salah satu contohny adalah dana BOS) maka dapat kita lihat secara langsung dia tidak bertanggung jawab terhadap tugas yang menjadi tanggung jawab dan kepercayaan yang diberikan kepadanya. Sehingga bangsa indonesia tidak hanya mengalami kemunduran dalam bidang ilmu pengetahuan saja, tetapi juga dibarengi dengan kemunduran moral dari individu-individu yang mempunyai kekuasaan tetapi menyalah gunakan kekuasaaannya tersebut.
    2.cara filsafat ilmu dan logika,untuk menyelamatkan indonesia dengan cara menemukan titik pokok permasalan yang terjadi di indonesia saat ini,dan menata ulang kurikulum Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) dengan memberi pembobotan lebih besar pada Mata Kuliah Filsafat Ilmu, Logika, Kemampuan Berbahasa, Metodologi Penelitian, dan Teknik Penulisan Ilmiah,dan juga memperkenalkan filsafat ilmu dan logika itu sendiri kepada masyarakat agar masyarakat tidak terasingkan dari kemajuan teknologi sendiri dan agar masyarakat lebih kritis dalam berpikir dan tertata dalam perbuatan mereka..jadi para mahasiswa khususnya,tidak hanya tau tentang apa itu filsafat ilmu dan logika,tp tau juga tentang cara yang baik dan tepat untuk membantu pemerintah yang berupaya untuk membangun kembali indonesia,agar terbebas dari keterpurukan.
    3. Mahasiswa sebagai tonggak kemajuan bangsa di msa depan harus bisa berperan lebih aktif lagi. Mahasiswa yang baik adalah mahasiswa yang bisa menyumbangkan segenap pemikiran dan ilmu pengetahuannya bagi pembangunan negara ini. Jangan hanya banyak berperan dalam teori saja,tetapi harus bisa mempraktekannya di dalam masyarakat. Agar bisa tercipta kebersamaan untuk teru membangun negara dan membawanya menuju ke arah yang lebih baik dari sebelumnya.
    4. yang harus dikerjakan filsuf atau ilmuwan agar rakyat merasa kembali dipedulikan yaitu dengan cara menyalurkan ilmu mereka kepada masyarakat yang ilmunya mungkin masih dibawah sehingga masyarakat merasa mereka dipedulikan. Ilmuwan juga harus memperhatikan keadaan masyarakat lebih dalam bukan hanya mengandalkan diri sebagai seorang yang telah menemukan sesuatu yang berguna, dengan cara lebih mementingkan ekonomi masyarakat dan mengaplikasikan ilmunya untuk hal-hal yang berguna bagi masyarakat.

    BalasHapus
  84. Nugrahani Catur R
    802011038

    1. Tanda atau gejala-gejala yang saya lihat dari begitu banyaknya kenyataan yang menunjukkan Indonesia menuju kepada 'ambruknya peradabannya sendiri" seperti yang diramalkan Terry Mart adalah
    • Kebanyakan insan akademis di perguruan tinggi secara sadar atau tidak sadar sudah tenggelam dalam bisnis pendidikan.
    • Para dosen tenggelam dalam bisnis pendidikan sehingga melupakan hakikat pendidikan tinggi.
    • Banyak dosen yang tidak mempunyai pemahaman sama sekali bahwa seorang dosen juga merupakan peneliti. Maka, yang terjadi banyak dosen beranggapan bahwa penelitian adalah proyek bagi dosen dan banyak dosen meneliti di bidang yang bukan kepakarannya asalkan mendatangkan uang dan poin kum.
    • Sivitas akademika karena ‘tidak menunaikan tugas khas dan kekaryaannya yang spesifik, yaitu tak peduli pada masalah krusial bangsa dan abai pada pembentukan komunitas ilmiah’.
    • Banyak pelajar yang menyibukkan dirinya dengan tawuran, saling menyerang dan membuat kerusuhan yang merisaukan masyarakat

    2. Cara "Filsafat Ilmu & Logika" membantu menyelamatkan Indonesia adalah mencari titik pangkal yang merupakan indikator penentu pengambilan keputusan tepat.
    Tanpa berpretensi menyalahkan dan melempar tanggung jawab- Titik pangkal musibah kemunduran peradaban Indonesia disebabkan oleh bobroknya kurikulum dan sistem pendidikan tinggi di Indonesia.
    Maka langkah awal mengurai masalah ini adalah dengan menata ulang kurikulum Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) dengan memberi pembobotan lebih besar pada Mata Kuliah Filsafat Ilmu, Logika, Kemampuan Berbahasa, Metodologi Penelitian, dan Teknik Penulisan Ilmiah. Tujuan utamanya adalah supaya mahasiswa semakin kritis untuk melakukan penelitian dan mengembangkan keilmuan serta memiliki kesadaran tentang makna kuliah, yaitu melayani dunia kerja, mengembangkan ilmu, dan mengabdi kepada rakyat.

    3. Peran yang seharusnya dilakukan/dimainkan oleh mahasiswa sebagai bagian dari kelompok kelas menengah di Indonesia untuk menyelamatkan negara Indonesia adalah
    • Memberdayakan diri dengan lebih peduli dan giat kepada setiap usaha pembangunan, pengembangan, dan pemanfaatan ilmu.
    • Melakukan riset yang mendalam dan beragam, melakukan publikasi karya ilmiah dan buku yang gencar, dan pengabdian masyarakat yang intensif harus seiring sejalan dengan penguatan melalui MKDU.
    • Turut bersinergi bersama dengan elemen pemerintah, dunia usaha, rakyat awam, dan ilmuwan untuk menetapkan kebodohan (bidang ilmu) menjadi musuh bersama.

    4. Yang harus dikerjakan filsuf atau ilmuwan agar rakyat merasa kembali dipedulikan adalah
    Para insan akademis melakukan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang integral. Penelitian dilakukan untuk menunjang apa yang ajarkan dan menjadi sarana utama untuk pengabdian masyarakat.
    Contohnya dosen fakultas kedokteran yang dalam penelitiannya menemukan vaksin antiflu burung, misalnya, akan menguraikannya dalam topik kuliah dan pemanfaatan vaksin itu menjadi pengabdian yang berguna bagi masyarakat.
    Dengan demikian masyarakat merasa diperhatikan karena mereka menjadi pusat perhatian para filsuf atau ilmuwan dalam menunaikan tugas khas dan kekaryaannya yang spesifik, yaitu peduli pada masalah krusial bangsa.

    BalasHapus
  85. Nama : Hanny Y.A. Sesa
    NIM : 802011035

    1.Tanda- tanda atau gejala- gejala yang menunjukkan Indonesia menuju kepada “ambruknya peradabannya sendiri menurut Terry Mart ialah :

    a.Mengurangnya kontribusi ilmu sehingga belum dirasakan masyarakat secara signifikan.
    b.Akibat kemunduran Ilmu Pengetahuan atau Pendidikan membawa pengaruh hancurnya potensial yang ada di Indonesia.
    c.Akibat adanya kehancuran Ilmu Pengetahuan di Indonesia juga di pengaruhi oleh sebagian civitas akademika/ pengajar yang tidak menjalankan tugasnya sebagai pengajar.
    d.Kurangnnya komunitas –komunitas yang solid dan bermutu, kualitas dan kuantitas pengajar yang merata di setiap wilayah dan rendahnya Indeks Pembangunan Pendidikan di Indonesia serta Pembangunan sumber daya manusia ( SDM).

    2.Cara “ Filsafat Ilmu dan Logika” membantu menyelamatkan Indonesia dengan meniti pada titik pangkal, yang merupakan indikator penentu pengambilan keputusan yang tepat. Melalui menata ulang mata kuliah dasar umum ( MKDU ) dengan pemberian bobot lebih besar dari pada mata kuliah filsafat ilmu danlogika,Paradigma proses belajar mengajar harus lebihkonstruktivistik ketimbang yang behavioristik. Minimal kombinasi antara kongnitifistik, sosialistik dan humanistik agar mahasiswa tidak sejedar belajar tetapi tahu cara belajaragar. MKDU harus benar-benar menjadi fondasi yang memperkokoh bangunan keilmuan dan penggerak semangatbelajar mahasiswa. Tujuan utamanya, mahasiswa memeiliki kesadarntentang makna kuliah melayani dunia kerja, mengembangkan ilmu, dan mengabdi pada rakyat.

    3.Peran Mahasiswa untuk menyelamatkan Indonesia yaitu, Mahasiswa merupakan generasi muda bangsa yang nantinya akan membangun bangsanya sendiri. Jadi peran besar mahasiswa dalam menyelamatkan bangsa Indonesia ialah dengan mampu berpikir kritis, mengembangkan potensi yang di miliki dalam dirinya, aktif dalam lembaga – lembag sosial, menciptakan inovasi – inovasi baru pada lingkungan sekitarnya dan tentunya dapat mengaktualisasinya.

    4.Yang harus dilakukan filsuf atau ilmuwan agar rakyat merasa kembali dipedulikan ialah, Filsuf mampu memberikan pemahaman pentingnya ilmu pada rakyat bahwa ilmu yang mereka dapat bukan untuk dirinya saja tetapi juga bangsa ini dengan kata lain apa yang mereka dapat dari ilmu mereka mampu mengembangkan serta mengaktualisasikan kepada bangsa serta melibatkan rakyat dalam hal-hal mengikuti pelatihan pendidikan agar mereka mengerti dan dapat membagi ilmu yang mereka dapat pada sesamanya. Pastinya mereka akan mengakui dan menyakini bahwa ilmuwan Indonesia juga mapu menciptkan sesuatu yang baru dalam dunia pendidikan.

    BalasHapus
  86. Nama : Roose Spiegel Nebore
    Nim : 802011050


    1. tanda-tandanya adalah
    _mengalami kemunduran dalam bidang ilmu pengetahuan.
    _kualitas dan Kuantitas guru tidak merata disetiap wilaya
    _Rendahnya indeks struktur pembangunan sumber daya manusia dalam gerakan pembangunan infrakstruktur sains.


    2. cara "Filsafat ilmu dan Logika" adalah titik pangkal merupakan indikator penentu pengambilan keputusan yang tepat. kemudian menemukan titik pangkal musibah akar permasalahan yang sedang melanda indonesia.kemudian temukan jalan keluarnya,dengan cara memberi masukan-masukan positif pada pemerintah dan negara.

    3. dengan cara mengembangkan ilmu,seperti belajar dengan tekun dan mengikuti lomba-lomba hingga kejenjang internasional.kompak dalam belajar,hentikan kelakuan buruk seperti suka membolos.disiplin dalam waktu,belajar,dan bersikap.

    4.kemudian "Yang harus di kerjakan filsuf atau ilmuan agar rakyat di pedulikan" dengan cara membuat sesuatu yang baru agar masyarakat kembali merasa dipedulikan dan memberikan motifasi kepada mereka agar mereka paham,bahwa ilmu pengetahuan itu sangat penting demi menunjang masa depan,selain itu menghindari kita dari kemunduran ilmu pengetahuan.

    BalasHapus
  87. nama: anna ari santi
    NIM: 802011029

    1. "Kebenaran' sebagai tanda-tanda atau gejala-gejala begitu banyaknya kenyataan yang menunjukkan Indonesia menuju kepada 'ambruknya peradabannya sendiri" seperti yang diramalkan Terry Mart adalah:
    • hasil laporan Aulia mengenai Forum Dialog Kebijakan Internasional dari Task Force on Theachers for Education for All di Bali (13-14/9) yang menyimpulkan pendidikan untuk semua bakal gagal terwujud pada 2015 karena ‘kualitas dan kuantitas guru tidak merata di antara daerah’.
    • ASP menulis paparan badan PBB tentang Indeks Pembangunan Pendidikan Indonesia yang ‘hanya’ berada di peringkat 69 dari 127 negara..
    • Di wilayah Aksiologi,
    1. Fakta bahwa kontribusi ilmu belum dirasakan masyarakat secara signifikan.
    2. Kehancuran peradaban Indonesia potensial akibat kemunduran ilmu pengetahuannya.
    3. Ilmu pengetahuan Indonesia antara lain diakibatkan oleh sivitas akademika yang tidak menunaikan tugas khas dan kekaryaanya yang spesifik, tidak adanya komunitas ilmiah Indonesia yang solid dan bermutu, kualitas dan kuantitas pengajar tidak merata di setiap wilayah, dan rendahnya Indeks Pembangunan Pendidikan di Indonesia.
    4. Perlunya memberi prioritas pembangunan sumber daya manusia dalam gerakan pembangunan infrastuktur sains.
    2. Titik pangkal merupakan indikator penentu pengambilan keputusan tepat dalam dunia Filsafat Ilmu & Logika. titik pangkal yang potensial –tanpa berpretensi menyalahkan dan melempar tanggung jawab- diberdayakan adalah kurikulum dan sistem pendidikan tinggi di Indonesia. Kurikulum pendidikan tinggi Indonesia jelas sangat pragmatis dengan kecenderungan mengondisikan mahasiswa pada pilihan melayani dunia kerja,sehingga terasingkan dari eksistensinya yang lain yaitu sebagai pengembang dan pengamal ilmu. Maka langkah awal mengurai masalah ini adalah dengan menata ulang kurikulum Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) dengan memberi pembobotan lebih besar pada Mata Kuliah Filsafat Ilmu, Logika, Kemampuan Berbahasa, Metodologi Penelitian, dan Teknik Penulisan Ilmiah. MKDU harus benar-benar menjadi fondasi yang memerkokoh bangunan keilmuan dan penggerak semangat belajar mahasiswa untuk membantu menyelamatkan Indonesia.
    3. Mahasiswa memiliki kesadaran tentang makna kuliah untuk melayani dunia kerja, mengembangkan ilmu, dan mengabdi kepada rakyat sehingga dapat membantu menyelamatkan negara.
    4. Yang sebenarnya harus dikerjakan filsuf/ ilmuwan agar rakyat merasa kembali dipedulikan adalah dengan memberi sumbangsih penad bagi kesejahteraan rakyat dan tidak meninggalkan tanggung jawab mereka dengan terjun ke dunia praktis pragmatis atas nama entah, karena sulit dipahami rakyat.

    BalasHapus
  88. Wenny Sari
    802011107

    1."Kebenaran" sebagai tanda-tanda atau

    gejala-gejala yang saya lihat dari begitu

    banyaknya kenyataan yang menunjukkan

    Indonesia menuju kepada 'ambruknya

    peradabannya sendiri seperti yang

    diramalkan Terry Mart adalah
    -Rendahnya atau tidak adanya lagi

    semangat untuk belajar dan mencari tahu

    atas masalah-masalah yang terjadi di

    Indonesia.
    -Menurunnya kualitas pendidikan, fasilitas

    dan tenaga pendidik.
    -Ketidaksadaran akan pentingnya

    pendidikan dan ilmu pengetahuan di negara

    kita.
    -Ketidakpedulian masyarakat pada keadaan

    di sekitarnya.

    2.Filsafat ilmu dan logika bisa membantu

    dengan menyadarkan masyarakat akan

    pentingya ilmu pengetahuan dan pendidikan.

    Juga dengan menambahkan penemuan-

    penemuan baru yang dapat memotivasi

    masyarakat, memberikan dorongan dan

    bantuan dalam tindakan menyelamatkan

    Indonesia.

    3.Tugas mahasiswa adalah belajar. Belajar,

    mengumpulkan, meneliti, menyimpulkan dan

    menerapkan ilmu-ilmu yang telah mereka

    serap selama proses belajar. Baik ilmu yang

    dikumpulkan dalam lingkungan kampus

    maupun di tengah-tengah masyarakat.

    Diharapkan pula selama proses belajar, para

    mahasiswa mampu menemukan hal-hal baru

    yang berguna dan bisa diterapkan di

    lingkungan sekitar. Juga dapat

    membanggakan negara dengan tindakan-

    tindakan positif yang membuat banyak mata

    'melirik' dan tertarik pada hal itu.

    4.Para ilmuwan bisa mengajak masyarakat

    berpartisipasi baik secara langsung maupun

    tidak langsung. Dengan melibatkan

    langsung maupun tidak langsung,

    masyarakat paling tidak, tidak akan merasa

    diabaikan atau dilupakan. Mereka justru

    merasa berguna karena bisa membantu

    langsung. Mereka juga mendapatkan ilmu

    dan paling tidak mendapatkan pelajaran

    dari eksperimen atau penelitian tersebut.

    BalasHapus
  89. Nama: IDA AKSAMINA INSORAKI RUNTUBOY
    Nim : 802011091


    1) indonesia mengalami kemunduran di bidang pengetahuan kita ketahui bahwa di bidang pengetahuan itu sangat dan teramat penting bagi sumber daya manusia.jadi pengetahuan itu seperti informasi yang di berikan kepada seorang yang mengenai kebenaran dan ketepatan.maka prinsip penting adalah proses belajar ini menyatakan bahwa mempelajari asosiasi bisa di permudah dengan jalan memberikan kepada orang yang tengah belajar maka di sebut informasi yang mengenai kemajuan.maka semuanya ini di perlukan pada pendidikan,pendidikan itu adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik yang secara aktif pada guru yang mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual,keagamaan,keadilan diri,kepribadian kecerdasan, akhlak yang mulia,serta keterampilan yang di perlukan di dirinya sumber daya manusia pada masyarakat.maka jenjang pendidikan itu adalah tahapan pendidikan yang di dasarkan pada tingkat perkembangan peserta didik,tujuan yang di capai,dan kemampuan yang berkembang.ini yang sangat di perlukan agar kemunduran di bidang pengetahuan bisa menggungah kesadaran kita sebagai masyarakat indonesia agar kita hidup lebih baik dan lebih maju dari sebelumnya.


    2) filsafat ilmu dan logika itu ilmu yang sangat sulit.tetapi filsafat ilmu dan logika itu mempunyai peran yang penting untuk membahas pada batas-batas pengetahuan,dari dasarnya pengetahuan itu kita kita bisa membawa kesimpulan bahwa arti "DASAR"
    pengetahuan ini kita bisa menyelidiki dari asal dan terstruktur dari pengetahuan karena pengetahuan itu harus di landasi oleh dasar pengetahuan itu.agar kita bisa tau sebab dan akar dari permasalahan untuk menyelamatkan dan membantu jalan keluar agar indonesia lebih maju di bidang pengetahuan.


    3) mahasiswa di indonesia mengemukakan bahwa mata kuliah dasar umum itu harus benar-benar kita fondasikan bagi bangunan ilmu kita melalui pengetahuan yang kita dapat dan kesadaran bagi masing-masing mahasiswa itu harus tau makna dari kuliah itu sebagai melayani dunia kerja,mengembangkan ilmu dan mengabdi bagi masyarakat maka pendidikan itu untuk mengejar keahlian khusus dan juga sesuatu yang dilihat tetapilebih mendalam bagi pemberian pengetahuan,pertimbangan dan kebijaksanaan.maka ini salah satu dasar utama pendidikan untuk mengejar kebudayaan melewati generasi.dan pendidikan dasar,menengah,dan tinggi yang mempersiapkan peserta didik untuk dapat menjalankan peranan yang menuntun penguasaan pengetahuan dan pengalaman terhadap ajaran.maka di didik memiliki kecerdasan yang luar biasa.maka pendidikan merupakan tujuan dari adanya pendidikan yaitu sebagai objek dari pendidikan khususnya bagi mahasiswa indonesia.


    4) jadi menurut pemikiran saya agar rakyat merasa di pedulikan bagimana filsuf atau ilmuwan harus bertindak mengembangkan ,mengelolah,membangun sarana di bidang ilmu pengetahuan yang bisa terbutuhi oleh masyarakat indonesia karena di indonesia banyak sekali masyarakat yang mengalami pengangguran,dan putus sekolah karena kekurang ekonomi sehingga berpengaruh pada mereka,jadi pendidikan harus di sajikan memenuhi pada nilai-nilai hidup mereka.agar nilai hidup bisa meliputi nilai yang mana baik dan jahat.maka penyajiannya tidak boleh pendidikan sifatnya memaksa kepada anak didik,tetapi di berikan nilai hidup yang berobjektif ilmiah.dalam pendidikan yang ada di indonesia seharusnya di jalani di atas sistem tersebut agar rakyat indonesia bisa merasa di pedulikan bagi filsuf atau ilmuwan.

    BalasHapus
  90. Nama : Hizkia Elhanan Roy

    NIM : 802011097



    1. kemunduran yang dialami oleh ilmu pengetahuan membuat SDM Indonesia dan bangsa Indonesia terpuruk ; persebaran guru yang kurang merata juga ilut ambil alih dalam keterpurukan yang dialami oleh bangsa Indonesia
    2. Beri pemnambahan bobot pada MKDU dan paradigma proses belajar ditingkatkan bukan behavioristik tapi konstruktivisik
    3. Mengaplikasikan ilmu yang didapat bukan hanya menjadi ”pelayan kantoran” tapi juga melayani masyarakat bersama-sama ilmuan,filsuf,pemerintah guna meningkatkan mutu pendidikan
    4. Memusuhi kebodohan dan membantu masyarakat Indonesia untuk keluar dari jerat itu sehingga SDM Indonesia bisa alami peningkatan pendidikan

    BalasHapus
  91. TTS Filsafat Ilmu dan Logika
    Eric johnatan
    802011078

    1. Gejala-gejala yang bisa kita lihat langsung adalah rendahnya nilai moral di dalam masyarakat Indonesia, dimana para pemimpin berkutat dengan korupsi serta haus kekuasaan, ini berdampak lansung kepada masyarakat. Dana pendidikan yang berjumlah triniyunan rupiah tidak bisa di nikmati semua siswa/siswi. Masih banyak sekolah yang tidak mempunyai infrastuktur, alat peraga, dll.Ini mengakibatkan pendidikan menjadi barang yang langkah abgi orang-orang pinggiran dan kaum tidak mampu. Dan hasilnya sekali lagi adalah pengganguran dan juga tingginya tingkat kriminalitas.
    2. Filsafat ilmu dan logika membantu untuk menyelamatkan Indonesia dengan cara mencari titik utama permasalahan yang terjadi. Filsafat ilmu dan logika bukan hanya menilai secara subjektif tetapi mencari dan menguji titik permasalahan tersebut. Setelah mendapatkan titik pemasalahan barulah kita mulai memperbaiki secara berkelanjutan agar perbaikan yang dilakukan optimal.
    3. Mahasiswa harus mengubah pola pikir mereka dari yang hanya melayani dunia kerja, tp bagaimana mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari kepada masyarakat agar terhindar dari kemerosotan dan ambruknya negara.
    4. Para filsuf dan ilmuan harus mengaplikasikan ilmu yang mereka miliki dalam kehiduoan masyarakat. Ilmu yang berguna bagi masyarakat itu akan membantu para filsuf dan ilmuan di terima secara luas di salam masyarakat

    BalasHapus
  92. Jawaban TTS Filsafat Ilmu dan Logika
    Nama : Virginia Fourency
    NIM : 802011104

    1)tanda-tanda atau gejala-gejala yang saya lihat dari begitu banyaknya kenyataan yang menunjukkan Indonesia menuju kepada ambruknya peradabannya sendiri dalam bidang yang mengenai buruknya pendidikan di indonesia dimana dalam sistem pengajarannya yang diberikan guru kepada murid sangat minim sekali yang dimana guru tersebut mengajarkannya tidak berdasarkan kemampuan muridnya yang tanpa dilandasi secara formil atau pada kenyataan yang terdapat dalam masyarakat,sehingga hampir rata-rata murid tersebut sulit menerima.bahkan sistem pengajarannya pun sangatlah tidak konsekuensi dengan kenyataan dalam masyarakat bahkan
    fasilitas belajar yang dimana dibutuhkan murid sangat terbatas karna kurang perhatian dari pemerintah khususnya dalam bidang pendidikan.

    2) Cara "Filsafat Ilmu & Logika" membantu menyelamatkan Indonesia dengan cara penelitian atau meriset terhadap unsur manusianya sendiri karena tanpa manusia itu sendiri negara(indonesia)tidak dapat terselamatkan karena negara(indonesia) tersebut tidak dapat berbuat apa-apa dalam penyelamatan,sedangkan dari unsur manusianya sangatlah berperan dalm mengatasi yang dimana manusianya telah dibekali dalam ilmu pengetahuannya dan tingkatan pengetahuannya dalam menyikapi permasalahan yang ada di indonesia,sehingga masyarakat dapat bekerjasama dalam mengatasi hal hal yang menyangkut permasalahan indonesia

    3) peran mahasiswa sangatlah penting dalam kelompok masyarakat menengah dikarenakan pola pikir mereka sebagai mahasiswa yang memiliki ilmu pengetahuan yang dibutuhkan dalam masyarakat sebagai ujung tombak bermasyarakat sebagaimana pola pikir masyarakat sangat terbatas dan minim dikarenakan masyarakat tidak peduli dengan kepentingan politik di indonesia dan pengetahuan diluar.dan mahasiswapun harus bekerjasama dengan pemerintah agar mahasiswa tersebut dapat memberi informasi kepada masyarakat demi kepentingan bersama.

    4.yang harus dikerjakan filsuf atau ilmuwan agar rakyat merasa kembali dipedulikan yaitu mempercayakan rakyat atau masyarakat dalam bidang apa pun.karena para filsuf maupun ilmuan berkembang dan bekerjasama dengan rakyat guna kebutuhan penelitiannya bahkan manusiapun tidak lepas dengan ketergantungan terhadap induvidu lainnya.

    BalasHapus
  93. Nama : Intan Panjaitan
    NIM :802011075

    1. ebenaran sebagai tanda-tanda atau gejala-gajala yang menunjukkan bahwa Indonesia menuju kepada ambruknya peradabannya sendiri seperti yang diramalkan oleh Terry Mart bahwa
    . Fakta bahwa kontribusi ilmu belum dirasakan masyarakat secara signifikan.
    Contohnya adalah, tenaga-tenaga pengajar yang tidak merata, yang profesional dan berkualitas, hanya ditempatkan di kota-kota besar saja.
    . Kehancuran peradaban Indonesia potensial akibat kemunduran ilmu pengetahuannya.
    Contohnya, penemuan ilmu dari pada filsuf dan ilmuwan yang tidak dapat sepenuhnya dimengerti dan digunakan oleh rakyat luas.
    . Ilmu pengetahuan Indonesia antara lain diakibatkan oleh sivitas akademika yang tidak menunaikan tugas khas dan kekaryaanya yang spesifik, tidak adanya komunitas ilmiah Indonesia yang solid dan bermutu, kualitas dan kuantitas pengajar tidak merata di setiap wilayah, dan rendahnya Indeks Pembangunan Pendidikan di Indonesia.
    Contohnya, hasil dari indeksi pendidikan yang kian menurun di Indonesia, dan generasi-generasi penerus bangsa yang semakin "bobrok".
    . Perlunya memberi prioritas pembangunan sumber daya manusia dalam gerakan pembangunan infrastuktur sains.
    Karena, perkembangan pada bidang sains khusunya, lebih diidekasikan kepada para siswa jenius, teapi tidak menyeluruh. Dan tidak ada kepedulian pemerintah akan perkembang dari pendidikan indonesia.

    2. Sesuai dengan tujuan dari 'Filsafat Ilmu dan Logika' yaitu mencari pembenaran akan ilmu, jadi pada peran ini, 'Filsafat Ilmu dan Logika' megambil peran mencari titik pangkal, yang merupakan indikasi penentu kebenaran itu sendiri.

    3. Peran mahasiswa sebagai bagian dari bangsa, dan juga tonggak bangsa ini adalah
    - Mmemeperbaharui cara pola pikir para generasi muda, agar gagasan yang keluar tidak hanya demi kepentingan pribadi, tapi bersama.
    - Dalam perkuliahan, berusaha memeberikan yang terbaik, dan menajdi lulusan terbaik. Sehingga ketika masuk dalam dunia pekerjaan, tidak menjadi sarjana pengangguran, tepai dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain.

    4. Peran dari filsuf dan ilmuwan adalah seharusnya menjadi media pencarin pengetahuan baru bagi masyarakat. Maka dari itu, para filsuf dan ilmuwan harus kembali pada visi ini, dan bukan lagi mencari ilmu untuk kepentingan sendiri.
    Dan melalui itu memberi pengetahuan bagi masyarakat, dan menghasilkan SDM-SDM baru yang berkualitas bagi bangsa dan negara.

    Sekian tugas ini saya buat, trima kasih.

    BalasHapus
  94. Jawaban TTS Filasafat dan Logika
    NAMA: Maria Sriwijaya
    NIM :802011062


    1. Tanda-tanda atau gejala-gejala yang menunjukan Indonesia menuju kepada “ambruknya peradaban sendiri” adalah :
     pertama, fakta bahwa kontribusi ilmu belum dirasakan masyarakat secara signifikan.
     Kedua, kehancuran peradaban Indonesia potensial akibat kemunduran ilmu pengetahuannya.
     Ketiga, kemunduran ilmu pengetahuan Indonesia antara lain diakibatkan oleh sivitas akademika yang tidak menunaikan tugas khas dan kekaryaanya yang spesifik, tidak adanya komunitas ilmiah Indonesia yang solid dan bermutu, kualitas dan kuantitas pengajar tidak merata di setiap wilayah, dan rendahnya Indeks Pembangunan Pendidikan di Indonesia.
     Keempat, perlunya memberi prioritas pembangunan sumber daya manusia dalam gerakan pembangunan infrastuktur sains
    2. cara "Filsafat Ilmu & Logika" membantu menyelamatkan Indonesia adalah dengan memberi pembobotan lebih besar pada Mata Kuliah Filsafat Ilmu, Logika, Kemampuan Berbahasa, Metodologi Penelitian, dan Teknik Penulisan Ilmiah. Tenaga akademik, kepustakaan, akses ke sumber, dan fasilitas penunjang lainnya harus ditingkatkan. Paradigma proses belajar mengajar harus lebih konstruktivistik ketimbang yang behavioristik. Minimal kombinasi antara kognitifistik, sosialistik dan humanistik agar mahasiswa tidak sekadar belajar tetapi tahu cara belajar.

    3. Peran yang seharusnya dilakukan/dimainkan oleh mahasiswa sebagai bagian dari kelompok kelas menengah di Indonesia untuk menyelamatkan negara mereka adalah
    • Mahasiswa harus dapat mengembangkan apa yang sudah diperoleh selama pembelajaran di kampus dan menuangkan seluruh potensi yang dimiliki hingga dapat bersaing hingga jenjang Internasional yang dapat membawa nama baik negaranya di mata Internasional.
    • Mahasiswa dapat menerapkan ilmunya dalam kehidupan nyata sehingga dapat berpikir secara kritis untuk perkembangan negara lebih baik serta tertata rapi bagi bangsa dan negara

    4. Yang harus dikerjakan filsuf atau ilmuwan agar rakyat merasa kembali dipedulikan adalah harus bersinergi saling memberdayakan diri dengan lebih peduli dan giat kepada setiap usaha pembangunan, pengembangan, dan pemanfaatan ilmu. para ilmuwan/filsuf untuk bisa bekerja sama dengan pemerintah untuk dapat menanamkan penyuluhan-penyuluhan pendidikan seperti mengadakan sekolah terbuka bagi mereka / rakyat yang tidak mampu.

    BalasHapus
  95. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  96. ---- TTS ----
    NAMA : BRISKIA G. A. AMAHEKA
    NIM : 802011016

    1."Kebenaran' sebagai tanda-tanda atau gejala-gejala yang saya lihat :
    > Kesejahteraan bangsa tak kunjung dinikmati oleh rakyat karena tidak pedulinya pada masalah krusial bangsa & pembentukan komunitas ilmiah
    > Ilmu pengetahuan di Indonesia semakin memburuk / mengalami kemunduran karena tidak meratanya kuantitas & kualitas guru di tiap daerah sehingga menyebabkan pengeroposan proses pendidikan. Kontribusi ilmu belum dirasakan masyarakat secara signifikan.

    2. Cara "Filsafat Ilmu & Logika" membantu menyelamatkan Indonesia Yaitu dengan menemukan titik pangkal sebagai indikator penentu dalam pengambilan keputusan yang tepat. Penulis melihat titik pangkal yang potensial yaitu dengan membuat kurikulum pendidikan tinggi di Indonesia dengan langkah awal menata ulang kurikulum MKDU pada mata kuliah Filsafat Ilmu, Logika, Kemampuan Berbahasa, Metodologi Penelitian, dan Teknik Penulisan Ilmiah, Tenaga akademik, kepustakaan, akses ke sumber, dan fasilitas penunjang lainnya harus ditingkatkan. Kerangka berpikir dalam proses belajar-mengajar juga diubah sehingga mahasiswa tidak terasingkan dari eksistensinya yaitu sebagai pengembang dan pengamal ilmu

    3. Peran yang seharusnya dilakukan / dimainkan oleh mahasiswa :
    a)Mahasiswa mampu mengembangkan dirinya tidak hanya kuliah-pulang, kuliah-pulang saja agar dapat melayani dunia kerja.
    b)Mahasiswa mampu mengembangkan ilmu yang didapat dalam perkuliahan sehingga dapat mengabdi pada masyarakat.

    4. Yang sebenarnya harus dikerjakan filsuf atau ilmuwan agar rakyat merasa kembali dipedulikan :
    a)Ilmuwan / filsuf harus bertanggung jawab pada rakyat yang menjadi ‘korban’ pengembangan ilmu, yang akhirnya ilmu itu sendiri mengalami kemunduran.
    b)Ilmuwan / filsuf harus kembali ke tujuan awal bangsa (yang menjadi tujuan belajar bangsa-bangsa ASEAN) yaitu mencerdaskan kehidupan rakyat, memajukan kesejahteraan rakyat, dan keadilan bagi seluruh rakyat dalam pengembangan ilmu itu sendiri sehingga rakyat merasa kembali dipedulikan dan kembali ke esksistensinya.

    BalasHapus
  97. Nama : Xnatius Megantoro
    NIM : 802011069
    Jawaban:
    1. Kebanaran yang menunjukkan adanya tanda-tanda atau gejala-gejala kehancuran peradaban Indonesia ditandai dengan merosotnya atau kemunduran ilmu pengetahuan dan pendidikan di Indonesia. Yaitu seperti yang telah disebutkan dalam artikel bahwa ‘kualitas dan kuantitas guru tidak merata di antara daerah’. Itu benar karena banyak didaerah-daerah pelosok yang sampai saat ini kualitas maupun sarana prasarana untuk menunjang pendidikan masih jauh tertinggal dari yang berada di kota-kota besar. Dan sangat perlu memberi prioritas pembangunan sumber daya manusia dalam gerakan pembangunan infrastuktur sains. Selain itu, menurut saya kepedulian akan pentingnya kualitas pendidikan juga sering diabaikan bahka oleh pengajar ataupun pendidik karena masih adanya sikap kerja untuk mendapat upah (gaji) sehingga mereka hanya terfokus pada hal-hal material yang mereka terima. Juga masih adanya pengajar yang kurang berpengalaman sehingga kualitas pendidikan di Indonesia kurang maksimal dan cenderung semakin menurun.
    2. Cara "Filsafat Ilmu & Logika" membantu menyelamatkan Indonesia adalah dengan menata ulang kurikulum Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) dengan memberi pembobotan lebih besar pada Mata Kuliah Filsafat Ilmu, Logika, Kemampuan Berbahasa, Metodologi Penelitian, dan Teknik Penulisan Ilmiah. Tenaga akademik, kepustakaan, akses ke sumber, dan fasilitas penunjang lainnya harus ditingkatkan. Paradigma proses belajar mengajar harus lebih konstruktivistik ketimbang yang behavioristik. Minimal kombinasi antara kognitifistik, sosialistik dan humanistik agar mahasiswa tidak sekadar belajar tetapi tahu cara belajar. MKDU harus benar-benar menjadi fondasi yang memerkokoh bangunan keilmuan dan penggerak semangat belajar mahasiswa. Tujuan ultimanya, mahasiswa memiliki kesadaran tentang makna kuliah: melayani dunia kerja, mengembangkan ilmu, dan mengabdi kepada rakyat. dengan menata ulang kurikulum Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) dengan memberi pembobotan lebih besar pada Mata Kuliah Filsafat Ilmu, Logika, Kemampuan Berbahasa, Metodologi Penelitian, dan Teknik Penulisan Ilmiah. Tenaga akademik, kepustakaan, akses ke sumber, dan fasilitas penunjang lainnya harus ditingkatkan. Paradigma proses belajar mengajar harus lebih konstruktivistik ketimbang yang behavioristik. Minimal kombinasi antara kognitifistik, sosialistik dan humanistik agar mahasiswa tidak sekadar belajar tetapi tahu cara belajar. MKDU harus benar-benar menjadi fondasi yang memerkokoh bangunan keilmuan dan penggerak semangat belajar mahasiswa. Tujuan ultimanya, mahasiswa memiliki kesadaran tentang makna kuliah: melayani dunia kerja, mengembangkan ilmu, dan mengabdi kepada rakyat.
    3. Peran yang seharusnya dilakukan/dimainkan oleh mahasiswa sebagai bagian dari kelompok kelas menengah di Indonesia untuk menyelamatkan negara mereka adalah harus menyadari bahwa kehancuran peradaban Indonesia harus kita atasi bersama, maka, seluruh elemen bangsa Indonesia harus bersinergi saling memberdayakan diri dengan lebih peduli dan giat kepada setiap usaha pembangunan, pengembangan, dan pemanfaatan ilmu. Oleh karena itu kita sebagai mahasiswa harus mampu berpikir kritis serta adanya kemauan untuk mengembangkan setiap pengetahuan yang telah didapat sehingga para mahasiswa memiliki bekal untuk berperan dalam mempertahankan bahkan menata kembali beradaban Indonesia. Serta meningkatkan kepedulian untuk terus dan giat belajar dan mengaplikasikannya dalam dunia nyata bermasyarakat sebagai mahasiswa bangsa Indonesia.
    4. Yang harus dikerjakan filsuf atau ilmuwan agar rakyat merasa kembali dipedulikan yaitu dengan menempatkan diri mereka ditengah masyarakat dan membuat diri para Filsuf dikenal oleh masyarakat. Dalam tugas-tugas mereka sebagai filsuf, para filsuf juga harus berperan langsung dalam masyarakat. Namun juga harus ada pemerlakuan timbal balik sehingga tidak hanya rakyat yang dipedulikan para filsuf tapi juga para filsuf yang dipedulikan rakyat.

    BalasHapus
  98. TTS
    Nama: Mahendra Pratamajsti
    Nim: 802011004

    Jawab:

    1. terlihat dari pendidikan di indonesia yang masih belum merata dan sepertinya juga cenderung terlihat seperti belum di nomor satukan.
    juga terlihat dari dunia medis indonesia yang selalu ketinggalan dari negara-negara luar, menunjukkan kebenaran dari apa yang di katakan Terry Mart'

    2. karena filsafat ilmu dan logika mengajarkan agar kita mampu untuk mengetahui tentang cara belajar, menyebarkan ilmu dan amalkan ilmu, bukan hanya menerima ilmu.
    juga karena filsafat ilmu dan logika mentgajarkan untuk terus mencari pangkal dari semua masalah yang akan sangat efektif bila suatu masalah di berantas dari akar'

    3. dengan cara mengembangkan ilmu yang ia dapat.
    . membagikan ilmu yang ia dapat kepada masyarakan bawah'
    . ikut membantun mencari pangkal permasalahn dari suatu kejadian.

    4. menurut saya para ilmuan dan filsuf seharusnya membagi, mengamalkan dan menyebarkan hasil kerja mereka atau hasil penelitian mereka pada masyarakan. agar masyarakat tidak merasa dipedulikan oleh para ilmuan dan para pilsuf

    BalasHapus
  99. Nama : Mariska Liontina A
    NIM : 802011064

    1. "Kebenaran'’ sebagai tanda-tanda atau gejala-gejala yang saya lihat adalah pada saat ini di Indonesia sudah banyak terjadi kekacauan dalam bidang pendidikan. Kekacauan dalam bidang pendidikan tersebut merupakan salah satu tanda-tanda atau gejala-gejala ambruknya peradaban Indonesia. Dunia pendidikan merupakan metode pembelajaran yang penting guna mendidik penerus bangsa. Jika dalam sivitas akademikapun sudah tidak melaksanakan tugasnya dengan baik, maka bukan suatu hal yang aneh bila negara kita ini mengalami suatu kemerosotan. Disisi lain pemerintah maupun rakyat sudah mulai tidak bisa bekerjasama dan tidak sependapat dalam berbagai hal. Tidak adanya kerjasama dan perbedaan pendapat tersebut semakin memperparah kemajuan Indonesia selain masalah pendidikan tersebut. Maka bukan suatu hal yang mengherankan jika apa yang di ramalkan oleh Terry Mart benar-benar menjadi sebuah kenyataan di masa yang akan datang.
    2. Filsafat ilmu dan logika sebenarnya memiliki peran yang penting dalam usaha menyelamatkan Indonesia. Salah satu cara yang dapat dilakukan supaya filsafat ilmu dan logika dapat mengambil peran adalah dengan menata ulang kurikulum Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) dengan memberi pembobotan lebih besar pada Mata Kuliah Filsafat Ilmu, Logika. Dengan begitu filsafat ilmu dan logika dapat membantu mahasiswa untuk mengkritisi dan peduli dengan apa yang terjadi pada negara kita ini. Kemudian dari kegiatan berpikir mendalam (ilmiah) atau berfilsafat dapat dihasilkan berbagai kesadaran baru sehingga wajar jika kemudian memunculkan cabang pengetahuan. Kesadaran baru tersebut diharapkan merupakan suatu kesadaran yang dapat memecahkan masalah negara ini. Filsafat ilmu dan logika dapat mengadakan suatu observasi yang melibatkan mahasiswa didalamnya guna mencari titik pangkal masalah negara kita. Dengan begitu diharapkan filsafat ilmu dan logika dapat bekerjasama dengan mahasiswa yang berfilsafat ria dalam membantu menyelamatkan Indonesia.
    3. Dalam masalah yang sedang kita hadapi sekarang ini, tidak hanya memerlukan hasil pemikiran pemerintah atau pihak-pihak khusus saja tetapi peran mahasiswapun sangat dibutuhkan. Mahasiswa sebagai pengembang dan pengamal ilmu seharusnya dapat lebih aktif turun kedalam masyarakat guna mengembangkan dan mengamalkan ilmu yang didapat. Mahasiswa harus dapat mengambil peran sebagai penyatu antara pemerintah dan masyarakat. Serta mahasiswa turut mengambil peran dalam memberikan pembelajaran yang lebih dalam kepada masyarakat awam. Selain itu, mahasiswa sebagai pemikir kritis seharusnya lebih memikirkan kelangsungan bangsa. Sehingga mahasiswa dan seluruh elemen bangsa Indonesia dapat bersinergi saling memberdayakan diri dengan lebih peduli dan giat kepada setiap usaha pembangunan, pengembangan, dan pemanfaatan ilmu.
    4. Rakyat merupakan elemen penting dalam suatu negara. Suatu negara bukanlah negara yang utuh jika didalamnya tidak terdapat rakyat yang mendukung negara tersebut supaya dapat berkembang. Para filsuf atau ilmuwan seharusnya tidak hanya memikirkan sendiri cara pemecahan yang baik dalam masalah yang kita hadapi sekarang ini. Pendapat dan inspirasi rakyat dapat juga membantu. Karena mungkin saja ada suatu pemecahan yang tidak terpikirkan oleh para filsuf atau ilmuwan dan dapat ditemukan setelah mencari atau mendengarkan pendapat serta masukan dari rakyat. Dengan begitu rakyatpun lebih merasa dipedulikan dan dilibatkan.

    BalasHapus
  100. TTS
    Nama : Anasthasya Fielia Litelnoni
    NIM : 802011094

    1.Tanda-tanda atau gejala yang saya lihat yang menunjukkan Indonesia menuju kepada 'ambruknya peradaban sendiri' berasal dari dunia pendidikan dimana konsep-konsep landasan ilmu yang menjadi dasar pemikran kaum intelektual yaitu ontologi, epistemologi dan aksiologi mulai ditinggalkan. contoh: mahasiswa yang menyusun skripsi hanya berorientasi pada cepat lamanya kelulusan mereka. Hasil akhirnya, penelitian yang dibuat sering merupakan penelitian yang dangkaldan tidak memiliki nilai guna (aksiologi) untuk masyarakat. Hal ini bertentangan dengan salah satu tri dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian masyarakat. Mahasiswa hanya didikte teori-teori abstrak sehingga mahasiswa sibuk dalam dunia universitas, sedangkan masyarakat bergumul sendiri mengenai permasalahan yang mereka alami. jika hal ini terus terjadi, maka yang diramalkan Terry Mart akan terjadi.

    2. Peran filsafat ilmu dan logika sangat penting dalam penyusunan kurikulum. kurikilum Pendidikan Tinggi di Indodesia sekarang cenderung memotivasi mahasiswa untuk memperoleh ilmu setinggu mungkin guna mendapat jabatan tinggi dan juga memperoleh kesejahteraan hidup. Filsafat ilmu sebagai 'mother of science' memiliki peran untuk mengembalikan kurikulum yang bersifat pragmatis kepada 3 landasan ilmu yaitu: epistemologi, otologi. dan aksiologi. kesadaran akan 3 landasan hukum ini akan membawa kita mengetahui bagaimana cara belajar sehingga menjadi calon ilmuwan yang peka terhadap situasi sosial. filsafat ilmu dan logika harus benar-benar menjadi fondasi yang memerkokoh bangunan keilmuwan dan penggerak semangat belajar mahasiswa.

    3.Peran nyata dari mahasiswa dalam menyelamatkan negara adalah sangat simple. Menurut saya dalam bidang keilmuannya masing-masing penelitian-penelitian atau karya tulis mahasiswa hendaknya mengangkat fenomena-fenomena yang terjadi di masyarakat sehingga hal ini membawa nilai guna bagi mahasiswa dan juga aplikasinya dapat dilakukan dalam lingkungan masyarakat yang menjadi kajian penelitian dari mahasiswa tersebut. Dengan melakukan hal tersebut maka mahasiswa juga turut melakukan misi universitas yaitu penelitian dan pengabdian masyarakat.

    4. Aksiologi atau nilai guna dari bidang ilmu yang dipelajari oleh filsfuf dan ilmuwan harus memiliki dampak nyata bagi perkembangan masyarakat. Riset-riset tidak saja harus dikembangkan dalam laboratorium atau eksperimental tapi mulai menyentuh fenomena-fenomena nyata yang terjadi dalam masyarakat dan dengan demikian skill keilmuaan yang dimiliki oleh filsuf dan ilmuwan tidak menjadi menara gading tapi benar-benar dapat berkontribusi dalam kesejahteraan masyarakat.

    BalasHapus
  101. Nama :Lilis sundari
    NIM :802011116

    Jawaban:
    1.Kebenaran yang menunjukkan adanya tanda-tanda atau gejala-gejala kehancuran peradaban Indonesia ditandai dengan merosotnya atau kemunduran ilmu pengetahuan dan pendidikan di Indonesia. Yaitu karena kualitas dan kuantitas guru di Indonesia tidak merata. serta cenderung tidak menomorsatukan pendidikan ini terbukti dengan banyaknya anak-anak Indonesia yang putus sekolah.selain itu Pembangunan sumber daya manusia yang tidak dapat mengimbangi arus globalisasi yang sudah ada di Indonesia. sehingga perkembangan pendidikan bangsa Indonesia mengalami kemrosotan.
    2.Filsafat Ilmu & Logika membantu menyelamatkan Indonesia karena dapat memberikan indikator pengambilan keputusan sehingga kita dapat mengambil keputusan yang tepat. selain itu filsafat dapat membantu mencari akar permasalahan pendidikan di Indonesia dan cara untuk mengatasinya.
    3.peran mahasiswa untuk ikut andil dalam mengatasi pendidikan di negara ini adalah membantu menyadarkan masyarakat bahwa pendidikan itu penting. dam mengaplikasikan ilmu yang telah didapat agar bermanfaat bagi masyarakat dan membantu negara mencari solusi dan menemukan dari masalah pendidikan diInsonesia.
    4. menamankan pola berpikir dalam masyarakat bahwa pendidikan penting untuk mensejaterakan kehidupan.

    BalasHapus
  102. TTS
    Risang Anggara
    802011120

    1. Menurut pendapat saya kebenaran dan kenyataan sekarang ini , mengapa Indonesia mengalami keambrukan dan kemerosotan terutama dalam bidang ilmu pengetahuan dan pendidikan . karena disebabkan oleh kurangnya mutu pendidikan itu sendiri , para pengajar yang kurang terampil . Pendidikan untuk semua akan gagal terwujud karena kualitas dan kuantitas guru tidak merata diantara daerah. Contohnya kurang nya tenaga-tenaga pengajar didaerah pelosok dan terbatasnya kemampuan intelektual tenaga pengajar

    2. Cara Filsafat Ilmu dan Logika membantu menyelamatkan Indonesia adalah dengan memberikan pengembangan dan pengamalan ilmu Filsafat Ilmu dan Logika itu sendiri terhadap mahasiswa agar mahasisiwa tidak terasingkan dari eksistensinya. Oleh sebab itu Filsafat Ilmu dan Logika perlu meminimalkan kombinasi kognitifistik, sosoalistik dan humanistik sehungga filsafat ilmu dan logika secara tidak langsung dapat menyadarkan mahasiswa tentang makna kuliah itu sendiri

    3. Mahasiswa harus mengubah pola pikir mereka dan bagaimana mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajarinya. Dan mahasiswa harus turut ambil bagian dalam menciptakan negaranya dengan cara belajar mengembangkan potensi dalam dirinya dan menuangkan seluruh potensi yang dimiliki hingga dapat bersaing hingga jenjang Internasional yang dapat membawa nama baik negaranya di mata Internasional.

    4. Yang harus dikerjakan filsuf atau ilmuan adalah perlunya memberi prioritas pembangunan sumber daya manusia dalam gerakan pembangunan infrastuktur sains. menyadarkan masyrakat akan betapa pentingnya ilmu pengetahuan itu sendiri,karena ilmu pengetahuan sangat berperan penting dalam memajukan negara indonesia dari kemiskinan.

    BalasHapus
  103. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  104. Nama : Sisca R
    NIM : 802011070

    1. Gejala-gejala yang saya lihat adalah pengeroposan proses pendidikan di Indonesia dan tidak meratanya pendidikan yang ada di Indonesia dengan kata lain di daerah-daerah terpencil belum mendapatkan pendidikan yang layak.

    2. Cara filsafat ilmu dan logika dalam menyelamatkan Indonesia adalah kehancuran peradaban Indonesia harus kita atasi bersama, dan seluruh elemen bangsa Indonesia harus bersinergi saling memberdayakan diri dengan lebih peduli dan giat kepada setiap usaha pembangunan, pengembangan, dan pemanfaatan ilmu.

    3. Menurut saya, yang akan saya lakukan adalah saya akan meningkatkan mutu pendidikan agar dalam generasi selanjutnya akan memperoleh pendidikan yang lebih layak.

    4. Yang harus dikerjakan filsuf atau ilmuan agar rakyat merasa kembali dipedulikan adalah rakyat merasa tidak dipedulikan karena ilmuan tidak melakukan suatu penelitian untuk membantu kehidupan rakyat. Yang harus dilakukan oleh ilmuwan dan filsuf adalah membuat suatu penemuan yang inovatif dan kreatif untuk membantu rakyat dalam segala bidang.

    BalasHapus
  105. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  106. nama : Ludwig srikuning
    nim : 802011079


    1.Kesejahteraan bangsa tidak bisa dinikmati rakyat Indonesia menurut axiologinya.Mart juga mengingatkan bahwa ‘Indonesia mengalami kemunduran dalam bidang ilmu pengetahuan’ dilihat dari kualitas dan kwantitas dari guru berbeda disetiap daerah ( tidak setara).
    Makna temuan itu, peringatan keras dan tuntutan agar seluruh stakeholder keilmuan Indonesia segera melakukan konsolidasi untuk menguatkan dan membangun ‘sosok’ keilmuan Indonesia yang sinergis dan visioner. Di wilayah Aksiologi, dapat dibedakan menjadi:
    a. Fakta bahwa kontribusi ilmu belum dirasakan masyarakat secara signifikan.
    b. Kehancuran peradaban Indonesia potensial akibat kemunduran ilmu pengetahuannya.
    c. Kemunduran ilmu pengetahuan Indonesia antara lain diakibatkan oleh sivitas akademika yang tidak menunaikan tugas khas dan kekaryaanya yang spesifik, tidak adanya komunitas ilmiah Indonesia yang solid dan bermutu, kualitas dan kuantitas pengajar tidak merata di setiap wilayah, dan rendahnya Indeks Pembangunan Pendidikan di Indonesia.
    d. Perlunya memberi prioritas pembangunan sumber daya manusia dalam gerakan pembangunan infrastuktur sains.

    2.Yang dapat menjadi indikator penentu yaitu titik pangkal dalam filsafat dan ilmu logika itu sendiri. Oleh sebab itu pemeriksaan dari kebenaran itu ajib dilakukan. Titik pangkal permasalahan kemunduran peradaban Indonesia juga harus dicari dan dilakukan untuk dapat mengetahui dasar atau akar dari masalah ini. Dilihat secara subjektif dan secara bersama ditetapkan sebagi titik pangkal yang harus dipecahkan, sehingga ilmu dilihat dari ilmu filsafat dan logika, sebaiknya masalah ini bisa diuji kebenarannya dengan benar sehingga dapat terselesaikan.

    3.Sebagai mahasiswa kita seharusnya menyibukkan diri berbenah dan menjadi tenaga kerja. Sehingga, Mahasiswa tidak boleh hilang dari eksistensinya yaitu sebagai pengembang dan pengamal ilmu. Maka langkah awalnya adalah mengurai masalah ini yaitu dengan menata ulang kurikulum Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) dengan memberi pembobotan lebih besar pada Mata Kuliah Filsafat Ilmu, Logika, Kemampuan Berbahasa, Metodologi Penelitian, dan Teknik Penulisan Ilmiah. Tenaga akademik, kepustakaan, akses ke sumber, dan fasilitas penunjang lainnya harus ditingkatkan. Paradigma proses belajar mengajar harus lebih konstruktivistik ketimbang yang behavioristik. Minimal kombinasi antara kognitifistik, sosialistik dan humanistik agar mahasiswa tidak sekadar belajar tetapi tahu cara belajar. MKDU harus benar-benar menjadi fondasi yang memerkokoh bangunan keilmuan dan penggerak semangat belajar mahasiswa. Tujuan ultimanya, mahasiswa memiliki kesadaran tentang makna kuliah: melayani dunia kerja, mengembangkan ilmu, dan mengabdi kepada rakyat.

    4.Seharusnya para ilmuwan melakukan tugasnya dengan sebaik – baiknya yaitu melakukan reset yang dapat megatasi masalah yang ada sekarang ini. Mereka para ilmuwan juga seharunya bisa menghargai, menghormati, peduli dengan kondisi rakyat Indonesia saat ini. Saling memberdayakan diri dengan lebih peduli dan giat kepada setiap usaha pembangunan, pengembangan, dan pemanfaatan ilmu. Riset mendalam dan beragam, publikasi karya ilmiah dan buku yang gencar, dan pengabdian masyarakat yang intensif sesuai dengan apa yang seharusnya dilakukan untuk kesejahteraan bersama.

    BalasHapus
  107. Nama : Olaf G A. Amanupunnjo
    Nim : 802011028

    1. Kebenaran sebagai tanda-tanda atau gejala-gejala yang menunjukkan Indonesia menuju kepada 'ambruknya peradabannya sendiri" seperti yang diramalkan Terry Mart.
    Dalam kehidupan suatu negara ilmu pengetahuan /pendidikan memegang peranan yang sangat penting untuk menjamin kelangsungan hidup negara dan bangsa. Karena ilmu pengetahuan / pendidikan merupakan modal untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia.
    Namun Dewasa ini perkembangan pendidikan di Indonesia sangat memprihatin, seperti yang ditegas oleh Mart bahwa “ Indonesia menuju kehancuran peradabannya.
    Hasil Forum Dialog Kebijakan Internasional dari Task Force on Theachers for Education for All di Bali (13-14/9) yang menyimpulkan pendidikan untuk semua bakal gagal terwujud pada 2015 karena ‘kualitas dan kuantitas guru tidak merata di antara daerah’. Makna temuan itu, peringatan keras dan tuntutan agar seluruh stakeholder keilmuan Indonesia segera melakukan konsolidasi untuk menguatkan dan membangun ‘sosok’ keilmuan Indonesia yang sinergis dan visioner. Pertama, fakta bahwa kontribusi ilmu belum dirasakan masyarakat secara signifikan. Kedua, kehancuran peradaban Indonesia potensial akibat kemunduran ilmu pengetahuannya. Ketiga, kemunduran ilmu pengetahuan Indonesia antara lain diakibatkan oleh sivitas akademika yang tidak menunaikan tugas khas dan kekaryaanya yang spesifik, tidak adanya komunitas ilmiah Indonesia yang solid dan bermutu, kualitas dan kuantitas pengajar tidak merata di setiap wilayah, dan rendahnya Indeks Pembangunan Pendidikan di Indonesia. Keempat, perlunya memberi prioritas pembangunan sumber daya manusia dalam gerakan pembangunan infrastuktur sains.
    Hal yang paling mendasar adalah para ilmuan memperdulikan kepentingan pribadi mereka seperti riset atau laboratorium mereka, lebih berorientasi pada pengembangan ilmu padda diri sendiri, ketimbang memberikan sumbangsih dari pengetahuan yang mereka miliki bagi kesejahteraan rakyat. Berdasarkan hal ini maka sekaligus membuka mata dan batin rakyat betapa ternyata ambruknya ilmu pengetahuan bisa menyebabkan ambruknya sebuah bangsa.

    2. Bagaimana cara "Filsafat Ilmu & Logika" membantu menyelamatkan Indonesia?
    Diawali melalui peningkatan mutu pendidikan di perguruan tinggi, yakni :
    • Menata ulang kurikulum Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) dengan memberi pembobotan lebih besar pada Mata Kuliah Filsafat Ilmu, Logika, Kemampuan Berbahasa, Metodologi Penelitian, dan Teknik Penulisan Ilmiah.
    • Tenaga akademik, kepustakaan, akses ke sumber, dan fasilitas penunjang lainnya harus ditingkatkan.
    • Paradigma proses belajar mengajar harus lebih konstruktivistik ketimbang yang behavioristik. Minimal kombinasi antara kognitifistik, sosialistik dan humanistik agar mahasiswa tidak sekadar belajar tetapi tahu cara belajar.
    • MKDU harus benar-benar menjadi fondasi yang memerkokoh bangunan keilmuan dan penggerak semangat belajar mahasiswa. Tujuan ultimanya, mahasiswa memiliki kesadaran tentang makna kuliah: melayani dunia kerja, mengembangkan ilmu, dan mengabdi kepada rakyat.
    Karena kita sepakat kehancuran peradaban Indonesia harus kita atasi bersama, maka, seluruh elemen bangsa Indonesia harus bersinergi saling memberdayakan diri dengan lebih peduli dan giat kepada setiap usaha pembangunan, pengembangan, dan pemanfaatan ilmu. Riset mendalam dan beragam, publikasi karya ilmiah dan buku yang gencar, dan pengabdian masyarakat yang intensif harus seiring sejalan dengan penguatan melalui MKDU. Pemerintah, dunia usaha, rakyat awam, dan ilmuwan wajib menetapkan kebodohan (bidang ilmu) menjadi musuh bersama.

    BalasHapus
  108. Nama : Olaf G A. Amanupunnjo
    Nim : 802011028


    3. Apa peran yang seharusnya dilakukan/dimainkan oleh mahasiswa sebagai bagian dari kelompok kelas menengah di Indonesia untuk menyelamatkan negara mereka?

    Merubah visi kuliah mahasiswa yang awalnya adalah hanya sebatas kerja (kantoran kalau bisa) menjadi mahasiswa memiliki kesadaran tentang makna kuliah yaiutu melayani dunia kerja, mengembangkan ilmu, dan mengabdi kepada rakyat.
    Seluruh elemen bangsa Indonesia harus bersinergi saling memberdayakan diri dengan lebih peduli dan giat kepada setiap usaha pembangunan, pengembangan, dan pemanfaatan ilmu termasuk didalamnya para mahasiswa sebagai cikal bakal penerus bangsa menjadi lebih baik kedepan.

    4. Secara aksiologis, rakyat dianggap tidak dipedulikan ilmuwan, bahkan rakyat dibiarkan menderita sendirian. Nah, apa yang sebenarnya harus dikerjakan filsuf atau ilmuwan agar rakyat merasa kembali dipedulikan?
    Yang harus dilakukan oleh para ilmuan yaitu memanusiakan manusia. Dalam artian bahwa ilmu pengetahuan yang telah diperoleh atau dimiliki, alangkah mulianya dibagikan kepada rakyat awam. Agar rakyat tidak merasa dibodohi dan menderita akibat keterbatasan ilmu pengetahuan yang mereka miliki.

    BalasHapus
  109. nama : Cyndy M //802008035

    1. indonesia mengalami kemerosotan dalam bidang ilmu pengetahuan dan juga teknologi. karena adanya kesenjangan antara kuantitas dan adanya kualitas di daerah - daerah.

    2. filog ini membantu para mahasiswa untuk mengerti bagaimana sesuatu menjadi penting untuk ditelaah dan Mata Kuliah Filsafat Ilmu, Logika,mengajarkan pula tentang : Kemampuan Berbahasa, Metodologi Penelitian, dan Teknik Penulisan Ilmiah. Tenaga akademik, kepustakaan, akses ke sumber, dan fasilitas yang ada.

    3. dengan cara belajar, meningkatkan cara belajar yang efektif, mulai meningkatkan berbagai macam cara yang berpikir kritis, dan politis, dimana ilmu dasar filsafat.

    4.ilmuwan harus mampu mengajak masyarakat dalam berbagi ilmu untuk meningkatkan semua tatanan sosial masyarakat, sehingga rakyat dapat merasa dipedulikan.

    BalasHapus
  110. Nofenik Molle
    802011125

    1. Berpacu pada "Ambruknya peradaban bangsa" serta mengacu pada kebenaran,saya mengorek sedikit tentang masalah yang di hadapi bangsa kita, yang lain dan tak bukan adalah masalah pendidikan.
    Dewasa ini masalah pendidikan pastilah menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat terlebih khusus para pelajar. Berdiri dari apa yang di katakan Terry Mart yang mengatakan ambruknya peradaban suatu bangsa, yang dalam hal ini bangsa kita, tentu masih menunjukkan angka yang boleh di bilang strata bawah.
    Minimnya pendidikan di indonesia juga berpengaruh pada semua jenjang pendidikan. Katakanlah di Sumatera Utara yang pada kesempatan itu, Gubernurnya tidak dapat berkata-kata, ketika ditanya sama mahasiswa soal makna hari sumpah pemudah. hal itu lantaran ketidak kesenambungan pendidikan yang berbatu-batu.
    Saran saya, pemerintah harus secara relevan membangun kembali tiang menarah pendidikan yang roboh sejak dini agar tidak berada pada tingkat 69 dari 127. Kalau tidak di tangani sejak dini, mungkin ramalan Terry Mart tidak saja menjadi mimpi di siang bolong, melainkan kenyataan pahit yang harus di terima.

    2. Filsafat ilmu dan logika menyediakan perahu pelayaran untuk menyediakan sejumlah dayung untuk membantu masyarakat kita. peran Filsafat ilmu dan logika sangat berperan dalam menyelamatkan bangsa kita dari berbagai gelombang maut yang sering kali datang silih berganti, sering di lakukan para pemikir yang komplain terhadap masalah yang timbul bertubi-tubi. Masalah pengangguran misalnya, filsafat ilmu dan logika memikirkan bagaimana menangangi gelombang maut penganguran/mencari jalan keluar.Ya...jalan keluarnya yaitu dengan menjunjung dan melahirkan tenaga-tenaga skil yang siap digunakan. Dan menurut saya, akan mengurangi tingkat pengangguran. karna rata-rata di Indonesia angka pengangguran di indonesia itu karna didominasi oleh faktor pendidikan dan keahlian yang kurang memadai.

    3. Menyelamatkan pembangunan pendidikan terlebih khusus di indonesia, tentulah sangat dibutuhkan kontribusi dari berbagai pihak. Berbicara tentang tentang penyelamatan pembangunan pendidikan, sangatlah dibutuhkan para penerus selanjutnya untuk memutar roda pembangunan pendidikan ke arah yang lebih maju, maka peran mahasiswa yang dalam hal ini mahasiswa kelompok menengah sangatlah di tuntut untuk menjadi alat pendorong, yang dalam hal ini harus banyak2 lah menimbun ilmu pendidikan guna bekal di masa indonesia yang kedepan.

    4. berpacu dari "Aksiologis" rakyat di anggap tidak diperdulikan merupakan hal yang tak asin lagi. "masalah kamu, bukan masalahku".
    Saya tidak dapat mengatakan kalau ilmuwan atau para filsuf itu memanggil segerombolan rakyat untuk di peluk. saya hanya ingin mengatakan bahwa, biar dibuat bagaimanapun rakyat, tetap rakyat dan tidak ada unsur kepedulian dari para pakar. Saya katakan ini, karena saya mempunyai alasan.

    BalasHapus
  111. Nama : Bagus Permadi N A
    NIM : 802011065

    1. Pendidikan di Indonesia semakin melemah. Menurut saya itu disebabakan oleh bantuan ekonomi yang kurang merata diberikan kepada masyarakat kita yang kurang mampu. Misalnya di daerah satu,pendidikannya mendapat perhatian yang baik,selalu mendapat bantuan dari pemerintah sehingga sekolahnya menjadi maju. Tetapi di daerah lain pendidikannya kurang mendapat perhatian dari pemerintah sehingga sekolahya mengalami kesusahan.

    2. Dengan menata ulang kurikulum Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) dengan memberi pembobotan lebih besar pada Mata Kuliah Filsafat Ilmu, Logika, Kemampuan Berbahasa, Metodologi Penelitian, dan Teknik Penulisan Ilmiah. Supaya lebih mengerti filsafat ilmu dan logika itu dan kita juga bisa ikut menyelamatkan Indonesia agar menjadi Negara yang maju terutama dalam bidang pendidikan.

    3. Kita lebih mempelajari filsafat ilmu dan logika dengan mendalam,supaya mengerti apa yang terkandung didalamnya dan berpikir lebih kritis dengan apa yang telah kita pelajari. Dan akhirnya kita pecahkan masalah yang ada dengan cara pandang filsafat.

    4. Para ilmuwan harus mengikutsertakan rakyat dalam menyelesaikan masalah yang sedang melanda indonesia ini, memberi kesempatan kepada rakyat untuk berpendapat dan memberi solusi yang baik, dan hasilnya nanti akan dibicarakan bersama-sama bagaimana solusi yang tepat untuk menyelamatkan Indonesia.

    BalasHapus
  112. nama : yosie indra setyawan
    nim : 802008073
    jwaban TTS filsafat ilmu dan logika.
    1. Menurut saya kebenaran sebagai tanda-tanda dari kenyataan ambuknya indonesia dalam bidang ilmu pengetahuan, hal ini dibenarkan terry mart yang menegaskan bahwa indonesia mengalami kemunduran dalam bidang ilmu pengetahuan. Kebijakan Internasional dari Task Force on Theachers for Education for All di Bali (13-14/9) yang menyimpulkan pendidikan untuk semua bakal gagal terwujud pada 2015 karena ‘kualitas dan kuantitas guru tidak merata di antara daerah’. Misalnya seorang guru yang bertugas di desa terpencil akan jauh berbeda dengan seorang guru yang mengajar di kota besar, hal ini akan jelas berpengaruh terutama dalam perkembangan ilmu dan teknologi. indeks pembangunan pendidikan atau education development index (EDI) berdasarkan data tahun 2008 adalah 0,934. untuk semua atau education for all di Indonesia menurun. Jika pada 2010 lalu Indonesia berada di peringkat 65, tahun ini merosot ke peringkat 69. Nilai itu menempatkan Indonesia di posisi ke-69 dari 127 negara di dunia.
    2. Titik pangkal merupakan salah satu tindakan utama untuk menyelamatkan Indonesia. Langkah awal yang di lakukan adalah dengan cara menata ulang kurikulum Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) dengan memberi pembobotan lebih besar pada Mata Kuliah Filsafat Ilmu, Logika, Kemampuan Berbahasa, Metodologi Penelitian, dan Teknik Penulisan Ilmiah. Tenaga akademik, kepustakaan, akses ke sumber, dan fasilitas penunjang lainnya harus ditingkatkan. Paradigma proses belajar mengajar harus lebih konstruktivistik ketimbang yang behavioristik. Minimal kombinasi antara kognitifistik, sosialistik dan humanistik agar mahasiswa tidak sekadar belajar tetapi tahu cara belajar.
    3.Tentunya dengan cara saling bersinergi dalam berbagai elemen masyarakat tentunya. Sedangkan yang harus dilakukan mahasiswa untuk menyelamatkan perkembangan ilmu dengan cara mengadakan riset mendalam dan beragam, publikasi karya ilmiah dan buku yang gencar, dan pengabdian masyarakat yang intensif harus seiring sejalan dengan penguatan melalui MKDU.
    4. secara axiologis rakyat tidak dipedulikan, karena terkadang rakyat tidak mengerti apa yang dilakukan filsuf dalam perkembangan ilmu. Filsuf dan ilmuan sering memberi sumbangan dalam kemajuan ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan itu sendiri tentunya sangat bermanfaat memudahkan kehidupan masyarakat itu sendiri. Jika ditanya apa yang sebenarnya harus dikerjakan filsuf atau ilmuwan agar rakyat merasa kembali dipedulikan? Apa memang sekarang masyarakat sudah memang tidak dipedulikan ? kesejahteraan rakyat merupakan tanggung jawab Negara bukan para filsuf dan ilmuan. Tetapi disini ilmuan bekerja untuk membantu masyarakat untuk berkembang dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

    BalasHapus
  113. nama: Renita Sekar Utami
    NIM:802011034
    1. menurut saya tanda-tanda atau gejala yang menunjukan ambruknya peradaban bangsa adalah kemunduran ilmu pengetahuan antara lain di sebabkan oleh sivitas akademika yang tidak menunaikan tugas khas dan kualitas pengajar tidak merata di setiap wilayah, dan rendahnya indeks pembangunan pendidikan di Indonesia.
    2. menata ulang sistem MKDU dengan memberi pembobotan yang lebih besar pada Mata kuliah filsafat ilmu,logika, kemampuan Berbahasa, Metotodologi Penelitian, dan Tehnuk Penulisan ilmiah. tenaga akademik, kepustakaan, akses ke sumber. dan fasilitas utama harus di tingkatkan. Minimal kognifistik, sosialistik, dan human agar mahasiswa tidak sekedar belajar tapi tau cara belajar.
    3. menurut saya. peran mahasiswa untuk menyelamtkan negara mereka adalah mahasiswa harus giat belajar agar kebrobokan ini dapat di atasi karena mahasiswa adalah masa depan negara. mahasiswa merupakan kunci berlangsungnya sebuah negara. dan mahasiswa juga harus memiliki kesadaran tentang makna kuliah.
    4. secara aksiologis rakyat dianggap tidak di pedulikan ilmuan bahkan rakyat dibiarka menderita sendirian. menurut saya, ilmuan harus lebih memperhatikan rakyat dengan melalukan penemuan yang inovatif agar kebobrokan dapat di hilangkan dan membuat rakyat semakin optimis dalam membangun negara ini kembali.

    BalasHapus
  114. Nama : Samuel Zwageri
    Nim : 802011020

    1. Tanda akan “ambruk nya peradabannya sendiri” penyebaran kualitas dan kuantitas guru tidak merata di antara daerah. Contoh nya adalah tenaga pengajar kurang di daerah pelosok. Kebanyakan tenaga pengajar hanya di kota-kota besar padahal potensi anak-anak di pelosok tidak kalah dengan yang di kota hanya saja kurang nya tenaga pengajar serta fasilitas mengajar sehingga mereka kurang mendapatkan pendidikan.
    2. Cara filsafat dan ilmu logika formal adalah memperbaiki serta berusaha menata ulang sistem pendidikan di Indonesia agar lebih jelas tujuan pendidikan dan lebih mempublikasikan karya ilmiah serta buku-buku pendidikan kepada masyarakat dengan bahasa yang lebih mudah dicerna oleh masyarakat karena kita sudah mengetahui bahwa masyarakat Indonesia kurang bisa mengerti terhadap isi dari buku-buku dan karya ilmiah saat ini.
    3. Peran mahasiswa dalam menyelamatkan Negara adalah lebih mengembangkan potensi-potensi dalam diri serta mereka harus merasa “haus” akan ilmu pendidikan,terus berusaha mendalami ilmu-ilmu yang mereka miliki dan mengembangkan kemampuan mereka agar mereka dapat terus bersaing dengan mahasiswa-mahasiswa dari Negara lain yang lebih maju khusus nya di jenjang internasional. Mahasiswa harus lebih berpikir cermat dan kritis terhadap apa yang terjadi di Negara kita,Indonesia.
    4. Filsuf dan ilmuwan harus membuat dan berusaha kembali menanamkan pola piker bahwa mereka juga perlu ilmu pendidikan yang lebih dari saat ini karena masyarakat juga berpengaruh besar terhadap kemajuan Negara. Harus membuat sebuah pola piker bahwa ilmu adalah hal yang tidak seluruh nya sulit dipahami jika kita mau belajar mendalami dan berusaha mengerti tentang ilmu tersebut.

    BalasHapus
  115. TTS FILSAFAT

    Nama : Bastian Sudibyo
    Nim : 802011042

    1. Tanda-tanda menuju ambruknya peradaban indonesia menurut Terry Mart, di dalam dunia pendidikan akan mengalami kegagalan pada tahun 2015, hal ini di karenakan kulitas dan kuantitas guru tidak merata di setiap daerah menyebabkan tingkat pendidikan di setiap daerah mengalami perbedaan, hal ini yang menyebabkan kesenjangan di dalam dunia pendidikan indonesia. Selain itu masih banyak anak-anak indonesia yang tidak bisa merasakan bangku pendidikan, hal ini yang menyebabkan semakin rendah atau menurunnya tingkat pendidikan di indonesia. Faktor ekonomi menjadi salah satu faktor banyaknya anak-anak jaman sekarang tidak dapat merasakan pendidikan yang menjadikan penyebab awal ambruknya peradaban pendidikan di masa mendatang. Selain itu, perlunya perioritas didalam pembangunan sumber daya manusia dan infrastruktur pendidikan agar setiap pembangunan dapat berguna dan bermanfaat dengan sangat baik. Selain itu ambruknya peradaban di indonesia tak lain tak bukan kurangnya perhatian dari pemerintah tentang pemerataan pendidikan di indonesia. Selain itu, banyaknya instansi-instansi swasata yang melakukan korupsi dana-dana pendidikan yang di berrikan oleh pemerintah sehingga dana yang di berikan pemerintah bagi kemajuan pendidikan masyarakat indonesia tidak dapat di rasakan dengan baik dan dunia pendidikan indonesiapun lama kelamaan akan mengalami kemunduran yang menyebabkan ambruknya peradaban negara indonesia.
    2. cara filsafat dan ilmu logika menyelamatkan bangsa indonesia adalah dengan cara mencari titik pangkal permasalahan pendidikan yang dihadapi pemerintah. Langkah awal yang harus dijalankan adalah merubah kurikulum yang sudah ada, dimana kurikulum pendidikan yang ada dianggap pragmatis mengkondisikan mahasiswa pada dunia kerja, sehingga mahasiswa lebih fokus pada penbenahan diri menjadi tenaga kerja, sehingga eksistensi dirinya sebagai mahasiswa terasingkan sebagai pengamal dan pengembang ilmu pengetahuan. Langkah awal dengan pemberian bobot lebih besar pada MKU khususnya ilmu filsafat,logika,dll, karena ini merupakan fondasi penting, dan kombinasi antara kongnifistik, sosialistik, dan humanistik harus balance agar mahsiswa tidak hanya tau cara belajar melainkan tau cara mengembangkan ilmu, melayani dunia kerja, dan pengabdian masyarakat.
    3. hal yang harus dilakukan mahasiswa sebagai bagian dari kelas menegah didalam menyelamatkan bangsa Indonesia adalah mulai menata dan merubah pola pikir yang telah terbentuk didalam perkuliahanya selama ini yang berfokus pada dunia kerja setelah dia lulus menjadi fokus terhadap cara pengembangan ilmu pengetahuan, pengabdian masyarakat, dan melayani dunia kerja, sehingga apabila hal tersebut bisa berjalan sinkron akan membawa perubahan perlahan-lahan pada pendidikan di Indonesia. Selain itu mahasiswa berusaha melakukan riset atau penelitian yang dapat bermanfaat bagi kesejahteraan masyrakat luas maupun masyarakat sekitar.
    4.Yang harus di lakukan filsuf agar rakyat dapat merasakan kembali bahwa mereka di pedulikan adalah dengan cara lebih memperdulikan kemajuan dunia pendidikan yang ada lewat karya-karyanya yang dapat memberikan pengetahuan terhadap masyarakat luas, dan di dalam karyanya di harapkan dapat mempengaruhi pemikiran masyarakat tentang pentingnya pendidikan, sehingga dapat membantu meningkatkan taraf pendidikan di indonesia. Selain itu filsuf diharapkan dapat membuat berbagai karya ilmiah yang dapat membantu berbagai elemen masyarakat di dalam pendidikannya.

    BalasHapus
  116. TTS

    Fini Tetus Nuban Timo

    802011012



    1. Kenyataan yang menunjukkan Indonesia menuju kepada "ambruknya peradabannya sendiri" seperti yang diramalkan Terry Mart adalah ditunjukkan dengan dengan pemerintah yang mengkorupsi uang rakyat. Padahal uang rakyat tersebut sebenarnya digunakan untuk kepentingan bangsa dan negara Indonesia sendiri, namun pemerintah menggelapkan uang tersebut, dan digunakan untuk kepentingan sendiri, bukan untuk kepentingan rakyat ataupun bangsa dan negara.



    2. Cara 'Filsafat Ilmu & Logika" membantu menyelamatkan Indonesia dengan memberikan pandangan yang baik kepada mahaiswa agar mahasiswa yang nantinya akan menjadi pemerintah di masa depan tidak melakukan hal yang sama seperti pemerintah ,masa kini seperti korupsi. Dengan begitu, secara tidak langsung 'Filsafat Ilmu & Logika" telah membantu menyelamatkan Indonesia.



    3. Yang seharusnya dilakukan oleh mahasiswa adalah mahasiswa menerapkan ilmu yang di dapat dalam kehidupannya serta memberikan aspirasinya kepada pemerintah



    4. Yang harus dikerjakan filsuf atau ilmuwan adalah dengan kembali memperhatikan rakyat, dan ikut mengembangkan ilmu bersama-sama dengan rakyat. Dengan begitu, rakyat diperhatikan dan ilmuwan serta filsuf juga ikut terbantu dalam mengembangkan ilmu.

    BalasHapus
  117. nama : jessica amelia anna
    nim : 802011115

    1.Kenyataan yang menunjukkan mulai ambruknya peradaban di bangsa Indonesia adalah, dalam bidang pendidikan, Indonesia mulai sulit bersaing di tingkat internasional,sehingga yang dulunya Indonesia menjadi tujuan pendidikan dari Negara-negara Asean,kini justru banyak anak-anak dari Indonesia yang memilih untuk belajar ke Negara lain. Hal ini ,menunjukkan semakin menurunnya kualitas dan eksistensi pendidikan di Indonesia yang merupakan cikal bakal berkembangnya suatu peradaban bangsa ini. Selain itu, kebanyakan masyarakat Indonesia yang lebih memilih untuk mengkonsumsi barang ataupun jasa yang di import dari luar ketimbang barang atau jasa dari bangsa ini sendiri. Mengapa demikian? Hal ini menunjukkan bahwa kualitas produk Indonesia juga kalah saing sengan produk asing. Selain pendidikan dan hasil produk yang mulai tenggelam, masyrakat Indonesia mulai melupakan dan sengaja lupa akan kebudayaan Indonesia itu sendiri. Bahkan nilai-nilai dalam pancasila yang seharusnya menjadi cerminan hidup bangsa, mulai memudar dan hampir tak terlihat sama sekali.
    2.Cara filsafat ilmu dan logika dalam membantu menyelamatkan Indonesia adalah dengan cara menemukan pangkal persoalan yang menyebabkan kemunduran bangsa ini. Sehingga, dengan demikian kemudian kita mulai dapat untuk mengkritisi penyebab ini,dan memcari solusi untuk menekan bahkan memusnakan akar penyebab kemunduran bangsa ini. Dari sinilah, kita mulai dapat menciptakan konsep-konsep pemecahan masalah secara kritis dan logis,serta lebih objektif.
    3.Sebagai mahasiswa, cara yang dapat dilakukan dalam rangka penyelamatan Negara ini adlah dengan cara menumbuhkan skill yang benar-benar dapat diterapkan dalam membangun bangsa ini. Dalam bangku perkuliahan,bukan saja hanya nilai atau pun ilmu yang ingin diharapkan,tapi lebih bagaimana seorang mahasiswa mampu untuk memiliki kemampuan yang dapat diterapkan,sehingga bangsa ini mampu bangkit dam mulai dapat bersaing dan diperhitungkan di kanca internasional.
    4.Cara yang dapat ditempuh oleh para filsuf ataupun para ilmuwan agar rakyat merasa kembali dipedulikan adalah dengan cara tetap menjadikan rakyat sebagai objek penelitian yang diharapkan mampu untuk menghasilkan konsep-konsep ataupun pemahaman-pemahaman baru yang dapat membuat rakyat dan bangsa ini menjadi lebih sejahtera. Selain itu hasil dari penelitian itu diharapkan mampu direalisasikan dalam kehidupan masyarakat,sehingga rakyat tetap merasakan manfaat dari penelitian tersebut dan merasa bahwa para filsuf ataupun para ilmuwan tetap mempedulikan kehidupan mereka sebagai rakyat.

    BalasHapus
  118. Chandra Prasetya B
    802011122


    1. Hal-hal yang menyebabkan ambruknya peradaban yang di terjadi indonesia ini sesungguhnya terjadi di hal-hal yang menurut saya sangat fundamental da penting.
    pertama, kurang meratanya penyebaran tenaga pengajar di seluruh indonesia.
    kedua, kurangnya perhatian dan keadilan pemerintah dalam menghadapi segala masalah pendidikan ( Korupsi dana BOS, kurangnya SDM, kurangnya perhatian di daerah terpencil dll)
    ketiga, kurikulum yang kurang memadai yang di buat oleh DEPDIKNAS.
    yang terakhir, menurut saya apa yang dikerjakan oleh pemerintah dalam menanggulangi permasalahan ini hanya dikerjakan pada bagian yang terlihat karena hal tersebut penting untuk membentuk citra diri pemerinah sehingga bagian-bagian yang tidak muncul di permukaan tidak di sentuh karena tidak diketahui masyarakat luas.

    2.Filsafat ilmu dan logika bisa membantu menyelamatkan Indonesia sebab ilmu itu sebagai indikator pengambil keputusan yang tepat. saat kita mampu mendalami filsafat ilmu dan logika kita akan mampu menjawab persoalan-persoalan yang ada di masyarakat sehingga secara langsung maupun tidak langsung hal tersebut telah membantu indonesia.

    3.Yang paling mendasar tentu saja sebagai mahasiswa kita harus memiliki Visi dan Misi yang jelas. lalu ilmu pengetahuan yang kita miliki harus digunakan demi masyarakat, karena hasil dari itu semua akan dinikmati oleh kita dan banyak orang lainya.

    4. ilmuan atau filsuf harus membagi hasil penelitian membagi ilmu kepada masyarakat. apa yang di dikerjakan harus transparan sehingga masyarakat tidak merasa diabaikan.

    BalasHapus
  119. Jawaban TTS Filsafat Ilmu & Logika
    Nama : Hilda Monica Noky
    NIM : 802011 017

    1.“Kebenaran” sebagai tanda-tanda atau gejala yang menunjukan Indonesia menuju ‘ambruknya peradabannya sendiri’ seperti yang diramalkan Terry Mart adalah Pengajaran Pendidikan yang tidak merata ke setiap daerah khususnya daerah-daerah yang tertinggal, kurangnya tenaga kerja guru yang mau terjun langsung kelapangan untuk bisa mendidik anak-anak di daerah-daerah yang tertinggal, dan kualitas guru yang tidak mempunyai pelatihan yang baik sehingga sering terjadinya kekerasan dalam mendidik sehingga terjadi konflik antara guru dan murid.

    2.cara “Filsafat Ilmu & logika” membantu menyelamatkan Indonesia :
    Menata ulang kembali Kurikulum Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) dengan memberi pembobotan lebih besar pada Mata Kuliah Filsafat Ilmu, Logika, Kemampuan Berbahasa, Metodologi Penelitian, dan Teknik Penulisan Ilmiah, dan proses belajar mengajar harus lebih aktif agar mahasiswa tidak sekedar belajar tetapi tahu cara belajar.

    3. Peran yang harus dilakukan oleh saya selaku mahasiswa untuk menyelamatkan Negara kita itu sendiri adalah mengembangkan ilmu sehingga bisa menciptakan lapangan kerja yang baru agar bisa membantu masyarakat itu sendiri, mengabdi kepada rakyat, dan bekerja sama membangun kinerja yang baik khususnya dalam dunia pendidikan.

    4. yang harus dikerjakan filsuf atau ilmuwan agar rakyat merasa kembali dipedulikan adalah bersosialisasi dengan masyarakat sekitar, dalam melakukan riset penelitian selalu melibatkan masyarakatnya, memberikan pelayanan kepada rakyat, dengan cara mendengarkan keluhan-keluhan & pendapat apa yang mereka alami selama ini.

    BalasHapus
  120. Unitita Sahara
    802011077


    1. "Kebenaran" sebagai tanda-tanda atau gejala-gejala (terry mart) adalah
    SELAMATKAN INDONESIA !!!
    yang menyimpulkan pendidikan untuk semua, akan gagal terwujud dalam 2015 karena 'kuantitas dan kualitas guru tidak merata di antara daerah'. yaitu terjadi pengeroposan proses pendidikan d Indonesia.

    2. Cara filsafat ilmu dan logika membantu menyelamatkan Indonesia yaitu dengan cara menggunakan titik pangkal yang merupakan indikator penentu pengambilan keputusan tepat. titik pangkal musibah kemunduranperadaban indonesia juga harus di cari dan di uji untuk mengetahui akar masalahnya.
    -menumbuhkan kesadaran akan Pentingnya pendidikan
    -menumbuhkan kepribadian yang memiliko pola piker yang maju
    3. peran yang seharusnya di lakukan/dimainkan oleh mahasiswa sebagai bagian dari kelompok kelas menengah di Indonesia untuk menyelamatkan negara mereka,adalah mahasiswa tersebut harus mengembangkan dan mengamalkan ilmu mereka secara langsung/tidak langsung untuk memajukan bangsa Indonesia.
    -menyelenggarakan penyuluhan pendidikan
    -memulai dari hal yang kecil dan diri sendiri
    4. Hal yang harus di kerjakan oleh ilmuan/filsuf adalah dengan mengembangkan kurikulum dan atau sistim belajar sesua dengan kemampuan bangsa Indonesia.
    -mendedikasihkan ilmu untuk Indonesia
    -mencerminkan sikap peduli pendidikan

    BalasHapus
  121. Nama/NIM : Omelia Mercy Tikupadang/802008023

    1. Menurut Mart, pendidikan pada tahun 2015 akan gagal sebagai akibat dari kualitas dan kuantitas guru tidak merata di antara daerah, dilihat juga dari pengeroposan proses pendidikan yang ada di Indonesia. Kesejahteraan yang hakiki belum bias dimiliki secara utuh oleh rakyat.

    2. Filsafat Ilmu dan Logika sangat penting dalam mengatasi masalah "ambruknya" peradaban Indoensia, yakni suatu cara pengambilan keputusan secara tepat, dimana Filsafat Ilmu dan Logika menjadi landasan dalam mengatasi kemunduran peradaban dengan mencari dan menguji secara empiris.

    3. Dalam hal ini, mahasiswa sangat berperan penting karena mahasiswa perlu mengembangkan ilmu yang sudah didapat sejak kuliah untuk diaplikasikan dalam permasalahan yang terjadi dalam Bangsa ini. Mahasiswa memiliki peran sebagai penggerak aktif untuk mengubah kualitas dan kuantitas guru yang berdaya cipta bagi kemajuan pendidikan yang ada Indonesia seperti Bangsa-Bangsa lain.
    4. Filsuf atau Ilmuwan harus mempresentasikan ilmuwannya kepasa rakyat, agar rakyat juga mengetahui secara apa yang harus rakyat lakukan dalam menghadapi tantangan-tantangan hidup yang semakin berat. Dan juga, Ilmuwan atau Filsuf mampu memberikan kontribusi secara nyata bagi rakyat untuk dapat dinikmati secara bersama, karena rakyat perlu tahu apa yang menjadi kekurangan yang rakyat yang perlu ditingkatkan dan kembangkan.

    BalasHapus
  122. Nama : Imanuel Novriezky Ully
    NIM : 802011043

    1. Di dunia pendidikan, ambruknya peradaban disebabkan karena kurang meratanya para pengajar/pendidik yang berkualitas di seluruh Indonesia, yang berdampak kepada mundurnya ilmu pengetahuan .
    2. Penambahan bobot pada MKDU dan memasukan filsafat dan ilmu logika dalam MKDU yang menjadi dasar ilmu bagi para mahasiswa.
    3. Ikut berperan aktif dalam membangun indonesia dengan cara mengaplikasikan ilmu yang mereka dapat sehingga wawasan masyarakat indonesia lebih maju dan menghasilkan SDM yang berkualitas,juga turut serta dalam mengawasi dan memberi solusi pada pemerintah Indonesia guna membantu Indonesia untuk bangkit dari keterpurukan.
    4. Memusuhi kebodohan dan mengaplikasikan ilmu yang mereka punya sebagai ilmuwan dan filsuf sehingga dapat membuat Indonesia bangkit dari kebobrokannya,dan masyarakat Indonesia juga mengerti dan paham bahwa ilmu sangat penting.

    BalasHapus
  123. Nama : Margareta Maria Vantika Widaningrum
    NIM : 80 2011 045

    1.‘kebenaran’ sebagai tanda-tanda dari kenyataan yang menunjukkan Indonesia menuju kepada ’ambruknya peradaban sendiri’ seperti yang diramalkan oleh Terry Mart ialah sebenarnya ada banyak ’kebenaran’ tanda dari kenyataan yang menyatakan bahwa Indonesia menuju ’ambruknya peradabannya sendiri’ salah satu contohnya ialah seperti yang telah dijabarkan oleh Penulis sendiri yakni civitas akademika pendidikan Indonesia yang ‘tidak menunaikan tugas khas dan kekaryaannya yang spesifik, yaitu tak peduli pada masalah krusial bangsa dan abai pada pembentukan komunitas ilmiah’. ‘kebenaran’ sebagai tanda lainnya ialah berbagai penyimpangan moral yang terjadi di kalangan masyarakat Indonesia. Seperti Tawuran antar palajar, perkelahian antar genk, perilaku seks bebas, gaya hidup yang tidak beraturan menjadi beberapa contoh dari mulai lunturnya moral di kalangan generasi muda. Di kalangan pejabat juga tak jarang kita temui, praktek korupsi di segala lini kepejabatan baik di pemerintah pusat maupun dalam pemerintah daerah yang merupakan persoalan yang sangat mengerikan di Indonesia. dengan ini masyarakat secara umum pada akhirnya kehilangan rujukan keteladanan sehingga kritis moral semakin hilang.

    2. Cara filsafat ilmu & Logika membantu menyelamatkan ialah dengan cara menemukan titik pangkal yang merupakan indikator penentu pengambilan keputusan dan menjelaskan bahwa Indonesia (bisa) selamat berdasarkan tiga landasan ilmu, yakni Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi.

    3. Peran yang seharusnya dimankan mahasiswa untuk membantu menyelamatkan Negara ialah sekurang-kurangnya mengerti dan sadar bahwa kegiatan perkuliahan semata-mata bukan hanya tempat untuk kuliah – tamat – bekerja dan tentunya jangan mau dikondisikan dengan situasi yang pragmatis ini. Hal yang lain dilakukan ialah membenahi diri dengan cara berpindah dari pemikiran ingin menjadi tenaga kerja menjadi pengembang dan pengamal ilmu. Dan mahasiswa memiliki kesadaran tentang makna kuliah: melayani dunia kerja, mengembangkan ilmu, dan mengabdi kepada rakyat.

    4. Yang harus dikerjakan para filsuf dan para ilmuwan ialah menarik kembali kepedulian yang sudah tidak dianggap dan dibiarkan menderita sendirian. Tentu hal ini tidak dapat dilakukan dalam waktu yang singkat. Perlu sejenis penanaman kembali kepada para masyarakat. Dan yang perlu ditanam ialah pengertian dan pendekatan yang harus disepakati bahwa kehancuran peradaban di Indonesia harus diatasi secara bersama dengan seluruh elemen masyarakat, terutama bagi kita mahasiswa yang harus bersinergi dan saling memberdayakan diri dengan lebih peduli dan giat kepada setiap usaha pembangunan, pengembangan, dan pemanfaatan ilmu itu sendiri.

    BalasHapus
  124. nama : Yan Bobby Christanto T.
    nim : 802007060

    1. semakin banyaknya SDM Indonesia yang tidak cinta Indonesia. mereka tidak memiliki semangat untuk membangun Indonesia. selain pendidikan di Indonesia yang tidak merata dan juga semakin banyak pemimpin-pemimpin di Bangsa ini yang tidak peduli akan Bangsa ini. mereka hanya memikirkan apa yang menjadi keperluan diri sendiri.
    2. dengan cara menemukan penyebab atau titik awal yang menyebabkan minat terhadap ilmu diIndonesia itu sangat minim atau sangat sedikit. ketika itu bisa ditemukan maka akan bisa disusun atau diterapkan cara-cara yang diharapkan bisa menumbuhkan minat terhadap ilmu.
    3. memanfaatkan kuliah dengan benar dan menyerap ilmu dengan baik. jangan sampai hany berfikir bahwa kuliah hanya sarana untuk mendapatkan "kertas" atau yang bisa kita sebut dengan ijazah. karena ketika mahasiswa berpikir seperti itu maka ilmu itu sendiri tidak lagi menjadi suatu hal yang penting.
    4. yang bisa dilakukan oleh filsuf atau ilmuan itu adalah dengan cara membagikan apa yang dia dapat. sebagai contohnya ilmuan meneliti desa A maka sudah seharusnya orang-orang didesa A mendapatkan hasil dari penelitian dari desa tersebut sehingga bisa juga menjadi pembelajaran bagi orang lain.

    BalasHapus
  125. tts filsafat

    nama : mesakh jeffry
    nim : 802011076

    1. Tanda-tanda menuju ambruknya peradaban indonesia menurut Terry Mart, memprediksi bahwa Indonesia akan mengalami kegagalan dalam dunia pendidikan apabila tidak segera membenahi dan menata ulang sistem pendidikan yang telah ada, dia memprediksi pada tahun 2015 hal tersebut mungkin bisa terjadi. Hal ini dikarenakan kualitas dan kuantitas pendidikan di Indonesia tidak tersebar secara merata, kesenjangan yang terjadi antar daerah akan memperburuk pendidikan diIndonesia, banyak anak didaerah tertentu tidak bisa mengenyam dunia pendidikan selain itu mereka juga tidak mendapatkan fasilitas yang sesuai. Tenaga pengajar yang tersedia pun juga terkadang kurang memiliki skill yang berkualitas. Faktor keadaan ekonomi juga berperan dalam pemilihan pendidikan, banyak diantara masyarakat kita hidup dalam keadaan yang pas-pasan sehingga dengan keadaan ekonomi yang semacam itu pendidikan yang mereka dapatpun juga pas-pasan sesuai dengan keadaan kantong mereka. Faktor dari dalam juga berpengaruh besar, banyak instusi pendidikan melakukan hal yang selayaknya tidak dilakukan seperti korupsi uang yang seharusnya digunakan untuk keperluan pendidikan. Hal-hal ini yang menyebabkan hancurnya pendidikan dinegara kita, ini juag akan berimbas pada peradaban negara kita. Akan terjadi sebuah penurunan besar-besaran apabila hal-hal ini tidak segera diatasi.
    2. cara filsafat dan ilmu logika menyelamatkan bangsa indonesia adalah dengan cara mencari titik permasalahan pendidikan yang dihadapi pemerintah dengan merubah kurikulum saat ini, dimana kurikulum pendidikan saat ini mengkondisikan mahasiswa pada dunia kerja, sehingga mahasiswa lebih fokus pada penbenahan diri menjadi tenaga kerja, sehingga keberadaan dirinya sebagai mahasiswa terasingkan sebagai pengamal dan pengembang ilmu pengetahuan. Pemberian bobot lebih besar pada Mata Kuliah Umum khususnya ilmu filsafat, metodologi penelitian, kemampuan berbahasa, dsb merupakan langkah awal karena ini merupakan fondasi penting, selain itu tenaga akademik, kepustakaan, serta penunjang lain harus ditingkatkan. Kombinasi antara kongnifistik, sosialistik, dan humanistik harus seimbang agar mahasiswa tidak hanya tau cara belajar melainkan tau cara mengembangkan ilmu, melayani dunia kerja, dan pengabdian masyarakat untuk kebaikan diri dan bangsa Indonesia.
    3. hal yang harus dilakukan mahasiswa sebagai bagian dari kelas menegah didalam menyelamatkan bangsa Indonesia adalah menata dan merubah pola pikir yang telah terbentuk didalam perkuliahan selama ini yang berfokus pada dunia kerja menjadi fokus terhadap cara pengembangan ilmu pengetahuan, pengabdian masyarakat, dan melayani dunia kerja, sehingga hal tersebut bisa berjalan dengan baik dan akan membawa imbas terhadap pendidikan diIndonesia.
    4.Yang harus di lakukan filsuf atau ilmuwan agar rakyat dapat merasakan kembali bahwa mereka di pedulikan adalah dengan cara lebih memperhatikan dan fokus terhadap kemajuan dunia pendidikan. Kita bisa mengaplikasikan apa yang kita dapatkan dari dunia pendidikan untuk masyarakat Indonesia. Bentuk pengaplikasian kita terhadap masyarakat Indonesia bisa dengan sebuah pengabdian terhadap apa yang kita dapat saat menuntut ilmu, bisa dengan hasil cipta atau karya kita, dengan hasil tersebut kita dapat membantu merubah pola pikir masyarakat kita serta dapat memberikan pengertian tentang pentingnya pendidikan, sehingga dapat membantu meningkatkan pendidikan di negara kita.

    BalasHapus
  126. nama : sisca setyani
    NIM : 802011701

    tanda/gejala indonesia menuju kepada ambruknya peradapannya sendiri, demonstrasi dimana-mana, ketidakpuasan masyarakat terhadap pekerjaan pemerintahan dan dalam menangani masalah-masalah yang ada, banyak sarjana yang menggangur tanpa pekerjaan padahal lapangan perkerjaan berlimpah-ruah di negara kita ini. juga tentang tidak spontannya pemerintah dalam menangani anak-anak yang putus sekolah atau tidak mampu bersekolah karena faktor biaya. jika aturan/hukum/norma di negara kita tidak dilaksanakan sebagaimana seharusnya, sangat mungkin bahwa bangsa kita akan mengalami kemunduran dalam hal apapun. fenomena tentang ijazah palsu saja sudah menuai luas, bagaimana kita bisa berharap kemajuan pendidikan indonesia jika terus menerus seperti ini. bahkan tidak ada penanganan khusus tentang pelanggaran kode etik yang terjadi di negara kita.

    cara filsafat ilmu dan logika membantu menyelamatkan indonesia dapat diawali dengan menjalankan ketiga landasan ilmu menurut Suriasumantri (2003, h.105) yaitu ontologi, epistemologi dan aksiologi. para ilmuwan filsafat yang paham benar bagaimana cara menyelamatkan indonesia dari kemundurannya dalam bidang ilmu pengetahuan, hendaknya sering mengadakan dialog/diskusi umum untuk secara bertahap menyembuhkan indonesia dari luka yang sudah lama ini.

    peran mahasiswa sebagai bagian dari kelompok kelas menengah untuk menyelamatkan negara indonesia adalah hendaknya memiliki kepekaan dan inisiatif diri dalam bertindak. sedikit bekerjasama dengan pemerintah dalam membenahi cara-cara atau pendekatan-pendekatan dalam bidang keilmupengetahuan. ikutlah setidaknya dialog/diskusi umum, unjukan pendapat dan berilah masukan kepada pemerintah. yah, kita sebagai mahasiswa pastikan lebih cermat dan pandai dalam menyingkapi masalah politik sosial dan budaya jaman ini. orang banyak yang melakukan demo/unjuk rasa tetapi tidak mengetahui maksud dan tujuan yang di'demo'kannya.

    yang harus dilakukan filsuf/ilmuwan tentang bagaimana rakyat merasa kembali dipedulikan adalah lihat, rasakan, tinjau ulang dan jika diperlukan terjun langsung dalam kegiatan masyarakat dengan begitu para ilmuwan bisa lebih paham apa yang rakyat butuhkan dan rasakan sehingga para ilmuwan dapat segera mengambil sikap.

    BalasHapus
  127. 1. Tanda-tanda atau gejala-gejala yang sudah terlihat seperti yang diramalkan oleh Tery Mart adalah :
    * penurunan/kemunduran pada pendidikan di Indonesia. Dimana sampai saat ini masih ada sebagian kecil wilayah-wilayah di Indonesia yang tingkat pendidikannya masih sangat rendah bahkan berada jauh di bawah standar pendidikan yang layak. Dimana di wilayah itu juga kualitas dan kuantitas tenaga pengajar masih sangat minim sekali,sehingga masih sangat kurang maksimal.
    * Kemunduran juga bukan hanya dalam bidang kependidikan,tetapi juga dalam bidang sosial kemasyarakatan dan bahkan pemerintahan. Dimana nilai dan norma yang ada sudah sangat merosot,mulai dilupakan,bahkan sudah mulai tidak ada artinya. Antar sesama sudah tidak salin menghargai dan mulai muncul sikap individualisme. Di sisi lain.sudah banyak sekali pejabat yang melakukan tindakan korupsi tanpa memikirkan nsib rakyat akibat "ulahnya".
    2. Cara "Filsafat Ilmu & Logika" membantu menyelamatkan Indonesia adalah menata dan membangun peradaban Indonesia masa depan harus ada sinergi antara kebudayaan, agama dan ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu yang harus dipersiapkan sebagai landasan yang kuat adalah pendidikan agar sumber daya manusianya menjadi berkualitas.
    karna itu saya yakini bahwa SDM berkualitas yang menguasai Iptek bersama iman dan takwa itu akan menjadikan Indonesia unggul. Tidak ada alasan lagi untuk menjadikan Indonesia tidak unggul untuk itu kita harus menjalankan ini di dalam diri kita.
    3. .Peran bagi MAHASISWA untuk menyelamatkan NEGARA mereka :
    a.MAHASISWA harus berFilsafat Ilmu dan Logika untuk mengkritisi Kebijakan Pemerintah ataupun Anggota Politik yang merebutkan tingkat jabatan MPR, DPR dan lain sebagainya, Agar NEGARA INDONESIA dapat Maju dan Berkembang.
    b.MAHASISWA harus memiliki tingkat KeSADARAN yang Tinggi untuk melayani dunia kerja, Menggermbangkan Ilmu serta mengabdi kepada Rakyat dan Negara.
    4. masyarakat akan merasakan dipedulikan oleh para ilmuwan jika para ilmuwan memberikan solusi apa yang baik akan masalah yang dialami bersama bukan hanya memberikan pengertian bagaimana menghadapi hidup itu sendiri tetapi juga bagaimana para ilmuan itu sendiri ikut serta dalam menyelesaikan masalah itu agar rakyat merasa mereka sedang bekerjasama untuk keluar dari masalah itu dan tidak merasa untuk bertanggung jawab sendiri atas masalah itu.

    BalasHapus
  128. Kartika Setya Wijayani (802007014)
    TTS Filsafat Ilmu dan Logika

    1. Kebenaran sebagai tanda-tanda atau gejala-gejala Indonesia menuju kepada 'ambruknya peradabannya sendiri' adalah bahwa tidak ada kesadaran dan kepedulian dari masing - masing individu terhadap masalah-masalah yang ada di dalam bangsa Indonesia. Ini menunjukkan bahwa kemunduran dalam bidang ilmu pengetahuan benar- benar kritis dimana kualitas dan kuantitas sumber daya manusia. Gejala-gejalanya dapat dilihat dari proses pendidikan beserta sarana dan prasarana yang dibutuhkan di sekolah-sekolah di Indonesia kurang memadai ataupun tidak layak dan tidak meratanya pendidikan yang ada di Indonesia dengan kata lain di daerah-daerah terpencil belum mendapatkan pendidikan, sehingga banyak diantaranya tidak dapat membaca ataupun menulis. Hal tersebut menyebabkan kemerosotan kualitas maupun kuantitas sumber daya manusia yang ada di Indonesia.

    2. Cara Filsafat Ilmu dan Logika membantu menyelamatkan Indonesia adalah dengan memberikan pengembangan dan pengamalan ilmu dengan cara meminimalkan kombinasi kognitifistik, sosoalistik dan humanistik sehungga Filsafat Ilmu dan Logika secara tidak langsung dapat menyadarkan mahasiswa tentang makna perkuliahan Filsafat Ilmu dan Logika.

    3. Peran yang harus dilakukan / dimainkan oleh mahasiswa adalah mahasiswa tidak hanya sekedar belajar tetapi mahasiswa diharapkan dapat lebih mengenal, memahami, mendalami dan kritis terhadap setiap persoalan yang ada sehingga mampu memberi aksi terhadap dunia luar yakni masyarakat.

    4. Yang harus dilakukan / dikerjakan filsuf atau ilmuan agar rakyat merasa kembali dipedulikan adalah dengan peduli dan menggandeng masyarakat Indonesia ini untuk sama-sama saling ikut membantu dalam rangka pengembangan potensi sumber daya manusia agar banyak rakyat mengikuti pendidikan baik formal maupun informal guna meningkatkan kesejahteraan mereka. dalam hal ini, dengan adanya pendidikan kesejahteraan pun menjadi dapat tercapai. selain itu, pola pikir masyarakat menjadi terdidik dan lebih maju.

    BalasHapus
  129. Nama : Leonardo Harman Purba
    NIM : 802011119



    1 menurut saya.Tanda-tanda atau gejala-gejala yang menunjukkan Indonesia menuju kepada 'ambruknya peradabannya sendiri" sperti yang diramalkan Terry Mart adalah
    - di bidang Pendidikan untuk semua akan gagal terwujud karena kualitas dan kuantitas guru tidak merata diantara daerah. Contohnya kurang nya tenaga-tenaga pengajar dipedesaan dan terbatasnya kemampuan intelektual tenaga pengajar dalam mengajar peserta didik.
    -Pembangunan sumber daya manusia yang tidak dapat mengimbangi arus globalisasi yang sudah ada di Indonesia.
    Contohnya: di Indonesia orang masih banyak yang gagap terhadap teknologi yang ada padahal teknologi menjadi titik tumpu atas segala bidang kehidupan yang ada di Indonesia.

    2. Filsafat Ilmu & Logika dapat membantu INDONESIA dengan cara menata ulang kurikulum Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) dengan memberi pembobotan lebih basar pada mata kuliah Filsafat Ilmu, Logika, Kemampuan Berbahasa, Metodologi Penelitian, dan Teknik Penulisan Ilmiah. Tenaga akademik, kepustakaan, akses ke sumber, dan fasilitas penunjang lainnya harus ditingkatkan. Paradigma proses belajar mengajar harus lebih konstruktivistik ketimbang yang behavioristik. Minimal kombinasi antara kognitifistik, sosialistik, dan humanistik agar mahasiswa tidak sekadar belajar saja tapi tahu cara belajar.

    3.peran yang seharusnya dilakukan atau dimainkan oleh mahasiswa adalah dengan cara
    mahasiswa harus berpikir kritis dalam segala bidang untuk lebih memajukan negara, mahasiswa harus lebih memperdalam ilmu yang ia pelajari agar Indonesia lebih maju serta mahasiswa bisa mewakili negara Indonesia di jenjang Internasional seperti olimpiade-olimpiade di berbagai bidang.

    4.yang harus dilakukan oleh filsuf dan ilmuan adalah seorang filsuf atau ilmuan harus peduli terhadap orang lain, karena masyarakat juga harus bisa menikmati hasil keilmuan dari para ilmuwan itu sendiri. Dimana keilmuan yang ada harus bisa dinikmati bersama agar rakyat yang tidak tahu dan mengerti menjadi paham bahwa ilmu pengetahuan itu sangat penting dalam kehidupan. Ilmuwan yang bijak tidak boleh hanya membenamkan diri dan membuat jarak dengan rakyat (orang awam). Mereka harus bisa memberi sumbangsih kepada rakyat,sehinga rakyat juga akan memberi timbal balik yang baik dengan lebih menghargai hasil karya dari para ilmuwan itu sendiri. Ilmu pengetahuan sangat penting,karena dengan adanya ilmu pengetahuan,negara kita akan lebih bisa dipandang oleh negara lain dan tidak hanya dipandang dengan sebelah mata dan dianggap sebagai bangsa terkebelakang.

    BalasHapus
  130. NAMA :DYAN PRASTYO WIBOWO
    NIM :802011
    1. ‘Kebenaran’ sebagai Tanda-tanda atau gejala yang saya lihat adalah bahwa Negara kita Indonesia mengalami kemunduran dalam bidang ilmu pengetahuan . seperti yang ditulis oleh ASP menulis paparan badan PBB tentang Indeks Pembangunan Pendidikan Indonesia yang ‘hanya’ berada di peringkat 69 dari 127 negara. Artinya terjadi pengeroposan proses pendidikan di Indonesia. Wilardjo ‘mengunci’ dengan menyatakan perlunya memberi prioritas pembangunan sumber daya manusia dalam gerakan pembangunan infrastuktur sains. Makna temuan itu, peringatan keras dan tuntutan agar seluruh stakeholder keilmuan Indonesia segera melakukan konsolidasi untuk menguatkan dan membangun ‘sosok’ keilmuan Indonesia yang sinergis dan visioner.

    2. Filsafat ilmu dan logika sebenarnya memiliki peran yang penting dalam usaha menyelamatkan Indonesia. Salah satu cara yang dapat dilakukan supaya filsafat ilmu dan logika dapat mengambil peran adalah dengan menata ulang kurikulum Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) dengan memberi pembobotan lebih besar pada Mata Kuliah Filsafat Ilmu, Logika. Dengan begitu filsafat ilmu dan logika dapat membantu mahasiswa untuk mengkritisi dan peduli dengan apa yang terjadi pada negara kita ini. Kemudian dari kegiatan berpikir mendalam (ilmiah) atau berfilsafat dapat dihasilkan berbagai kesadaran baru sehingga wajar jika kemudian memunculkan cabang pengetahuan. Kesadaran baru tersebut diharapkan merupakan suatu kesadaran yang dapat memecahkan masalah negara ini. Filsafat ilmu dan logika dapat mengadakan suatu observasi yang melibatkan mahasiswa didalamnya guna mencari titik pangkal masalah negara kita. Dengan begitu diharapkan filsafat ilmu dan logika dapat bekerjasama dengan mahasiswa yang berfilsafat ria dalam membantu menyelamatkan Indonesia.

    3. Mahasiswa tidak boleh hilang dari eksistensinya yaitu sebagai pengembang dan pengamal ilmu. Maka dari itu langkah awal mengurai masalah ini adalah dengan menata ulang kurikulum Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) dengan memberi pembobotan lebih besar pada Mata Kuliah Filsafat Ilmu, Logika, Kemampuan Berbahasa, Metodologi Penelitian, dan Teknik Penulisan Ilmiah. Tenaga akademik, kepustakaan, akses ke sumber, dan fasilitas penunjang lainnya harus ditingkatkan. Paradigma proses belajar mengajar harus lebih konstruktivistik ketimbang yang behavioristik. Minimal kombinasi antara kognitifistik, sosialistik dan humanistik agar mahasiswa tidak sekadar belajar tetapi tahu cara belajar. MKDU harus benar-benar menjadi fondasi yang memperkokoh bangunan keilmuan dan penggerak semangat belajar mahasiswa. Tujuan ultimanya, mahasiswa memiliki kesadaran tentang makna kuliah: melayani dunia kerja, mengembangkan ilmu, dan mengabdi kepada rakyat.

    4. Secara aksiologis, rakyat diangga tidak dipedulikan ilmuwan, bahkan rakyat dibiarkan menderita sendirian, jadi yang seharusnya dikerjakan filsuf/ilmuwan agar merasa kembali dipedulikan yaitu perlu memberi prioritas pembangunan sumber daya manusia dalam gerakan pembangunan infrastuktur sains. Bersikap optimis lebih baik jika semua temuan tadi menjadi cambuk untuk lebih giat memerbaiki diri demi menyejajarkan diri dengan bangsa-bangsa besar lainnya. Kita juga sebagi ilmuwan harus menyadarkan diri dan sebisa mungkin lebih dekat dengan rakyat untuk mengembangkan ilmu untuk rakyat. Dan memastikan bahwa rakyat adalah sumber dari segala sumber yang baik yang bertujuan untuk menyejahterakan mereka.

    BalasHapus
  131. Risky Tode
    802011128


    1. Kebenaran sebagai tanda-tanda ambruknya peradaban indonesia potensial akibat kemunduran ilmu ini, ilmu ketiga pengetahuan indonesia antara lain : oleh sifitas akademik yang tidak menunaikan tugas khas dan keargaannya yang spesifik, tidak adanya komunitas ilmiah indonesia yang sulit dan bermutu, kualitas dan kuantitas pengajar tidak merata di setiap wilayah dan rendahnya indeks pembangunan pendidikan di Indonesia.
    2. Filsafat ilmu dan logika :
    Dengan menata ulang kurikulum mata kuliah dasar (MKDU) dengan memberi pembobotan lebih besar pada mata kuliah filsafat ilmu dan logika. Kemapuan berbahasa metedologi penelitian dan teknik penulisan ilmiah tenaga akademik kepustakaan akses ke sumber fasilitas penunjang lainnya.
    3. Peran yang di lakukan atau di mainkan :
    Kurikulum pendidikan tinggi indonesia sangat jelas pragmatis dengan kecenderungan mengkondisikan mahasiswa pada pilihan dunia kerja itulah sebabnya visi kuliah mahasiswa adalah kerja mahasiswa menimbulkan diri berbenah menjaga tenga kerja karena sepakat kehancuran peradaban. Indonesia harus kita atasi bersama, maka seluruh elemen bangsa Indonesia harus bersinergi saling memberdayakan diri dengan lebih peduli dan giat pada setiap usaha bersinergi saling memberdayakan diri dengan kepada setiap pembangunan pengembangan dan pemanfaatan ilmu.
    4. Secara aksologi mengatakan kesejahteraan bangsa tak kandung di nikmati rakyat Indonesia karena itu ia menyalahkan sifitas akademik dan tidak menunaikan tugas khas dan keragaannya yang spesifik yaitu, tak penduli pada masalah klasial bangsa dan abadi pada pembentukan komunitas ilmiah.

    BalasHapus